Kelainan Pada Telinga Luar dan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Kelainan Pada Telinga Luar dan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Gangguan pendengaran konduktif terjadi ketika koklea atau telinga bagian dalam tersumbat atau jika ada masalah dengan konduksi getaran suara. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran konduktif. Tetapi untuk artikel ini, mari kita selami lebih dalam penyebab yang terkait dengan telinga eksternal. Ya, gangguan atau kelainan pada telinga luar dapat menyebabkan gangguan pendengaran konduktif.

Apa Penyebab Kelainan Pada Telinga Luar?

Kelainan pada telinga luar dapat menimbulkan berbagai masalah telinga yang ada atau terjadi di bagian luar telinga, pinna, saluran telinga, dan gendang telinga (membran timpani). Di bawah ini akan kita jelaskan beberapa penyebab adanya kelainan pada telinga yang mungkin dapat menyebabkan gangguan pendengaran konduktif.

Impaksi Serumen

Penumpukan kotoran di saluran telinga, dapat mempengaruhi aliran suara ke membran timpani. Pada dasarnya, sedikit kotoran yang ada di telinga itu lebih baik karena berfungsi untuk memberikan pelumasan dan melindungi telinga dari bakteri dan serangga. Tetapi jumlah serumen atau kotoran telinga yang berlebihan dapat menyebabkan masalah dengan pendengaran dan keseimbangan.

Masuknya Benda Asing

Benda asing dapat bersifat anorganik atau organik seperti kacang atau manik-manik, ujung kapas, dan bahkan serangga. Ini dapat menyebabkan trauma pada saluran telinga, membran timpani dan bahkan telinga tengah. Jika tanpa sengaja, telinga Anda di masuki benda asing seperti ini, maka bukan tidak mungkin kedepannya akan mengalami kelainan pada fungsi pendengaran ataupun telinga, terlebih jika tidak segera diobati.

Pertumbuhan / Tumor (extose)

Exostosis adalah sejenis kelainan pada telinga yang biasanya disebut sebagai tumor jinak, yang berupa pertumbuhan tulang tertutup oleh kulit. Kelainan telinga ini sering terlihat pada mereka yang telah berulang kali terpapar air dingin (mis. Perenang). Mereka biasanya tidak menyebabkan masalah dengan pendengaran karena mereka biasanya tidak menutup saluran telinga.

Infeksi Otitis Eksternal

Otitis Eksternal umumnya disebut sebagai “telinga perenang”. Biasanya disebabkan oleh bakteri pseudomonas. Otitis eksterna ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, keluarnya cairan, gatal dan gangguan pendengaran konduktif karena pembengkakan. Otitis eksterna biasanya dapat diobati dengan antibiotik.

Furuncle

Furuncle adalah infeksi yang menyakitkan pada folikel rambut yang terletak di saluran telinga. Biasanya disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Kehilangan pendengaran dapat terjadi ketika furunkel sepenuhnya menutup saluran telinga.

Kelainan Bawaan Microtia

Mikrotia adalah kelainan pada telinga yang diperoleh secara bawaan sejak pinna kecil, berbentuk tidak normal, atau tidak ada. Kelainan bawaan mikrotia ini dapat terjadi hanya di satu sisi atau di kedua sisi telinga.

Atresia

Atresia adalah malformasi kanal telinga eksternal. Biasanya hanya di satu sisi dan bisa berupa penutupan lengkap atau sebagian dari telinga. Tingkat penutupan secara langsung mempengaruhi gangguan pendengaran konduktif orang tersebut. Banyak gangguan pada telinga luar dapat dengan mudah disembuhkan dengan obat-obatan, pembedahan, terapi, dan / atau bahkan dengan menggunakan alat bantu dengar.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki gangguan seperti ini, penting bagi Anda untuk menemui dokter THT untuk menargetkan penyebab dan mengatasi masalah tersebut. Namun jika pengobatan sudah dijalankan tetapi Anda masih mengalami masalah dengan gangguan pendengaran secara permanen, maka cara terbaik untuk meningkatkan kemungkinan memiliki pendengaran yang lebih baik adalah dengan menghubungi ahli perawatan pendengaran atau audiolog untuk membantu memperoleh pendengaran Anda kembali.

Bagi penderita kelainan pada telinga yang pada akhirnya harus menanggung adanya gangguan pendengaran, maka penggunaan alat bantu dengar akan sangat membantu. Anda bisa menghubungi kami di sini, untuk mengetahui layanan profesional perawatan pendengaran. Secara cepat staf kami akan membantu Anda untuk membuat janji temu, melakukan tes pendengaran dan menemukan alat bantu dengar yang tepat untuk Anda.

Sumber : https://www.hearinghealthcarecenters.com/hearing-loss-articles/disorders-of-the-outer-ear-and-hearing-loss/

Please rate this

and share :