Apakah Tinnitus Adalah Tanda Gangguan Pendengaran?
Tinnitus

Apakah Tinnitus Adalah Tanda Gangguan Pendengaran?

No ratings yet.

Seberapa sering anda merasakan denging di telinga atau tinnitus? Apakah hal itu akan menimbulkan gangguan pendengaran? Setiap kali kita melihat perbedaan dalam kualitas pendengaran, maka wajar jika timbul pertanyaan, apakah itu merupakan tanda gangguan pendengaran atau hanya perubahan sementara. Salah satu kondisi paling umum yang kita tanyakan adalah tinnitus dan kaitannya dengan gangguan pendengaran. Meskipun tinitus tidak menyebabkan gangguan pendengaran, namun situasi gangguan ini bisa menjadi gejala dari beberapa jenis gangguan pendengaran lainnya. Dalam artikel ini, kami mencoba memecah apa itu tinnitus, penyebab umum, dan pilihan perawatan yang tersedia. Untuk informasi lebih lanjut atau untuk menjadwalkan tes pendengaran, hubungi ABDI hari ini di 0800-100-2234 .

 Apa Itu Tinnitus?

Tinnitus paling sering digambarkan sebagai kondisi mendengar suara yang tidak memiliki sumber eksternal. Kondisi ini diibaratkan sebagai telinga yang mendengar bunyi dering, berdengung, bersenandung, atau suara lainnya, tetapi Anda adalah satu-satunya yang dapat mendengarnya. Kondisi ini bisa bertahan secara konstan atau jarang terjadi, bernada tinggi atau bernada rendah, dan hadir di telinga yang berbeda di waktu yang berbeda. Sangat umum bagi seseorang untuk mengalami tinnitus sebagai suatu titik dalam kehidupan mereka. Karena sebuah penelitian tahun 2014 menemukan bahwa hal itu mempengaruhi lebih dari 10% populasi Amerika.

Apa Penyebabnya?

Tinnitus dapat disebabkan oleh beberapa hal berbeda. Obat-obatan tertentu seperti anti-inflamasi seperti aspirin atau ibuprofen, antibiotik, atau anti-depresi, dapat menyebabkan tinitus saat meminumnya. Atau setelah Anda berhenti meminumnya. Tinnitus sementara dapat muncul dengan sendirinya setelah terpapar dengan suara keras, seperti konser live. Penyebab lain yang mungkin adalah kondisi kesehatan apapun yang mempengaruhi telinga bagian dalam Anda atau mengganggu kemampuan otak Anda untuk menginterpretasikan suara. Akhirnya, tinitus dapat disebabkan oleh kerusakan telinga bagian dalam.

Apakah Tinnitus Terhubung dengan Gangguan Pendengaran?

Tinnitus tidak menyebabkan gangguan pendengaran, tetapi dapat merupakan gejala dari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Indera pendengaran kita memiliki sel-sel rambut di telinga dalam. Ketika gelombang suara memasuki telinga, mereka merangsang sel-sel yang mengubah gelombang suara menjadi impuls listrik. Kemudia disalurkan ke otak dan ditafsirkan sebagai suara. Namun, jika sel-sel itu rusak, maka dapat menyebabkan masalah dengan kemampuan otak untuk menafsirkan impuls. Atau menyebabkan otak bekerja lebih keras untuk mencoba dan memahami impuls. Hasil akhir dari kesalahan tersebut adalah semacam macet yang menyebabkan penciptaan suara palsu yang disebut sebagai tinitus.

Cara Merawatnya

Tinnitus seringkali dapat dikelola dan diobati. Langkah pertama Anda harus mengunjungi audiolog untuk melakukan tes pendengaran. Ini membantu mereka menentukan penyebab tinitus Anda dan apakah ada faktor lain yang menyebabkannya. Jika tinnitus disebabkan oleh obat-obatan atau faktor kesehatan lain, mengatasi faktor-faktor tersebut seringkali dapat menghilangkan tinitus. Namun, jika tinnitus disebabkan oleh kerusakan telinga bagian dalam, alat bantu dengar mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Karena dapat menangkal atau menutupi dering yang menyebabkan tinitus Anda.

Kemana Mencari Penanganan

Jika saat ini Anda menderita tinnitus, jangan menunggu hingga kondisinya parah untuk mendapatkan perawatan pendengaran. Walaupun tinitus adalah kondisi umum, namun hal itu tidak harus memengaruhi hidup Anda atau kualitas pendengaran Anda. ABDI telah berperan aktif untuk menyediakan perawatan bagi  kesehatan pendengaran dan mengatasi semua aspek masalah dan gangguan pendengaran termasuk juga tinitus. Hubungi kami di 0800-100-2234 untuk menjadwalkan janji temu di tempat perawatan dari kota Anda tinggal, atau menjadwalkan janji temu online kapan saja. Kami ingin bertemu dengan Anda dan memberi Anda perawatan dan dukungan yang layak Anda dapatkan untuk mengatasi tinitus.

Sumber : https://audiorecovery.com/blog/is-tinnitus-a-sign-of-hearing-loss/

Please rate this

and share :