Kaitan Antara Telinga Berdengung, Kecemasan, dan Gangguan Tidur
Tinnitus

Kaitan Antara Telinga Berdengung, Kecemasan, dan Gangguan Tidur

5/5 (4)

Banyak dari kita yang berpikir bahwa gangguan pendengaran hanya mempengaruhi telinga, namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Gangguan pendengaran tidak hanya membuat kita sulit untuk mendengar. Cukup banyak kehilangan pendengaran yang juga disertai dengan tinnitus, biasa dikenal dengan telinga berdengung atau suara mendengung yang mengganggu di telinga. Kehilangan pendengaran dan tinnitus dapat menyebabkan kegelisahan dan bahkan masalah tidur.

Apa Itu Telinga Berdengung?

Tinnitus atau telinga berdengung adalah suara denging, dengung atau mendesis yang berasal dari dalam telinga Anda dan hanya Anda sendiri yang dapat mendengarnya. Kondisi ini akan sangat terasa saat Anda berada di ruangan yang sunyi, dan segala sesuatu di sekitar Anda sangat sunyi. Orang-orang menggambarkan tinnitus terdengar seperti mendengung, bersiul, menderu, atau berdenging. Beberapa bahkan mengatakan itu terdengar seperti suara peluit yang melengking. Tinnitus bisa terdengar dalam frekuensi nada tinggi atau rendah, dan setiap orang mengalaminya secara berbeda. Terkadang bersifat sementara, dan Anda mungkin tidak menyadarinya sama sekali selama beberapa hari. Pada beberapa orang, tinnitus selalu menjadi sumber rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Tinnitus cukup umum terjadi. Terdapat sekitar 32% orang dewasa yang pernah mengalaminya.

Penyebab Tinnitus atau Telinga Berdengung

Tinnitus disebabkan karena adanya kerusakan sel-sel pada telinga bagian dalam. Ketika sel-sel yang ada di telinga dalam kondisi sehat, ia mampu mengubah gelombang suara menjadi impuls listrik. Kemudian, impuls ini dikirim ke otak, dan begitulah akhirnya kita bisa mendengar. Ketika sel-sel rusak atau overstimulasi, mereka terkadang masih akan mengirimkan sinyal ke otak, meskipun suara itu tidak ada di lingkungan. Tinnitus dapat disebabkan oleh:

  • Gangguan pendengaran.
  • Adanya sumbatan kotoran telinga pada saluran telinga.
  • Paparan suara yang sangat keras.
  • Cedera kepala atau leher.
  • Infeksi telinga.

Bagi orang-orang dengan telinga berdengung permanen, bunyi yang konstan mempengaruhi pendengaran serta kesehatan mereka secara keseluruhan. Telinga berdenging dapat menyebabkan perasaan tertekan di telinga, dan membuat telinga sulit mendengar suara dengan jelas.

Tinnitus dan Kecemasan

Tinnitus juga terkait erat dengan stres dan kecemasan. Saat mengalami tinnitus, suara dengung yang terdengar terus-menerus akan mengganggu saraf Anda. Hal itu membuat Anda kesulitan untuk berkonsentrasi pada tugas, atau bahkan melakukan percakapan normal dengan orang terdekat. Ketika tinnitus berhasil membuat Anda merasa lebih gelisah,saat itu juga Anda akan mulai lebih memperhatikan tinnitus. Sehingga telinga berdenging yang Anda alami akan menjadi lebih buruk. Saat tinnitus semakin parah, Anda akan merasa semakin cemas!

Kecemasan ini dapat membuat Anda kesulitan untuk fokus, sehingga Anda menjadi lebih mudah marah. Anda akan kesulitan untuk bersabar terhadap diri sendiri dan orang lain, dan kesulitan menjalani hari.

Tinnitus dan Gangguan Tidur

Tinnitus dapat menyebabkan stres dan kecemasan tingkat tinggi. Jika digabungkan, tinnitus dan kecemasan dapat menyebabkan sejumlah masalah tidur, dan tidur yang cukup mungkin tampak mustahil. Mengalami tinnitus pada malam hari dapat membuat Anda sangat sulit untuk tertidur, sehingga Anda akan merasa lebih stres. Tinnitus seringkali terdengar lebih keras saat ruangan sepi, sehingga kesunyian kamar Anda dapat membuat tinitus semakin mengganggu.

Saat tingkat kecemasan Anda meningkat, akan semakin sulit untuk tidur dan mendapatkan istirahat yang dibutuhkan. Ketika Anda kurang tidur, Anda akan merasa lebih cemas, dan tinnitus Anda akan semakin mengganggu.

Mengatasi Tinnitus

Untungnya, ada cara untuk memutus siklus tinnitus dan kecemasan serta mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Kebanyakan tinnitus dapat diatasi dengan terapi suara. Saat Anda memutar suara pada frekuensi yang sama dengan tinnitus, tinnitus akan menghilang ke latar belakang, dan Anda akan dapat menjalani hari, atau tidur, tanpa memikirkan suara denging di telinga.

Penggunaan alat bantu dengar dengan fitur khusus tinnitus juga dapat membantu. Seperti alat bantu dengar yang tersedia di ABDI, yang sebagian besar dilengkapi dengan fitur khusus tinnitus. Dimana fitur ini akan membawa kelegaan dari suara berdenging yang mengganggu, menurunkan kecemasan, dan memungkinkan Anda mengalami hari yang menyenangkan tanpa stres karena suara dengung yang mengganggu.

Untuk menemukan cara terbaik menangani tinnitus, mengurangi kecemasan, dan tidur lebih nyenyak dengan penggunaan alat bantu dengar, Anda dapat mengunjungi outlet terdekat kami yang dapat Anda temukan disini. Atau hubungi di nomor 0800-100-2234 untuk konsultasi gratis dan membuat janji temu dengan profesional perawatan kesehatan pendengaran terdekat yang ada di kota Anda.

Sumber : https://myhearingcenters.com/blog/a-link-between-tinnitus-anxiety-and-sleep-issues/

Please rate this

and share :