Tips Mudah Berkomunikasi Saat Menggunakan Masker
Solusi Masalah Pendengaran

Tips Mudah Berkomunikasi Saat Menggunakan Masker

5/5 (2)

Menggunakan masker ketika keluar rumah sudah lazim dilakukan sejak wabah COVID-19 menyebar di seluruh dunia. Kebiasaan tersebut pun harus tetap dilakukan saat sebagian besar negara telah beradaptasi dengan kebiasaan hidup di era new normal, termasuk Indonesia. Kebiasaan ini dilakukan untuk mencegah partikel-partikel air liur (droplets) menyebar, sehingga mengurangi resiko penularan COVID-19 dengan atau tanpa gejala.

Pada era now normal, Anda akan kembali beraktivitas seperti biasa dan bertemu orang lain. Tentu Anda rindu untuk berkomunikasi dengan teman terdekat meskipun ada masker yang harus terus menutupi mulut dan hidung. Terkadang Anda pasti merasa sesak ketika memakainya dan membuatmu sulit berbicara. Nah, jadi bagaimana kamu berkomunikasi dengan orang lain tanpa melepaskan masker?

Manfaat Menggunakan Masker

Salah satu media penularan utama COVID-19 adalah butiran cairan (droplet) dari saluran pernapasan yang terlontar saat seseorang berbicara, bernyanyi, batuk, atau bersin. Penelitian lebih jauh tentang COVID-19 masih berjalan, tetapi sudah diketahui bahwa orang yang tidak menunjukkan gejala pun bisa menyebarkan virus. Artinya, sebagian orang dapat menularkan virus walaupun terlihat sehat dan baik-baik saja.

Sebab itulah menjaga jarak fisik sangat penting, terutama di tempat-tempat dengan angka penularan yang tinggi. Akan tetapi, kewajiban untuk menjaga jarak aman ini menimbulkan masalah lain. Yaitu masalah saat berkomunikasi. Anda tentu akan sangat merasa kesulitan mendengar lawan bicara yang menggunakan masker sambil menjaga jarak aman. Bisa dibayangkan, bagaimana bila hal ini terjadi pada mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Sudah tentu, ini akan menjadi masalah yang cukup besar untuk mereka.

Tips Berkomunikasi Saat Menggunakan Masker

Komunikasi berjalan dua arah, yaitu antara pembicara dan pendengar. Menggunakan masker dan menjaga jarak sosial telah mempersulit komunikasi. Bahkan pada orang dengan pendengaran normal, apalagi orang dengan gangguan pendengaran. Berikut beberapa strategi komunikasi yang baik untuk pembicara dan pendengar :

  • Gunakan Visual : Tunjukkan objek yang sedang Anda bicarakan. Sebagai contoh,  Anda bisa mengambil foto atau menunjukkan gambar dari objek yang Anda maksud melalui ponsel ke lawan bicara Anda.
  • Gerakan dan tunjuk : Buat sebuah gerakan atau tunjukkan apa yang Anda bicarakan dengan menunjuk objek tersebut.
  • Tuliskan : Jika Anda benar-benar kesulitan, penggunaan pulpen atau smartphone mungkin bisa membantu. Anda dapat menggunakan buku atau kertas putih dan tulislah dengan huruf besar, sehingga orang lain dapat membacanya dari jarak 6 kaki atau 1 meter.
  • Ulangi Bagian yang Anda Dengar : Tunjukkan bahwa Anda benar-benar menyimak pembicaraan dengan mengulangi apa yang Anda dengar, sehingga lawan bicara Anda dapat memperbaiki jika mungkin ada bagian yang tidak Anda dengar.
  • Bersabarlah : Di saat seperti ini, otak kita semua akan mengalami tekanan dan membuat kita stress. Dimana hal ini membuatnya semakin sulit untuk memproses informasi – termasuk suara percakapan yang kita dengar.  
  • Minta penjelasan jika belum yakin : Seperti “apakah Anda mengatakan lima belas atau tiga belas?”. Hal ini sangat umum dilakukan oleh siapa saja terutama saat di telepon.
  • Ulangi kata-kata lebih jelas : Jangan terus mengucapkan kalimat yang sama dengan cara yang sama. Jika tidak berhasil, ubah kata-kata yang Anda dengar dan tambahkan lebih banyak konteks untuk membuat pesan Anda lebih jelas.
  • Menjauhlah dari lingkungan sekitar yang bising : Tentu Anda sudah kesulitan menangkap suara karena penggunaan masker dan menjaga jarak, hal ini sudah cukuo membuat Anda sulit mendengar. Maka, menjauhlah dari kebisingan tambahan, karena akan membuat segalanya menjadi lebih sulit

Temukan Bantuan

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang mengalami kesulitan berkomunikasi saat menggunakan masker, bisa jadi itu tanda dari gangguan pendengaran. Segera temukan bantuan dengan menghubungi pusat layanan kesehatan pendengaran terdekat yang ada di kota Anda. ABDI memiliki alat bantu dengar canggih yang dapat memudahkan komunikasi meskipun lawan bicara Anda menggunakan masker. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar alat bantu dengar tersebut, Anda dapat klik disini untuk mengetahui lokasi terdekat atau hubungi 0800-100-2234 untuk membuat janji temu dengan profesional kesehatan pendengaran.

Sumber : https://listenwithlindsay.com/improve-communication-while-wearing-a-mask/

Please rate this

and share :