Alkohol menyebabkan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Fakta : Alkohol Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Alkohol tidak hanya dapat menyebabkan gangguan perkembangan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke, Namun alkohol ternyata juga dapat menempatkan Anda pada risiko mengembangkan gangguan pendengaran . Ingin tahu bagaimana alkohol dapat mempengaruhi pendengaran Anda? Begini caranya …

Efek pada otak  

Minum berlebihan merusak korteks pendengaran di otak dan mempengaruhi cara otak Anda memproses suara. Saraf pendengaran bertanggung jawab untuk mentransfer informasi pendengaran dari suara yang kita dengar di koklea telinga bagian dalam ke otak tempat mereka diterjemahkan. Jadi, meskipun telinga mungkin berfungsi dengan baik, otak mungkin tidak dapat memproses suara dengan benar.

Sebuah studi oleh para peneliti Jerman di University of Ulm menemukan bahwa minum berlebihan dalam jangka waktu lama merusak korteks pendengaran pusat, meningkatkan waktu yang diperlukan untuk memproses suara. Itu berarti Anda mungkin mengalami kesulitan mendengar orang yang berbicara dengan cepat, atau membedakan satu suara atau suara dari yang lain di lingkungan di mana ada banyak kebisingan latar belakang. Sehingga secara tidak langsung, Anda sudah mengalami gangguan pendengaran.

Efeknya di telinga

Minum berlebihan menyebabkan lingkungan beracun di telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam menampung sel-sel rambut kecil yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan suara yang dikumpulkan telinga Anda menjadi impuls elektronik yang dikirimkan telinga bagian dalam melalui saraf pendengaran ke otak. Toksisitas dibuat di telinga bagian dalam oleh kerusakan alkohol berlebihan dan menghancurkan sel-sel rambut, dan mereka tidak beregenerasi. Karena kerusakannya permanen, sehingga menimbulkan gangguan pendengaran. 

Sebuah penelitian terhadap orang dewasa muda di London mengungkapkan bahwa gangguan pendengaran yang terjadi akibat penggunaan alkohol dapat menyebabkan masalah dalam memahami suara frekuensi rendah. Kondisi ini juga dikenal sebagai “tuli koktail.” Meskipun pendengaran kembali normal di antara peserta studi setelah mereka berhenti minum, para peneliti berteori bahwa seringnya gangguan pendengaran akibat alkohol dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Merasa pusing?

Siapa pun yang memiliki pengalaman terlalu banyak minum selama akan tahu secara langsung bahwa minum alkohol dapat menciptakan masalah dengan keseimbangan Anda dan membuat Anda merasa pusing dan tidak nyaman. 

Menurut Asosiasi Gangguan Vestibular , alkohol mengubah volume dan komposisi cairan di telinga bagian dalam, yang dapat menyebabkan pusing dan ketidakseimbangan serta gangguan pendengaran.

Alkohol diserap ke dalam cairan telinga bagian dalam dan tetap di sana, bahkan setelah itu tidak lagi ada dalam darah dan otak. Karena telinga bagian dalam memantau keseimbangan, hal ini dapat menyebabkan vertigo bersamaan dengan disorientasi spasial. Inilah sebabnya mengapa orang-orang mengalami “putaran” setelah minum-minum di malam hari, dan kadang-kadang cukup bagi peminum yang suka bersenang-senang untuk menghilangkan alkohol selamanya. 

Seolah itu tidak cukup, pusing yang Anda alami ketika Anda sudah terlalu banyak minum alkohol dapat disertai dengan tinitus, atau dering di telinga . Tinnitus terjadi ketika alkohol menyebabkan pembuluh darah membengkak sehingga menghasilkan aliran darah yang lebih besar di dalam telinga bagian dalam. Meskipun kondisi ini tidak mengancam jiwa dan sering menghilang dalam beberapa jam, namun hal ini bisa sangat menjengkelkan.

Siap untuk berhenti?

Minum alkohol memengaruhi lebih dari sekadar kesehatan Anda sendiri. Pakar kesehatan percaya bahwa untuk setiap orang dengan masalah minum atau obat-obatan, setidaknya empat orang lainnya terkena dampaknya. Itu sebabnya banyak program perawatan melibatkan keluarga.  

Bahkan jika Anda tidak menyalahgunakan alkohol, mengurangi berat badan dapat meningkatkan kesehatan Anda dan membantu menjaga pendengaran yang Anda miliki. Jika Anda sudah memiliki gangguan pendengaran karena sebab apa pun, Anda dapat mengunjungi website kami di sini untuk menemukan profesional tepercaya di komunitas Anda.

 

Please rate this

and share :