Tanda Gangguan Pendengaran yang Anda Alami
Gangguan Pendengaran

Tanda Gangguan Pendengaran yang Anda Alami

No ratings yet.

Orang-orang sering terkejut mengetahui bahwa mereka memiliki tanda gangguan pendengaran. Mereka biasanya lebih cepat tanggap ketika tidak bisa lagi dan memutuskan untuk menggunakan kacamata. Tetapi hal yang sama seringkali tidak terjadi jika mereka mengalami gangguan pendengaran. Cukup sulit untuk menyadari bahwa pendengaran Anda telah berkurang. Bahkan orang-orang di sekitar mungkin juga tidak menyadari bahwa Anda kehilangan pendengaran. 

Tanda Gangguan Pendengaran

Kehilangan pendengaran tidak pernah kembali menjadi lebih baik dengan sendirinya. Segera lakukan pemeriksaan sedini mungkin ketika menyadari adanya perubahan pada pendengaran Anda. Kunjungi dokter sepesialis THT atau ahli pendengaran untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi pendengaran Anda. Pandangan umum bahwa gangguan pendengaran hanya mempengaruhi orang tua tidaklah benar. Pada kenyataannya gangguan pendengaran dapat terjadi pada usia berapapun.

Tanda-tanda yang menunjukkan seseorang mengalami gangguan pendengaran :

  • Seringkali meminta orang untuk mengulangi perkataan mereka, terutama di lingkungan yang ramai.
  • Terkadang memberikan tanggapan terhadap pertanyaan atau frasa tertentu  yang tidak sesuai karena kesalahpahaman.
  • Orang yang berbicara dengan suara bernada tinggi.
  • Menonton TV atau mendengarkan radio dengan volume yang tinggi.
  • Merasa lebih lelah dari biasanya setelah seharian berbicara atau mendengarkan orang lain.
  • Kesulitan ketika percakapan tanpa tatap muka, seperti di telepon.
  • Menghindari pertemuan sosial karena bosan dengan kesalahpahaman orang lain.
  • Mengeluh bahwa orang lain berbicara terlalu cepat atau menggumam.
  • Mendengar dering di telinga.

Menuju Pendengaran yang Lebih Baik

Jadi, apa yang Anda lakukan jika daftar di atas mengkonfirmasi kecurigaan Anda bahwa Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran? Langkah selanjutnya adalah mengunjungi seorang profesional perawatan pendengaran yang dapat mendiagnosis gangguan pendengaran dengan benar dan merekomendasikan perawatan terbaik.

Salah satu kemungkinan hasil evaluasi pendengaran adalah rekomendasi untuk alat bantu dengar. Berbeda dengan perangkat di masa lalu, alat bantu dengar hari ini sepenuhnya digital dan dapat terhubung ke sejumlah perangkat audio, seperti smartphone dan TV. Selain itu, banyak yang dapat diisi ulang dan dirancang agar pas dengan nyaman di belakang telinga Anda, membuat kebijaksanaan, gaya, dan aksesibilitas mungkin dengan cara yang tidak akan pernah bisa dibayangkan sebelumnya.

Bukankah sudah waktunya Anda kembali mendengar suara kehidupan, apakah suara orang yang Anda cintai atau hanya suara burung yang bernyanyi? Anda memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan hari ini, jadi mengapa tidak memutuskan untuk mengurangi gangguan pendengaran Anda?.

Sumber : https://findhearing.com/top-14-signs-you-may-have-hearing-loss/

Please rate this

and share :