gangguan pendengaran terkait usia
Gangguan Pendengaran

Mengenal Gangguan Pendengaran Terkait Usia (Presbikusis)

No ratings yet.

Gangguan pendengaran terkait usia (presbycusis) adalah gangguan pendengaran yang secara bertahap terjadi pada sebagian besar dari kita seiring bertambahnya usia. 

Saat ini diperkirakan, sekitar satu dari tiga orang di Indonesia yang berusia antara 65 dan 74 mengalami gangguan pendengaran, dan hampir setengah dari mereka yang berusia di atas 75 mengalami kesulitan pendengaran. Memiliki masalah pendengaran dapat membuat Anda sulit untuk memahami dan mengikuti saran dokter, merespons peringatan, dan mendengar telepon, bel pintu, dan alarm asap. Kehilangan pendengaran juga dapat membuat Anda sulit untuk menikmati berbicara dengan keluarga dan teman-teman, yang menyebabkan perasaan terisolasi.

Gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia paling sering terjadi pada kedua telinga dan mempengaruhi keduanya secara merata. Karena kehilangannya bertahap, jika Anda memiliki gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda kehilangan sebagian kemampuan mendengar.

Ada banyak penyebab gangguan pendengaran terkait usia. Paling umum, ini muncul dari perubahan pada telinga bagian dalam seiring bertambahnya usia, tetapi juga dapat terjadi akibat perubahan pada telinga tengah, atau dari perubahan kompleks sepanjang jalur saraf dari telinga ke otak. Kondisi medis dan obat-obatan tertentu juga dapat berperan.

Bagaimana cara kita mendengar?

Pendengaran tergantung pada serangkaian peristiwa yang mengubah gelombang suara di udara menjadi sinyal listrik. Saraf pendengaran Anda kemudian membawa sinyal-sinyal ini ke otak Anda melalui serangkaian langkah yang kompleks.

  1. Gelombang suara memasuki telinga luar dan berjalan melalui lorong sempit yang disebut saluran telinga, yang mengarah ke gendang telinga.
  2. Gendang telinga bergetar dari gelombang suara yang masuk dan mengirimkan getaran ini ke tiga tulang kecil di telinga tengah. Tulang-tulang ini disebut malleus, incus, dan stapes.
  3. Tulang-tulang di telinga tengah memasangkan getaran suara dari udara ke getaran fluida di koklea telinga bagian dalam, yang berbentuk seperti siput dan diisi dengan cairan. Partisi elastis berjalan dari awal hingga akhir koklea, membelahnya menjadi bagian atas dan bawah. Partisi ini disebut membran basilar karena berfungsi sebagai dasar, atau lantai dasar, di mana struktur pendengaran utama duduk.
  4. Setelah getaran menyebabkan cairan di dalam koklea bergejolak, gelombang berjalan di sepanjang membran basilar. Sel-sel rambut — sel-sel sensorik yang duduk di atas membran basilar — menaiki gelombang.
  5. Ketika sel-sel rambut bergerak ke atas dan ke bawah, proyeksi seperti rambut mikroskopis (dikenal sebagai stereocilia) yang bertengger di atas sel-sel rambut menabrak struktur di atasnya dan menekuk. Membungkuk menyebabkan saluran seperti pori-pori, yang berada di ujung stereocilia, untuk membuka. Ketika itu terjadi, bahan kimia masuk ke dalam sel, menciptakan sinyal listrik.
  6. Saraf pendengaran membawa sinyal listrik ini ke otak, yang mengubahnya menjadi suara yang kita kenali dan pahami.

Mengapa kita kehilangan pendengaran seiring bertambahnya usia?

Banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran saat usia bertambah. Mungkin sulit untuk membedakan gangguan pendengaran terkait usia dari gangguan pendengaran yang dapat terjadi karena alasan lain, seperti paparan kebisingan dalam jangka panjang.

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap suara yang terlalu keras atau terlalu lama. Paparan bising semacam ini dapat merusak sel-sel rambut sensorik di telinga Anda yang memungkinkan Anda mendengar. Setelah sel-sel rambut ini rusak, mereka tidak tumbuh kembali dan kemampuan Anda untuk mendengar berkurang.

Kondisi yang lebih umum pada orang tua, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Obat-obatan yang beracun bagi sel-sel sensorik di telinga Anda (misalnya, beberapa obat kemoterapi) juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Jarang, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia dapat disebabkan oleh kelainan pada telinga luar atau telinga tengah. Abnormalitas seperti itu mungkin termasuk berkurangnya fungsi membran timpani (gendang telinga) atau berkurangnya fungsi tiga tulang kecil di telinga tengah yang membawa gelombang suara dari membran timpani ke telinga bagian dalam.

