Telinga Kiri Berdenging, Awas Gejala Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran Tinnitus

Telinga Kiri Berdenging, Awas Gejala Gangguan Pendengaran

3/5 (4)

Rahasia telinga berdenging mungkin sering dikaitkan dengan hal-hal supranatural seperti suatu pertanda tertentu. Namun tahukah Anda, telinga berdenging itu merupakan kondisi medis yang biasa disebut tinitus. Gejala tinnitus ini biasanya berupa sensasi mendengar suara yang dihasilkan dari luar tubuh.

Penyebab utama telinga kiri berdenging adalah mendengar suara yang terlalu keras dalam waktu lama. Selain itu denging di telinga bisa menjadi pertanda dari penyakit ringan seperti infeksi telinga, banyaknya kotoran di telinga, hingga cemas atau stres. Penyakit serius yang ditandai dengan telinga kiri berdenging adalah adanya tumor di kepala atau leher, tekanan darah tinggi, hingga penyempitan pembuluh darah.

Penyebab Telinga Kiri Berdenging

Tekanan Darah Tinggi

Gangguan seperti tekanan darah tinggi, stres, ataupun gaya hidup yang kurang sehat dapat menimbulkan adanya masalah pada organ pendengaran. Dimana orang yang mengalami gangguan pada organ pendengarannya akan mengalami beberapa gejala seperti telinga yang berdenging ataupun pendengaran yang mulai menurun. Sehingga kebanyakan orang yang menderita tekanan darah tinggi akan mengalami penurunan kinerja pada organ pendengarannya termasuk telinga kiri yang berdenging.

Penyumbatan Akibat Kotoran Telinga

Denging di telinga kiri bisa disebabkan oleh menumpuknya kotoran telinga. Kotoran telinga yang berfungsi untuk melindungi saluran telinga ini memang memiliki peran yang sangat besar. Dimana keberadaannya dapat memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga mengurangi resiko infeksi yang dapat terjadi di dalamnya. Namun jika kotoran telinga terus menumpuk dan jarang dibersihkan tentu kondisi ini dapat menimbulkan adanya penyumbatan pada saluran telinga itu sendiri. Akibatnya bisa saja terjadi gangguan pendengaran, iritasi, hingga masalah seperti tinnitus.

Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah gangguan yang terjadi pada organ telinga yang diakibatkan adanya penumpukan zat atau kelebihan kolesterol di dalam aliran darah yang dekat dengan telinga sehingga elastisitas tulang lunak pada telinga bagian dalam menjadi berkurang. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Dimana struktur tulang dalam telinga menjadi kaku sehingga menimbulkan beberapa gejala yang salah satunya telinga kiri ataupun kanan berdenging.

Tinnitus

Tinnitus adalah persepsi kebisingan atau dering di telinga kiri maupun kanan. Masalah umum, tinitus mempengaruhi sekitar 15 hingga 20 persen orang. Meskipun mengganggu, tinitus biasanya bukan pertanda sesuatu yang serius. Meskipun dapat memburuk dengan bertambahnya usia, bagi banyak orang, tinitus dapat membaik dengan pengobatan. Mengobati penyebab mendasar yang teridentifikasi terkadang membantu. Perawatan lain mengurangi atau menutupi kebisingan, membuat tinitus kurang terlihat. 

Pengobatan Untuk Telinga Berdenging

Obat telinga berdenging sebelah kiri tergantung pada penyebab terjadinya kondisi tersebut.

  • Jika disebabkan kotoran telinga yang menumpuk, maka dokter akan membuang kotoran telinga sehingga denging di dalam telinga Anda akan teratasi.
  • Jika telinga berdenging disebabkan oleh infeksi, dokter akan meresepkan obat tetes yang mengandung hidrokortison untuk mengatasi gatal, dan antibiotik untuk meredakan peradangan. Anda juga mungkin harus menjalani operasi jika memang tumor merupakan penyebab tinnitus Anda.
  • Perubahan gaya hidup, untuk meredakan stres, juga bisa mencegah gejala telinga berdengung sebelah kiri, mereda. Selain itu, hindari juga aktivitas yang memaparkan Anda dengan suara kencang.
  • Alat bantu dengar, bisa membantu penderita tinnitus. Sebab, amplifikasi suara dapat membantu orang-orang yang kesulitan mendengar suara, karena tinnitus.

Kadang kala, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat telinga berdenging apa pun untuk menyembuhkan tinnitus ini. Telinga kiri  berdenging yang Anda rasakan setelah menghadiri satu konser, misalnya, akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun.

Sayangnya, tidak semua penyebab telinga kiri berdenging atau tinnitus ini ada obatnya. Telinga berdenging sebelah kiri yang diakibatkan paparan suara terlalu keras, misalnya, hanya bisa ditangani dengan terapi atau alat bantu dengar. Sekali telinga sudah rusak, maka kondisi itu tidak akan bisa normal kembali.

Meski demikian, tetap ada pengobatan yang bisa Anda jalani untuk meningkatkan kualitas hidup dan meminimalisir efek negatif telinga berdenging, misalnya insomnia hingga depresi.Tindakan pengobatan tersebut adalah dengan menjalani terapi suara (menggunakan alat bantu dengar), tinnitus retaining therapy, terapi perilaku kognitif, hingga menjalani pola hidup sehat.

Jika Anda membutuhkan arahan khusus, informasi atau perawat profesional kesehatan pendengaran untuk masalah telinga kiri berdenging Anda, pastikan Anda menghubungi kami di sini.

Sumber : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tinnitus/symptoms-causes/syc-20350156

Please rate this

and share :