Mengenal Keluhan Umum Bagi Penderita Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Mengenal Keluhan Umum Bagi Penderita Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Salah satu hal pertama yang dapat diamati dari orang dengan gangguan pendengaran pada awalnya adalah “Saya mendengar orang baik-baik saja, tetapi saya tidak mengerti apa yang mereka katakan.” Ini adalah keluhan paling sering dan konsisten dari individu yang mengalami efek “kemunduran pendengaran frekuensi tinggi yang mengalami kemunduran.”

Mengapa Begitu Banyak yang Memiliki Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran tidak hanya melibatkan telinga kita, tetapi juga otak kita. Dimana gelombang suara dihantarkan oleh telinga dan kemudian diterjemahkan ke dalam kata-kata yang bermakna. Gangguan pendengaran dapat muncul dengan berbagai tingkat keparahan dalam frekuensi yang berbeda. Perkembangan yang sangat umum dari gangguan pendengaran telinga bagian dalam adalah gangguan pendengaran frekuensi tinggi.

Umumnya pendengaran diukur mulai dari frekuensi 250 hingga 8000 Hz. Individu dengan gangguan pendengaran “frekuensi tinggi” tidak memiliki masalah pada frekuensi di bawah 1000 Hz (frekuensi nada rendah). Tetapi memiliki hasil abnormal dalam kisaran 1000 hingga 8000 Hz (frekuensi nada tinggi). Gangguan pendengaran frekuensi tinggi adalah salah satu dari varian gangguan pendengaran yang paling umum.

Sinyal Suara yang Berbeda Menghasilkan Frekuensi yang Berbeda Pula

Dalam percakapan, kita mengetahui bahwa ada suara atau vokal bernada rendah (A, E, I, O dan U) dan suara atau konsonan nada tinggi (S, F, Th, Sh, Ch, K, P dan H). Mampu mendengar vokal dalam frekuensi nada rendah memberi kita sensasi mendengar, tetapi tidak bisa mendengar suara nada tinggi atau “konsonan” adalah apa yang mengganggu kemampuan kita untuk memahami kata-kata penuh. Jadi Anda dapat mendengarnya, tetapi tidak mengerti apa arti dari suara tersebut.

Frekuensi bernada tinggi dimana konsonan terjadi adalah dimana diskriminasi kata yang berbeda terjadi. Ketika kita memiliki gangguan pendengaran frekuensi tinggi, kita kehilangan kemampuan untuk mendengar “konsonan” secara efisien dan, dengan demikian, kemampuan kita untuk membedakan antara kata-kata seperti ‘kopi’ atau ‘topi’.

Suara dan Huruf Utama tidak Terdengar Jelas

Bayangkan memiliki sebuah buku dengan setiap huruf S, F, Th, Sh, Ch, K, P dan H terhapus. Anda bisa membaca bagian dari buku ini dan memahami beberapa hal. Tetapi Anda tidak akan dapat memahami banyak kata-kata kunci, frase dan sebagai hasilnya, ditantang untuk memahaminya. Inilah yang terjadi dengan kehilangan pendengaran frekuensi tinggi. Anda dapat mendengar bagian dari pesan, namun kehilangan pendengaran pada frekuensi tinggi yang Anda alami telah “menghapus”  suara atau huruf utama yang diperlukan untuk diskriminasi dan pemahaman.

Untungnya, kehilangan pendengaran frekuensi tinggi biasanya dapat dibantu dengan diagnosis yang tepat dan amplifikasi yang sesuai. Plus, sekarang dengan fitur transkripsi pada alat bantu dengar AI Livio baru. Anda dapat menyalin percakapan ke dalam teks, untuk membantu memastikan Anda tidak akan melewatkan satu kata atau frasa lagi.

Baca juga : tips berkomunikasi lebih baik bagi penderita gangguan pendengaran

Jika Anda ingin mendengar lebih baik dan memahami lebih banyak, mulailah melakukan pemeriksaan dan konsultasi kepada profesional perawatan terdekat di kota Anda. Anda dapat menghubungi no 0800-100-2234 atau klik di sini dan kami akan menghubungkan Anda dengan profesional pendengaran di dekat Anda yang dapat membantu.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2019/02/Hear-but-not-understand

 

Please rate this

and share :