Sebagian besar orang tua yang mengalami gangguan pendengaran memiliki kombinasi gangguan pendengaran terkait usia dan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

Bisakah saya mencegah gangguan pendengaran terkait usia?

Pada saat ini, para ilmuwan belum tahu bagaimana mencegah gangguan pendengaran terkait usia. Namun, Anda dapat melindungi diri dari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dengan melindungi telinga Anda dari suara yang terlalu keras dan terlalu lama. Penting untuk mengetahui sumber potensial dari suara yang merusak, seperti musik keras, senjata api, mobil salju, mesin pemotong rumput, dan blower daun. Menghindari suara keras, mengurangi jumlah waktu Anda terkena suara keras, dan melindungi telinga Anda dengan penyumbat telinga atau sarung telinga adalah hal-hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi pendengaran Anda dan membatasi jumlah pendengaran yang mungkin Anda kehilangan seiring bertambahnya usia. .

Bagaimana saya bisa tahu jika saya memiliki masalah pendengaran?

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut. Jika Anda menjawab “ya” untuk tiga atau lebih dari pertanyaan ini, Anda mungkin memiliki masalah pendengaran dan mungkin perlu memeriksa pendengaran Anda.

  • Apakah Anda kadang merasa malu ketika bertemu orang baru karena Anda kesulitan mendengar?
  • Merasa frustasi ketika berbicara dengan anggota keluarga Anda karena Anda kesulitan mendengarnya?
  • Mengalami kesulitan mendengar atau memahami rekan kerja, klien, atau pelanggan?
  • Merasa dibatasi atau dibatasi oleh masalah pendengaran?
  • Mengalami kesulitan mendengar ketika mengunjungi teman, saudara, atau tetangga?
  • Kesulitan mendengar di film atau di teater?
  • Masalah pendengaran menyebabkan Anda berdebat dengan anggota keluarga?
  • Kesulitan mendengar TV atau radio pada tingkat yang cukup keras untuk orang lain?
  • Merasa ada kesulitan dengan pendengaran Anda membatasi kehidupan pribadi atau sosial Anda?
  • Apakah Anda kesulitan mendengar keluarga atau teman saat Anda bersama di restoran?

Diadaptasi dari: Newman, CW, Weinstein, BE, Jacobson, GP, & Hug, GA (1990). Inventarisasi Hearing untuk Orang Dewasa [HHIA]: Kecukupan psikometrik dan korelasi audiometrik. Ear Hear, 11, 430-433.

Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami kesulitan mendengar?

Masalah pendengaran bisa serius. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan jika Anda merasa memiliki masalah pendengaran adalah mencari nasihat dari penyedia layanan kesehatan. Ada beberapa jenis profesional yang dapat membantu Anda. Anda mungkin ingin memulai dengan dokter perawatan primer, otolaringologis, audiolog, atau spesialis alat bantu dengar. Masing-masing memiliki jenis pelatihan dan keahlian yang berbeda. Masing-masing dapat menjadi bagian penting dari perawatan kesehatan pendengaran Anda.

  • Otolaryngologist (oh-toe-lair-in-GAH-luh-jist) adalah seorang dokter yang berspesialisasi dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit pada telinga, hidung, tenggorokan, dan leher. Seorang otolaryngologist, kadang-kadang disebut THT, akan mencoba mencari tahu mengapa Anda kesulitan mendengar dan menawarkan opsi perawatan. Ia juga dapat merujuk Anda ke profesional pendengaran lain, seorang ahli audiologi.
  • Seorang audiolog (aw-dee-AH-luh-jist) memiliki pelatihan khusus dalam mengidentifikasi dan mengukur jenis dan tingkat gangguan pendengaran. Beberapa audiolog mungkin dilisensikan agar sesuai dengan alat bantu dengar.
  • Seorang spesialis alat bantu dengar adalah seseorang yang dilisensikan oleh negara Anda untuk melakukan dan mengevaluasi tes-tes pendengaran dasar, menawarkan konseling, dan menyesuaikan dan menguji alat bantu dengar. Anda harus diperiksa oleh dokter sebelum dapat dipasang untuk alat bantu dengar, meskipun hukum federal mengizinkan Anda untuk menandatangani surat pernyataan jika Anda tidak ingin diperiksa sebelum Anda membeli bantuan.

Perawatan dan perangkat apa yang dapat membantu?

