penggunaan alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

Tips Memaksimalkan Penggunaan Alat Bantu Dengar Anda

No ratings yet.

Setelah Anda membeli alat bantu dengar, Anda mungkin berpikir bahwa dengan menggunakan alat bantu dengar  permasalahan akan berakhir. Namun, penggunaan alat bantu dengar sebenarnya hanyalah langkah pertama. Butuh waktu dan latihan untuk memanfaatkan alat bantu dengar sebaik-baiknya, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips keuntungan menggunakan alat bantu dengar :

Penggunaan alat bantu dengar yang sesering mungkin

Pada awalnya, mungkin sulit untuk membiasakan diri dengan suara baru dan asing dari alat bantu dengar Anda.  Anda mungkin tergoda untuk mematikannya atau mengeluarkannya. Tetapi sebagai gantinya, alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk memakainya sesering mungkin dan terbiasa dengan suara “baru”.  Hal Ini akan membantu telinga dan otak Anda menyesuaikan diri, dengan stimulasi baru secara lebih alami dan membuat periode penyesuaian lebih pendek.

 

Memberikan waktu untuk beharapan Anda

Salah satu kesalah pahaman terbesar tentang alat bantu dengar adalah ide mereka dapat mengembalikan pendengaran Anda seperti sebelum Anda mengalami gangguan pendengaran. Sayangnya, kebanyakan orang yang memakai alat bantu dengar mendengar secara berbeda dari yang mereka lakukan sebelum mereka membutuhkannya. Hal ini disebabkan beberapa faktor, termasuk kerusakan pada telinga dan keterbatasan teknologi alat bantu dengar tersebut. Jangan berharap pendengaran Anda persis seperti yang Anda ingat – alih-alih untuk mengatasi hal tersebut, lihat alat bantu dengar sebagai cara untuk meningkatkan komunikasi dan kemampuan mendengarkan Anda.

 

Jangan lupa untuk selalu berlatih

Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak dari alat bantu dengar Anda adalah dengan berlatih memakainya di lingkungan yang berbeda sehingga Anda dapat belajar apa yang terbaik untuk Anda. Mulailah dengan tempat yang sepi seperti rumah Anda sendiri, perpustakaan, atau kedai kopi yang tenang. Kemudian, saat Anda terbiasa dengan alat bantu dengar, Anda dapat berlatih mengubah pengaturan untuk lingkungan lain yang lebih ramai seperti restoran, pertunjukan, atau ruang publik yang sibuk.  Program latihan ini akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan kebisingan latar belakang normal dan mempelajari kombinasi pengaturan volume dan mode mendengarkan yang paling cocok untuk Anda.

 

Rawat alat bantu dengar Anda secara tepat

Alat bantu dengar adalah perangkat yang sensitif, dan mereka perlu dirawat untuk memastikan mereka terus bekerja dengan benar. Berikut adalah beberapa tips untuk memelihara dan merawat alat bantu dengar Anda:

  • Tetaplah membuatnya bersih – Usap alat bantu dengar Anda dengan kain lembut setiap hari untuk menghilangkan lilin dan minyak. Anda dapat menggunakan kain yang sedikit lembab (seperti lap bayi) untuk pembersihan yang lebih efektif, tetapi jangan pernah menggunakan pembersih kimia atau kain perendaman.
  • Jaga alat bantu dengar agar selalu kering – Selalu lepaskan alat bantu dengar Anda sebelum mandi, berenang, atau paparan air lain yang diperpanjang, dan jangan pernah meninggalkan perangkat Anda dalam kondisi yang sangat lembab seperti kamar mandi atau sauna. Anda juga dapat menyimpan alat bantu dengar Anda dalam alat pengering untuk membantu menjaga interior tetap kering saat tidak digunakan.
  • Amankan alat bantu dengar Anda – Jangan sampai alat bantu dengar Anda mengalami kondisi dan zat yang merusak. Ini termasuk menghindari panas yang ekstrim dan dingin yang ekstrim, bahan kimia yang merusak (seperti yang ditemukan di beberapa makeup, hairspray, dan kosmetik lainnya), dan kerusakan fisik apa pun. 

 

Lakukan pengecekan dan penggantian baterai

Merawat alat bantu dengar Anda mengharuskan Anda merawat baterai juga. Karena elektronik dalam alat bantu dengar bersifat sensitif, maka sangat penting untuk merawat baterai untuk memastikan alat bantu dengar Anda berfungsi dengan baik.

Ketika baterai Anda mulai menipis, Anda mungkin melihat suara dari alat bantu dengar Anda menjadi terdistorsi atau tidak jelas. Beberapa alat bantu dengar juga akan mengeluarkan bunyi bip saat baterai hampir habis, tetapi alat bantu dengar kadang sering mati sangat cepat setelah baterai hampir habis. Karena itu, selalu merupakan ide bagus untuk membawa set baterai tambahan bersama Anda. Anda juga harus selalu mematikan perangkat saat Anda tidak menggunakannya untuk menghemat baterai.

Merawat baterai alat bantu dengar bukan hal yang sulit, tetapi Anda perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana. Pertama, jangan pernah menyimpan baterai alat bantu dengar Anda di lemari es, karena dapat dengan mudah rusak oleh hawa dingin. Anda juga tidak harus menyimpannya di dalam saku baju atau di mana pun mereka mudah tergores atau terkena panas atau kelembaban. Akhirnya, jangan pernah meninggalkan baterai mati di alat bantu dengar Anda. Alih-alih, lepaskan segera dan gantilah dengan baterai baru Anda sesegera mungkin.

 

Temui Audiolog

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak dari alat bantu dengar Anda adalah dengan menjadwalkan pertemuan tindak lanjut dengan audiolog Anda dan mendiskusikan segala paertanyaan atau masalah. Dengan menemui seorang audiolog Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mengoperasikan alat bantu dengar Anda dengan benar dan mengatasi masalah yang Anda alami.

 

Jika Anda telah siap untuk mengambil langkah selanjutnya dengan perjalanan pendengaran Anda, jadwalkan janji temu di ABDI hari ini. Hubungi 0800-100-2234 atau kunjungi website kami di sini untuk mempelajari lebih lanjut.

Please rate this

and share :