Mengenal Gangguan Pendengaran Frekuensi Rendah
Gangguan Pendengaran

Mengenal Gangguan Pendengaran Frekuensi Rendah

4/5 (1)

Salah satu bentuk gangguan pendengaran yang jarang kita ketahui adalah gangguan pendengaran frekuensi rendah. Atau yang sering disebut sebagai gangguan pendengaran “reverse-slope”(kemiringan terbalik). Nama ini digunakan karena tampilannya pada audiogram. Berupa bagan standar yang digunakan audiolog dan spesialis alat bantu dengar untuk mengukur tingkat pendengaran selama pengujian berbentuk seperti grafik terbalik.

Bagaimana Hal Itu Mempengaruhi Apa yang Anda Dengar

Kehilangan pendengaran frekuensi rendah didefinisikan sebagai berkurangnya kemampuan untuk mendengar suara bernada rendah. Seperti suara pria, suara bass dalam musik dan guntur. Seberapa baik Anda mendengar suara-suara ini tergantung pada tingkat gangguan pendengaran Anda. Yang dapat berkisar dari ringan hingga sangat berat. 

Ketika bicara, jenis gangguan pendengaran frekuensi rendah ini sebagian besar akan mempengaruhi bagaimana Anda memahami volume bicara dan seberapa keras suara tersebut terdengar. Ini juga membuat Anda akan merasa lebih sulit untuk mendengar suara vokal, yang diucapkan pada nada rendah daripada suara konsonan. Tidak seperti gangguan pendengaran frekuensi tinggi , penderita gangguan pendengaran frekuensi rendah akan terbantu jika orang berbicara lebih keras. Karena itu akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mendengar suara yang lebih rendah (dengan asumsi Anda tidak memakai alat bantu dengar). 

Gejala Gangguan Pendengaran Frekuensi Rendah

Ketika Anda mengalami ini, Anda mungkin akan lebih mudah memahami suara wanita dan anak-anak ketimbang suara pria. Terutama jika mereka berbicara dengan keras. Anda mungkin kesulitan mendengar di telepon jika dibandingkan dengan percakapan langsung. Juga, mesin mobil, truk dan pesawat terbang mungkin tidak membuat banyak suara “bergemuruh” untuk Anda. Dan musik mungkin terdengar sangat nyaring. Anda mungkin juga sangat pandai mendengarkan suara-suara bernada sangat tinggi yang tidak diperhatikan atau tidak didengar orang lain. Anda mungkin lebih suka orang berdiri sangat dekat ketika mereka berbicara kepada Anda dan Pidato lisan Anda sendiri mungkin terdengar cukup normal.

Penyebabnya

Dalam beberapa kasus, jenis gangguan pendengaran ini bersifat genetik atau didapat setelah penyakit anak-anak. Tetapi sebagian besar kasus terkait dengan penyakit Meniere , kelainan autoimun yang menyebabkan gangguan pendengaran, pusing , dan tinitus . Namun, gangguan pendengaran dapat berkembang dari waktu ke waktu, berlanjut ke jenis gangguan pendengaran lain yang dapat mempengaruhi suara di seluruh spektrum nada. 

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Sayangnya, karena jenis gangguan pendengaran ini jarang terjadi, kadang-kadang gangguan ini mengalami salah diagnosis atau tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun, bahkan dapat beberapa dekade. Tes pendengaran standar biasanya dilakukan (atau dikalibrasi, dalam istilah ilmiah) untuk mendeteksi jenis gangguan pendengaran lainnya. Namun, dengan pengujian yang benar dan teliti, audiogram akan menunjukkan “kemiringan terbalik” yang berupa gambaran grafik miring dari rendah ke tinggi, sebuah pola yang menunjukkan hilangnya suara bernada rendah. Ini bertentangan dengan gangguan pendengaran frekuensi tinggi yang jauh lebih umum, yang memiliki kemiringan dari tinggi ke rendah pada audiogram.

Perawatan Untuk Gangguan Pendengaran Frekuensi Rendah

Alat bantu dengar dapat membantu memperkuat suara yang lebih rendah tanpa memperbesar suara yang lebih tinggi. Namun, karena kelangkaan dan kerumitan jenis gangguan pendengaran ini, perlu sedikit (atau banyak) percobaan dan kesalahan untuk menemukan amplifikasi yang tepat. Salah satu masalah yang mungkin Anda tangani, misalnya, adalah fenomena gangguan pendengaran yang dikenal sebagai perekrutan . Anda akan membutuhkan seorang audiologis yang sabar dan berpengalaman untuk membantu Anda memilah perawatan terbaik untuk Anda. Jika Anda memiliki Meniere, penting untuk mengikuti rekomendasi dokter Anda untuk mempertahankan pendengaran yang Anda miliki. 

Cara Mendapatkan Bantuan

Jika Anda atau orang yang dicintai dicurigai mengalami gangguan pendengaran frekuensi rendah, jangan ragu untuk mengunjungi pusat alat bantu dengar di dekat Anda . Ingat, gangguan pendengaran sekecil apapun akan berpotensi menjadi sebuah gangguan pendengaran yang lebih berat dan kompleks di kemudian hari. Memeriksakan gangguan pendengaran Anda sejak dini akan berpotensi untuk memperbaiki kualitas hidup Anda kini dan nanti.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/53038-What-is-low-frequency-reverse-slope-hearing-loss

Please rate this

and share :