Perawatan Anda akan tergantung pada tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda, sehingga beberapa perawatan akan bekerja lebih baik untuk Anda daripada yang lain. Ada sejumlah perangkat dan alat bantu yang membantu Anda mendengar lebih baik saat mengalami gangguan pendengaran. Berikut ini adalah yang paling umum:

  • Alat bantu dengar adalah alat elektronik yang Anda kenakan di dalam atau di belakang telinga Anda. Mereka membuat suara lebih keras. Untuk menemukan alat bantu dengar yang paling cocok untuk Anda, Anda mungkin harus mencoba lebih dari satu. Pastikan untuk meminta periode uji coba dengan alat bantu dengar Anda dan memahami syarat dan ketentuan periode uji coba. Bekerjalah dengan penyedia alat bantu dengar Anda sampai Anda merasa nyaman menggunakan dan melepaskan alat bantu dengar, sesuaikan level volume, dan ganti baterai. Alat bantu dengar umumnya tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan, meskipun ada yang melakukannya. Medicare tidak mencakup alat bantu dengar untuk orang dewasa; Namun, evaluasi diagnostik ditanggung jika mereka diperintahkan oleh dokter untuk tujuan membantu dokter dalam mengembangkan rencana perawatan. (Baca lembar fakta NIDCD Alat Bantu Dengar untuk informasi lebih lanjut.)
  • Implan koklea. Implan koklear (COKE-lee-ur) adalah perangkat elektronik kecil yang ditanam dengan operasi di telinga bagian dalam yang membantu memberikan indera suara bagi orang-orang yang sangat tuli atau sulit mendengar. Jika gangguan pendengaran Anda parah, dokter Anda dapat merekomendasikan implan koklea di satu atau kedua telinga. (Baca lembar fakta NIDCD, Implan Koklea untuk informasi lebih lanjut.)
  • Sistem pendengaran berlabuh tulang memotong saluran telinga dan telinga tengah, dan dirancang untuk menggunakan kemampuan alami tubuh Anda untuk mentransfer suara melalui konduksi tulang. Prosesor suara mengambil suara, mengubahnya menjadi getaran, dan kemudian menyampaikan getaran melalui tulang tengkorak Anda ke telinga bagian dalam Anda.
  • Alat bantu dengar termasuk alat penguat telepon dan ponsel, “aplikasi” ponsel pintar atau tablet, dan sistem sirkuit tertutup (sistem loop dengar) di tempat-tempat ibadah, teater, dan auditorium. 
  • Membaca bibir atau membaca ucapan adalah pilihan lain yang membantu orang dengan masalah pendengaran mengikuti pembicaraan percakapan. Orang yang menggunakan metode ini memperhatikan orang lain ketika mereka berbicara dengan memperhatikan mulut dan gerakan tubuh pembicara. Pelatih khusus dapat membantu Anda belajar membaca bibir atau membaca pidato.

Bisakah teman dan keluarga saya membantu saya?

Anda dan keluarga Anda dapat bekerja bersama untuk membuat hidup dengan gangguan pendengaran lebih mudah. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Beri tahu teman dan keluarga Anda tentang gangguan pendengaran Anda. Semakin banyak teman dan keluarga yang Anda beri tahu, semakin banyak orang yang akan membantu Anda mengatasi gangguan pendengaran Anda.
  • Mintalah teman dan keluarga Anda untuk menghadap Anda ketika mereka berbicara sehingga Anda dapat melihat wajah mereka. Jika Anda melihat wajah mereka bergerak dan melihat ekspresi mereka, mungkin membantu Anda untuk memahami mereka dengan lebih baik.
  • Minta orang untuk berbicara lebih keras, tetapi jangan berteriak. Beritahu mereka bahwa mereka tidak perlu berbicara dengan lambat, cukup jelas.
  • Matikan TV atau radio saat Anda tidak mendengarkannya secara aktif.
  • Waspadai kebisingan di sekitar Anda yang dapat membuat pendengaran lebih sulit. Ketika Anda pergi ke restoran, misalnya, jangan duduk di dekat dapur atau di dekat band memainkan musik. Kebisingan latar belakang membuat orang sulit mendengar pembicaraan.

Bekerja bersama untuk mendengar lebih baik mungkin sulit bagi semua orang untuk sementara waktu. Ini akan memakan waktu bagi Anda untuk terbiasa menonton orang-orang saat mereka berbicara dan bagi orang-orang untuk terbiasa berbicara lebih keras dan lebih jelas. Sabar dan terus bekerja bersama.

Please rate this

and share :