Apakah Gangguan Pendengaran Bisa Sembuh?
Gangguan Pendengaran

Apakah Gangguan Pendengaran Bisa Sembuh?

1/5 (1)

Jawaban cepat dan jujur untuk pertanyaan, “Apakah gangguan pendengaran bisa sembuh dan normal kembali?” TIDAK. Sekali pendengaran Anda rusak, Anda tidak dapat memulihkannya seperti semula.

Namun, meskipun Anda tidak dapat kembali mendengar seperti semula, Anda masih dapat mengatasi gangguan pendengaran dan meningkatkan kemampuan mendengar secara signifikan.

Mari simak penjelasan berikut.

Gangguan Pendengaran Bisa Sembuh Tergantung Jenisnya

Pada dasarnya ada dua jenis gangguan pendengaran. Pertama, gangguan pendengaran konduktif – terjadi ketika suara tidak dapat mengalir melalui telinga luar atau tengah karena halangan atau masalah lainnya. Seringkali, gangguan pendengaran konduktif dapat diobati dengan pembedahan atau obat-obatan.

Yang kedua merupakan jenis gangguan pendengaran yang paling umum, yaitu gangguan pendengaran sensorineural. Terjadi ketika telinga bagian dalam atau saraf pendengaran berhenti bekerja sebagaimana mestinya. Biasanya karena kerusakan yang disebabkan oleh penuaan atau paparan kebisingan. (Ada jenis ketiga – gangguan pendengaran campuran – namun itu hanya kombinasi dari keduanya.)

Meskipun gangguan pendengaran sensorineural tidak dapat diperbaiki secara medis atau pembedahan, gangguan ini hampir selalu dapat diatasi dan dibantu dengan penggunaan alat bantu dengar.

Alat Bantu Dengar Dapat Memperbaiki Gangguan Pendengaran

Alat bantu dengar telah menjadi cara utama mengatasi masalah pendengaran selama 100 tahun terakhir atau lebih. Saat itu, perangkat ini hanya memperkuat semua suara yang ada di sekitar. Bahkan saat ini, perangkat amplifikasi suara pribadi atau personal sound amplification product (PSAP) dan amplifier pendengaran yang dapat Anda beli secara online atau di toko obat, memiliki cara kerja yang sama – yaitu dengan memperkuat volume pada semua suara. 

Namun, alat bantu dengar terbaik saat ini telah tersedia dengan berbagai teknologi yang menyertainya. Perangkat ini dapat membedakan antara sinyal / suara yang menarik – seperti suara percakapan – dan “kebisingan” yang membuat mendengarkan menjadi sulit dan tidak nyaman. Kemudian mereka dapat secara instan dan otomatis memperkuat suara yang ingin Anda dengar, sekaligus menekan suara yang tidak Anda inginkan.

Secanggih itu teknologi alat bantu dengar saat ini.

Di tangan seorang profesional pendengaran yang berpengalaman, alat bantu dengar dapat menjadi lebih canggih. Karena ahli pendengaran dapat menyesuaikannya untuk membantu dengan frekuensi, tingkat intensitas, dan lingkungan tertentu yang Anda hadapi.

Kesimpulan

Jadi, pendengaran yang sudah rusak atau hilang tidak dapat kembali normal seperti semula. Tapi Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan alat bantu dengar.

Ingin merasakan sendiri manfaat alat bantu dengar? Kami dapat membantu. Hubungi 0800-1100-100 atau klik di sini dan kami akan menghubungkan Anda dengan profesional perawatan kesehatan pendengaran terdekat yang dapat mendemonstrasikan berbagai hal menakjubkan yang dapat alat bantu dengar lakukan.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2021/02/restoring-lost-hearing

 

Please rate this

and share :