Ketahui Hal Yang Dapat Memperburuk Telinga Berdengung
Tinnitus

Ketahui Hal Yang Dapat Memperburuk Telinga Berdengung

No ratings yet.

Tinnitus atau telinga berdengung merupakan persepsi suara dering yang timbul di dalam organ telinga bagian dalam akibat adanya sebuah kondisi. Misalnya seperti cedera telinga, faktor usia, atau bisa juga karena adanya gangguan pada sistem sirkulasi di dalamnya.

Penyebab Telinga Berdengung

Pada perjalanannya, telinga berdengung dapat menjadi lebih buruk dikarenakan adanya beberapa hal tertentu yang mempengaruhinya. Dibawah ini, akan kita diskusikan apa saja yang dapat menyebabkan tinnitus menjadi lebih buruk dan harus Anda hindari. 

Suara-suara keras

Ketika Anda memiliki tinitus – atau dering di telinga Anda – banyak hal dapat membuat suara itu lebih buruk. Salah satu yang paling jelas adalah kebisingan. Suara keras dari hal-hal seperti mesin, headphone, dan konser dapat menyebabkan dering jangka pendek atau gangguan pendengaran permanen. Lakukan apa yang Anda bisa untuk menghindarinya. Bergerak lebih jauh. Pakailah penutup telinga. Kecilkan volumenya. Jangan lupa untuk melindungi telinga anak-anak juga.

Obat

Daftar obat yang dapat memperburuk tinitus Anda ini termasuk antibiotik, antidepresan, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), obat kanker, diuretik, dan aspirin dosis tinggi. Biasanya semakin tinggi dosis, semakin besar kemungkinan Anda mengalami masalah. Seringkali jika Anda berhenti meminumnya, gejala Anda akan hilang. Periksa dengan dokter Anda jika Anda pikir obat Anda yang harus disalahkan. Tetapi jangan menghentikan obat apa pun tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Stress

stress bisa membuat tinitus atau dering di telinga Anda terdengar lebih keras. Temukan cara untuk bersantai dan mengendalikannya. Anda dapat mencoba berolahraga, menarik napas panjang, atau melakukan biofeedback. Pijat atau akupuntur juga bisa membantu. Jika Anda kesulitan melakukannya sendiri, dokter Anda mungkin dapat menyarankan kiat relaksasi. 

Masalah Rahang

Rahang Anda, atau sendi temporomandibular (TMJ), berbagi saraf dan ligamen dengan telinga tengah Anda. Masalah yang terjadi pada rahang dapat menyebabkan sakit telinga dan kebisingan di telinga Anda. Rahang Anda mungkin menonjol, dan bisa terasa sakit untuk berbicara atau mengunyah. Seorang dokter gigi, ahli bedah mulut, atau otolaringologi (juga dikenal sebagai dokter telinga, hidung, dan tenggorokan, atau THT) dapat mendiagnosis dan mengobatinya sehingga deringnya tidak menjadi lebih buruk. 

Kotoran telinga

Tubuh Anda sudah memiliki sistem pertahanan dan pembersihan yang baik untuk menjebak kotoran dan melindungi telinga Anda. Tetapi kadang-kadang kotoran tersebut  menumpuk dan dapat menyebabkan masalah. Hal tersebut dapat menyebabkan tinitus dan bahkan gangguan pendengaran sementara. Kunjungi dokter Anda, karena dokter dapat melihat apakah ada penumpukan kotoran di telinga dan dapat melepaskannya dengan lembut dan aman. Jangan gunakan penyeka kapas untuk mencoba melakukannya sendiri. 

Infeksi

Anda mungkin memperhatikan bahwa tinitus atau dering di telinga seringkali terjadi tidak lama setelah Anda terkena flu. Tinitus yang terjadi karena flu biasanya tidak akan bertahan lama. Akan tetapi jika kebisingan tidak hilang setelah sekitar satu minggu, temui dokter Anda. Anda bisa mengalami infeksi telinga atau sinus. 

Alergi

Alergi dapat mempengaruhi dering di telinga Anda. Oleh karena itu, jika Anda terkena alergi, Anda mungkin perlu mencoba obat alergi untuk mengobati gejala atau mengganti obat yang Anda minum. Kunjungi dokter atau ahli alergi Anda untuk saran.

Tekanan darah

Jika Anda tahu tekanan darah Anda tinggi, periksalah sesering mungkin. Dokter Anda dapat membantu Anda mengendalikannya. Terkadang tekanan darah rendah juga harus diwaspadai. Tekanan darah yang sering terlalu tinggi atau rendah akan rentan menyebabkan  tinnitus. Anda harus mengawasi hal tersebut. 

Masalah Tidur

Lelah sepanjang waktu? Itu bisa memicu tinitus atau memperburuknya. Usahakan untuk tidur sekitar 8 jam setiap malam. Jika Anda perlu bantuan untuk mengantuk, tanyakan kepada dokter Anda. 

Migrain

Kedua berjalan beriringan. Rasa sakit dapat memperburuk jika merampas Anda dari tidur dan meningkatkan tingkat stres Anda. Kemudahan migrain dan deringnya bisa reda juga. 

Merokok

Hentikan kebiasaan merokok. Nikotin dalam rokok dan produk lain sejenis dapat membuat tinitus Anda bertambah buruk. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah yang membawa oksigen ke telinga Anda. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah Anda naik.

Kafein

Cobalah mengurangi kopi atau cola untuk mengetahui apakah deringnya membaik. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda, yang dapat menyebabkan cincin pada beberapa orang. Kurangi dan lihat apakah itu membantu. 

Depresi dan Kecemasan

Depresi dan tingkat kecemasan yang tinggi dapat membuat suara yang Anda dengar tampak lebih keras. Begitu juga beberapa obat yang Anda gunakan untuk mengobatinya. Karena memiliki tinitus juga dapat membuat Anda stress dan cemas, dokter Anda dapat membantu Anda menemukan cara untuk membantu Anda merasa lebih baik dan mengelola emosi Anda.

Bagaimana Mendapatkan Bantuan untuk Telinga Berdengung?

Meskipun tidak ada obat untuk telinga berdengung, alat bantu dengar Starkey dengan Teknologi Multiflex Tinnitus milik kami telah terbukti secara klinis untuk memberikan bantuan untuk dering di telinga.

Teknologi Multiflex Tinnitus meningkatkan kemampuan menyamarkan alat bantu dengar kami bahkan lebih lagi dengan menciptakan rangsangan suara yang dapat disesuaikan dan menghibur yang dapat Anda dan profesional pendengaran Anda sempurnakan. Stimulus suara ini menenangkan suara unik dan menjengkelkan yang Anda dengar – sehingga Anda dapat mengalihkan pikiran dari tinitus Anda dan mengembalikan hidup Anda.

Mencari bantuan untuk masalah  tinitus? Mulai di sini Atau  hubungi 0800-100-2234 untuk secara langsung terhubung dengan para staf kami.

Sumber : https://www.webmd.com/a-to-z-guides/tinnitus-17/slideshow-make-tinnitus-worse

Please rate this

and share :