Perawatan Untuk Tinitus (Telinga Berdenging)
Tinnitus

Perawatan Untuk Tinitus (Telinga Berdenging)

No ratings yet.

Tinitus akan menjadi sangat mengganggu, terlebih lagi jika suara yang terdengar berfrekuensi tinggi, terjadi dalam waktu yang cukup lama dan sering berulang. Bahkan tinitus akan membuat kualitas tidur Anda terganggu. Lalu bagaimana cara penanganan untuk tinitus? Mari kita bahas tentang apa itu tinitus, dan perawatan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi tinitus.

Apa itu Tinitus? 

Tinitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar adanya suara berdenging di telinganya meskipun tidak ada suara dari sekitar/sekeliling. Hal ini sering disebut sebagai “telinga berdenging”. Bahkan beberapa orang menyebutnya “suara di kepala”. Walaupun bunyi berdenging sangat umum, banyak orang menggambarkan bunyi yang mereka dengar berbeda-beda. Ada yang mendengarnya sebagai dengungan, desisan, siulan atau desiran. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, orang yang mengalami tinitus melaporkan mendengar suara musik.

Jadi, Apakah Ada Obat Tinitus?

Saat ini, belum ada obat yang secara khusus diakui secara universal untuk menyembuhkan tinnitus. Tinitus bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari hal yang lain misalnya penyakit, cedera atau akibat dari gaya hidup tertentu. Ada banyak hal yang bisa memicu tinitus. Tinitus dapat dikaitkan dengan paparan suara keras dan trauma akustik¹, gangguan pendengaran, atau obat-obatan tertentu. Selain itu, ada sekitar 200 gangguan kesehatan yang dapat dikaitkan dengan tinitus.

Karena tinitus dapat dipicu oleh banyak hal, obat untuk tinitus belum ditemukan. Ada banyak situs web yang mempromosikan “obat” untuk menghilangkan tinitus seperti obat tetes, suplemen, minyak, dan losion. Tetapi berhati-hatilah karena sebagian besar dari hal tersebut belum terbukti secara ilmiah. Bahkan banyak yang belum diuji.

Apa yang Dapat Dilakukan Jika Mengalami Tinitus?

Kabar baiknya, tinitus dapat disamarkan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan! Ada alat-alat dan penanganan tinitus yang telah dikembangkan dan diuji seiring berjalannya waktu. Jadi, Anda dapat mengatasi tinitus Anda!

Untuk membantu menyamarkan tinitus, Anda disarankan untuk menggunakan alat bantu dengar yang memiliki fitur dengan teknologi Multiflex Tinnitus². Teknologi Multiflex Tinnitus pada alat bantu dengar terbukti sangat membantu meminimalkan dan menyamarkan pengaruh “suara” yang dihasilkan tinitus.

Disarankan untuk segera berkonsultasi dengan audiologis atau ahli konsultan pendengaran yang dapat membantu menyesuaikan program bantuan tinitus Anda. Anda dapat hubungi Hotline Service 0800 1100 100 atau klik di sini untuk menemukan konsultan pendengaran yang terdekat dengan Anda.

 

Kamus Kecil
1. Trauma akustik: Cedera pada telinga bagian dalam yang disebabkan oleh paparan suara yang keras

2. Multiflex Tinnitus: Teknologi untuk menyamarkan tinitus

Sumber:
https://www.starkey.com/blog/articles/2018/04/Cure-for-tinnitus

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.