aktivitas menarik
Gangguan Pendengaran

Beberapa Aktivitas Menarik Untuk Orang Dengan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Bagi orang yang menderita gangguan pendengaran, salah satu bagian tersulit dari penderitaan mereka adalah tantangan sosial yang ditimbulkannya. Banyak kegiatan sosial seperti pesta dan acara sosial dapat mengisolasi atau membuat frustasi bagi orang dengan gangguan pendengaran. Jika Anda mencoba merencanakan acara atau kegiatan untuk diri sendiri atau orang yang dicintai dengan gangguan pendengaran, pertimbangkan ide-ide berikut.

Beberapa Aktivitas Menarik di Museum

Dalam banyak hal, museum cocok untuk orang dengan masalah pendengaran. Lingkungan museum cenderung tenang dan diam, pameran yang diadakan di sana hampir selalu berbentuk visual, dan hampir semua informasi tambahan disajikan melalui teks. Museum seni, museum sejarah, dan museum sains semuanya adalah pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang kesulitan mendengar.

Kebun Binatang dan aquarium

Seperti museum, pergi ke kebun binatang dan akuarium bersama teman dan keluarga adalah kegiatan hebat bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran. Sebagian besar hewan yang diperlihatkan di kebun binatang memiliki kartu atau tanda cetak untuk penjelasan di depan setiap kandang atau tempat hewan tersebut, mempermudah orang-orang dengan gangguan pendengaran untuk mendapatkan informasi yang terbaik. Namun, beberapa kegiatan, seperti pertunjukan hewan secara langsung, mungkin tidak ideal, jadi pastikan Anda memilih kegiatan yang akan memiliki komponen visual yang kuat dengan penjelasan tertulis ketika berada di kebun binatang.

Pergi menonton film

Walaupun mengunjungi bioskop mungkin bukan pilihan yang tepat bagi seseorang yang memiliki masalah pendengaran, ini bukan masalahnya. Sebagian besar bioskop dan panggung modern memiliki alat bantu pendengaran bawaan, memungkinkan orang dengan masalah pendengaran untuk menikmati pertunjukan. Selain itu, beberapa film asing juga memiliki terjemahan, yang akan memudahkan orang dengan gangguan pendengaran untuk tetap dapat mengikuti cerita film tersebut, meskipun kurang mendengar suaranya.

Melihat pertandingan olahraga secara langsung

Jika Anda atau orang yang Anda cintai adalah penggemar olahraga, tidak ada alasan Anda tidak bisa menikmati pergi ke pertandingan. Olahraga langsung adalah cara terbaik untuk keluar dan melakukan sesuatu yang menyenangkan bahkan ketika Anda memiliki masalah pendengaran. Energi kerumunan dan kegairahan permainan terlihat jelas bahkan ketika pendengaran Anda terganggu. Anda mungkin memiliki lebih banyak kesulitan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda, tetapi sebagian besar pengalaman menonton olahraga di stadion terbukti sangat menyenangkan tidak peduli seberapa baik pendengaran Anda. Sebagian besar stadion besar juga menawarkan layanan penulisan teks atau bantuan pendengaran lainnya sehingga Anda dapat menikmati pengumuman dan komentar meskipun Anda tidak dapat mendengar dengan jelas .

Beberapa Aktivitas Menarik dan Hobi

Ketika Anda menderita gangguan pendengaran, Anda mungkin merasa sulit untuk menikmati beberapa hobi. Namun, ada banyak hobi dan kegiatan yang sama menyenangkannya meskipun ketika Anda memiliki masalah pendengaran. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil hobi baru atau menjelajahi hobi yang sudah ada, seperti:

  1.   Membaca dan menulis
  2.   Karya seni atau kerajinan
  3.   Olahraga individu (golf, bowling, berenang, yoga)
  4.   Scrapbooking
  5.   Meditasi
  6.   Fotografi

 

Dapatkan bantuan untuk pendengaran lebih baik

Jika Anda ingin saran atau bantuan untuk mengelola pendengaran Anda atau memanfaatkan kemampuan pendengaran Anda saat ini, hubungi kami hari ini di Alat Bantu Dengar Indonesia (ABDI) . Klinik audiologi kami akan membantu Anda memahami dan merespons tantangan pendengaran Anda saat ini. Hubungi 0800-100-2234 hari ini untuk menjadwalkan janji temu, atau kunjungi kami di website ini untuk mendapatkan saran lebih bermanfaat dari para staf dan ahli pendengaran kami sekarang juga.

Please rate this

and share :