gangguan pendengaran
Alat Bantu Dengar

Cara Efektif Berkomunikasi dengan Orang yang Mengalami Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Alat bantu dengar bermanfaat dalam banyak situasi. Namun, ada beberapa situasi mendengarkan di mana alat bantu dengar saja tidak dapat memberikan manfaat yang cukup bagi penderita gangguan pendengaran. Dalam situasi itu, mitra komunikasi dapat membantu orang dengan gangguan pendengaran lebih sukses dalam pendengaran. Ingat, komunikasi melibatkan setidaknya dua orang: pembicara yang mengirim pesan, dan pendengar yang menerima pesan. Anda, sebagai anggota dari pasangan komunikasi ini, dapat meningkatkan percakapan dengan mengikuti beberapa strategi sederhana.

Dapatkan perhatian

Dapatkan perhatian pendengar sebelum Anda mulai berbicara, misalnya, dengan menyebutkan namanya. Jika orang dengan gangguan pendengaran tersebut masih memiliki satu bagian pendengaran yang berfungsi lebih baik maka pindahlah ke sisi orang tersebut. Juga pertimbangkan untuk menyentuh tangan, lengan, atau bahu pendengar dengan ringan untuk mendapatkan perhatian. Gerakan sederhana ini akan mempersiapkan individu dengan gangguan pendengaran untuk mendengarkan dan tidak melewatkan bagian pertama dari percakapan.

Pertahankan kontak mata

Hadapi orang yang mengalami gangguan pendengaran dengan cara membuat kontak mata. Ekspresi wajah dan bahasa tubuh Anda menambahkan informasi penting ke pesan yang disampaikan. Misalnya, Anda dapat “melihat” kegembiraan, kebingungan, atau frustrasi seseorang dengan menonton ekspresi wajah atau bahasa tubuh.

Jauhkan tangan dari wajah

Saat berbicara dengan penderita gangguan pendengaran, cobalah untuk menjauhkan tangan dari wajah Anda. Anda akan menghasilkan ucapan yang lebih jelas dan memungkinkan pendengar memanfaatkan isyarat visual dengan menjaga mulut dan wajah Anda terlihat.

Selain itu, sebagian besar pendengar dapat meningkatkan persepsi mereka dengan menonton wajah pembicara – juga dikenal sebagai speechreading. Pidato membantu meningkatkan persepsi bicara. Banyak suara dapat dilihat yang sulit didengar. Misalnya, suara / s / sangat sulit didengar tetapi mudah dibaca. Penting untuk tidak melebih-lebihkan berbicara Anda, berbicara dengan makanan di mulut Anda atau mengunyah permen karet ketika berbicara dengan seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Perlu diingat bahwa jenggot dan kumis yang tebal juga bisa menyembunyikan mulut Anda.

Bicaralah secara alami

Berbicaralah dengan jelas, tetapi tanpa berlebihan. Anda tidak perlu berteriak karena berteriak sebenarnya justru mengubah kata-kata. Cobalah untuk tidak bergumam, karena ini sangat sulit dimengerti, bahkan untuk orang dengan pendengaran normal. Berbicara dengan kecepatan normal, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Gunakan jeda alih-alih bicara lambat untuk memberi waktu pada orang lain untuk memproses ucapan. Berikan petunjuk saat mengganti subjek atau ucapkan “topik baru.”

Gunakan penggunaan kalimat yang berbeda untuk mengulang

Jika penderita gangguan pendengaran mengalami kesulitan memahami sesuatu yang Anda katakan, ulangi sekali. Jika mereka masih kesulitan menemukan cara lain untuk menangkap ucapan, gunakan kata-kata yang berbeda dengan makna yang sama. Misalnya: “Saya pergi ke toko kelontong.” Ulangi sekali dan kemudian ulangi. “Saya pergi ke supermarket,” Jika dia tidak mengerti kata-kata pertama kali, kemungkinan dia tidak akan mengerti mereka kedua kalinya. Jadi, coba ulangi lagi. Pilihan lain adalah bertanya bagian kalimat mana yang tidak mengerti dan hanya mengulangi frasa atau kata itu. Misalnya, “toko bahan makanan” adalah apa yang tidak dimengerti, jadi ulangi saja kata-kata “toko bahan makanan.”

Bicara jauh dari kebisingan

Cobalah untuk mengurangi kebisingan latar belakang saat berbicara dengan penderita gangguan pendengaran. Matikan radio atau televisi. Pindah ke ruang yang tenang jauh dari sumber kebisingan. Saat pergi ke restoran atau memesan makan malam, mintalah meja yang jauh dari dapur, stasiun server, atau pesta besar.

Pencahayaan yang baik adalah penting

Seseorang dengan gangguan pendengaran dapat membaca untuk membantu pendengaran sehingga pencahayaan pada wajah Anda adalah penting. Saat berada di restoran atau acara sosial lainnya, duduklah di tempat yang memiliki pencahayaan bagus sehingga wajah Anda bisa lebih mudah dilihat. Pencahayaan yang buruk dapat menyebabkan bayangan pada wajah pembicara. Sebaliknya hindari duduk dengan pencahayaan kuat yang datang dari belakang, seperti melalui jendela, karena itu akan menyebabkan kesulitan melihat ke dalam cahaya yang terang.

Gunakan aplikasi untuk menerjemahkan dari kata yang diucapkan ke kata yang tertulis, atau gunakan SMS

Ada banyak aplikasi yang dapat diunduh yang memungkinkan Anda untuk berbicara di telepon pintar dan kata-kata Anda muncul di layar untuk orang dengan gangguan pendengaran untuk membaca. Salah satu aplikasi tersebut disebut Dragon. Penggunaan SMS juga merupakan penggunaan yang efisien untuk melengkapi komunikasi.

Jika Anda merasa orang-orang disekitar Anda mulai terkena gangguan pendengaran, maka jangan lupa menyarankan mereka untuk melakukan pengetesan pendengaran pada audiolog terdekat di tempat mereka tinggal.

 

Please rate this

and share :