Mengatasi Gangguan Pendengaran dan Kognitif dengan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Mengatasi Gangguan Pendengaran dan Kognitif dengan Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Penelitian seputar korelasi antara mengatasi gangguan pendengaran dan kognitif sangat besar dan masih terus berkembang. Contohnya:

  • Orang dewasa dengan gangguan pendengaran telah menunjukkan penurunan yang lebih besar dalam fungsi kognitif daripada rekan-rekan mereka dengan pendengaran normal.
  • Studi lain menunjukkan bahwa lansia dengan gangguan pendengaran dua hingga lima kali lebih berisiko mengalami demensia daripada lansia dengan pendengaran normal.
  • Dalam penelitian yang sama, ditemukan bahwa dengan setiap peningkatan 10 dB pada gangguan pendengaran, ada peningkatan 20% risiko terkena demensia.
  • Tes kesehatan masyarakat menunjukkan bahwa gangguan pendengaran dapat menjadi faktor risiko penurunan kognitif.

Hubungan Mengatasi Gangguan Pendengaran dengan Kesehatan Kognitif Menurut Sains

Alasan mengapa adanya korelasi ini masih diteliti, tetapi sains menawarkan beberapa teori yang valid :

  • Kekurangan pendengaran jangka panjang dapat mencegah otak menerima masukan saraf. Ini adalah teori gunakan atau hilang dan menyarankan bahwa penting untuk menstimulasi otak Anda dengan input pendengaran.
  • Individu dengan gangguan pendengaran umumnya akan mengurangi partisipasi mereka dalam kegiatan kelompok dan menarik diri dari interaksi sosial. Ada hubungan antara isolasi sosial dan depresi dengan penurunan kognitif. Gagasan seputar teori ini adalah bahwa individu dengan gangguan pendengaran cenderung tidak berpartisipasi dalam acara sosial, yang pada gilirannya dapat menyebabkan isolasi atau depresi, yang kemudian dapat menyebabkan penurunan kognitif.
  • Mencoba mendengarkan dan memahami pembicaraan mungkin menggunakan berbagai sumber daya kognitif seperti memori kerja. Karena fokus otak adalah mendengarkan, banyak dari sumber daya kognitif ini tidak dapat digunakan di tempat lain.

Alat bantu dengar dapat membantu mencegah terjadinya masing-masing alasan berikut:

  • Membantu merangsang otak dan menyampaikan informasi jalur pendengaran.
  • Mendorong individu untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial, mengurangi risiko depresi dan isolasi sosial.
  • Mengurangi upaya kognitif yang mungkin perlu digunakan seseorang untuk mendengarkan.

Terakhir, sebuah penelitian yang diselesaikan pada tahun 2015 menemukan bahwa orang lansia yang menggunakan alat bantu dengar memiliki tingkat penurunan kognitif yang serupa dengan rekan pendengaran mereka yang normal. Ini menunjukkan bahwa hanya dengan menggunakan alat bantu dengar dapat memungkinkan individu dengan gangguan pendengaran untuk memperlambat perkembangan penurunan kognitif.

Bagaimana Alat Bantu Dengar Starkey Livio AI Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Pendengaran

Dari penelitian yang diuraikan di atas, Anda dapat melihat betapa pentingnya menggunakan alat bantu dengar untuk kesehatan kognitif. Menggunakan sensor dan kecerdasan buatan, alat bantu dengar Starkey Livio AI melangkah lebih jauh, memberikan umpan balik tentang kesehatan kognitif dan mengukur Skor Otak untuk Anda setiap hari. Skor tersebut dibagi menjadi tiga kategori. Kategori dan tujuan terdaftar dan dijelaskan di bawah ini dengan penjelasan mengapa umpan balik harian penting untuk kesehatan kognitif Anda:

Pengukuran Skor Otak

Apa yang diukur

Mengapa ini penting

Waktu Penggunaan Jumlah waktu berapa lama alat bantu dengar digunakan. Sebuah studi dalam Journal of American Geriatrics Society (2015) menemukan bahwa menggunakan alat bantu dengar mengurangi risiko penurunan kognitif yang terkait dengan gangguan pendengaran.
Engagement Berapa banyak waktu yang dihabiskan di lingkungan tempat pengguna terlibat dalam percakapan dengan orang lain atau mengalirkan audio, seperti panggilan telepon. Ditemukan bahwa kebanyakan orang yang saat ini menggunakan alat bantu dengar mengatakan hal itu secara positif mempengaruhi kemampuan mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok (Better Hearing Institute, n.d.).
Mendengarkan Secara Aktif Beragam lingkungan dan situasi yang dialami sepanjang hari. Semakin besar variasi lingkungan yang dihadapi, otak akan semakin diperkaya oleh stimulasi dari lingkungan ini.

 

Kombinasi dari tujuan-tujuan ini menghasilkan Skor Otak maksimum 100. Aplikasi Thrive Hearing menyimpan riwayat Skor Otak untuk menunjukkan kemajuan dari waktu ke waktu. Skor Otak adalah alat yang berharga untuk membantu Anda melacak dan mengukur kesehatan kognitif Anda.

Ambil Pendekatan Proaktif Untuk Kesehatan Kognitif Anda

Dengan alat bantu dengar Livio AI, Anda akan memiliki cara untuk mengatasi gangguan pendengaran Anda dan mengambil langkah proaktif untuk meminimalkan risiko penurunan kognitif dan demensia terkait gangguan pendengaran. Tidak heran perangkat ini dinobatkan sebagai Penemuan Terbaik versi Majalah TIME tahun 2019! Untuk mencobanya, Anda dapat menghubungi 0800-1100-100 atau klik disini dan kami dapat membantu Anda menjadwalkan konsultasi dan uji coba gratis dengan ahli pendengaran di dekat Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/01/Cognition-and-Livio

 

Please rate this

and share :