Gangguan Pendengaran Pada Anak Dapat Mempengaruhi Kemampuan Akademis
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Pada Anak Dapat Mempengaruhi Kemampuan Akademis

No ratings yet.

Menurut Centers for Disease and Control (CDC), gangguan pendengaran pada anak dialami oleh 1,3% dari 1000 anak berusia 8 tahun. Gangguan pendengaran pada anak meskipun hanya terjadi satu telinga memiliki dampak yang luar biasa pada kinerjanya di sekolah. Penelitian menunjukkan 25 – 35% anak-anak dengan gangguan pendengaran di satu telinga berisiko gagal setidaknya satu tingkat kelas.

Pendengaran dan Proses Belajar Saling Terhubung

Kemampuan mendengar sangat penting untuk perkembangan bicara dan bahasa, komunikasi serta pembelajaran. Kehilangan pendengaran menyebabkan keterlambatan perkembangan bicara dan bahasa. Dan keterlambatan itu kemudian menyebabkan masalah belajar yang sering menyebabkan kinerja buruk di sekolah. Kinerja akademis yang buruk sering disertai dengan kurangnya perhatian dan terkadang perilaku yang buruk. Anak-anak dengan gangguan pendengaran sering salah diidentifikasi sebagai anak dengan gangguan ADD dan ADHD.

Baca juga : Perbedaan ADHD dengan Gangguan Pendengaran Pada Anak

Menurut American Speech-Language Hearing Association (ASHA), anak-anak yang memiliki gangguan pendengaran ringan hingga sedang tetapi tidak segera diatasi sangat mungkin memiliki kemampuan akademis di belakang rekan sekelasnya yang memiliki pendengaran lebih baik. Dan bagi mereka dengan gangguan pendengaran yang lebih parah dan tidak diatasi, biasanya tidak mengalami kemajuan dalam kemampuannya.

Apa alasan di balik kesenjangan pendidikan ini? Ini tentu saja bukan masalah kecerdasan. Hanya karena seorang anak mengalami gangguan pendengaran tidak berarti ia kurang mampu berprestasi di sekolah daripada teman-temannya. Terkadang lingkungan kelas itu sendiri tidak mendukung seorang anak dengan gangguan pendengaran untuk bisa menerima pembelajaran dengan baik.

Misalnya, seorang guru biasanya akan memunggungi siswa saat mengajar, suaranya tentu menjadi terarah ke papan tulis. Hal ini menyebabkan siswa dengan gangguan pendengaran kehilangan bagian dari pelajaran. Perubahan lisan untuk tugas pekerjaan rumah, aksen asing atau guru yang berbicara terlalu cepat semuanya dapat menghambat kemajuan belajar siswa dengan gangguan pendengaran.

Pentingnya Mengatasi Gangguan Pendengaran Pada Anak

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengatasi gangguan pendengaran sedini mungkin adalah kunci untuk mendorong kinerja akademik bagi anak dengan masalah gangguan pendengaran. Sebuah penelitian, yang hasilnya dirilis pada Februari 2015, mendukung hal ini. Anak-anak dengan gangguan pendengaran sedang hingga sangat parah memiliki kemajuan secara akademis yang baik setelah adanya intervensi awal. Anak-anak yang memiliki keterlibatan orang tua yang lebih besar sebagai bentuk intervensi dan yang menghabiskan lebih banyak waktu membaca mendapat nilai lebih tinggi pada tes daripada yang lain.

Guru berada dalam posisi unik untuk membantu siswa dengan membekali diri mereka dengan pengetahuan tentang bagaimana siswa dengan gangguan pendengaran menerima dan memahami informasi. Serta pengetahuan yang komprehensif tentang kemampuan siswa secara individu dan tingkat pemahaman. Karena intervensi awal adalah kuncinya, tanda-tanda yang dapat diperhatikan guru di kelas termasuk:

  • Tidak perhatian
  • Respons yang tidak sesuai dengan pertanyaan
  • Melamun
  • Kesulitan mengikuti petunjuk
  • Masalah bicara

Seorang anak yang sedang berjuang di sekolah, terutama jika dia memiliki riwayat keluarga gangguan pendengaran atau pernah mengalami infeksi telinga, harus dilihat oleh perawatan pendengaran profesional untuk evaluasi. Kemudian setelah hasil pemeriksaan diperoleh, tindakan intervensi yang tepat dapat direkomendasikan. Intervensi sangat penting karena seorang anak yang didukung baik di sekolah maupun di rumah memiliki peluang terbaik untuk sukses secara akademik, dan sebaliknya.

Jika Anda melihat anak Anda memiliki ciri menderita gangguan pendengaran, Anda bisa mendatangi website kami di sini atau menghubungi no 0800-100-2234 untuk mendapatkan informasi jadwal temu dengan para profesional perawatan pendengaran kami sekarang juga.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52433-How-hearing-loss-affects-school-performance

Please rate this

and share :