anak dengan gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Tips Mempersiapkan Sekolah Bagi Anak dengan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Tahun ajaran baru yang telah datang, sering menjadi tantangan besar bagi para orangtua yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran. Banyak hal yang harus dipersiapkan orangtua untuk membuat anak dapat merasa nyaman dan diterima di sekolah barunya. Keberadaan alat bantu dengar juga menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak tersebut.

Agar gangguan pendengaran tidak menjadi sesuatu yang sulit, dan anak-anak Anda dapat menikmati sekolah tanpa hambatan. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan anak dengan gangguan pendengaran di bawah ini bisa menjadi rujukan penting bagi Anda.

Sebelum sekolah dimulai

Pertama dan yang paling penting, pastikan implan koklea anak Anda atau alat bantu dengar dalam kondisi yang baik. 

Ada juga beberapa hal yang dapat Anda diskusikan dengan staf sekolah untuk memastikan anak Anda mendapatkan  lingkungan belajar terbaik  di kelas yaitu:

  • Untuk memberi mereka waktu yang memadai untuk mengumpulkan peralatan yang diperlukan atau melatih anggota staf, beritahu guru anak Anda dan staf sekolah lainnya tentang kebutuhan pendengaran khusus anak Anda.
  • Pertimbangkan untuk bertemu dengan guru untuk menunjukkan bagaimana alat bantu dengar anak Anda bekerja.
  • Tanyakan tentang teknologi pendampingan pendengaran, seperti sistem FM, yang ditawarkan sekolah

Hal penting yang harus berada dalam tas

Selain perlengkapan sekolah yang biasa, Anda mungkin ingin memasukkan barang-barang ini ke dalam ransel anak Anda pada hari pertama sekolah:

  • Baterai ekstra untuk prosesor suara atau alat bantu dengar . Jika anak Anda lebih tua dan dapat menangani perawatan dasar, Anda mungkin juga ingin menyertakan alat pembersih kotoran telinga dan sikat pembersih. 
  • Perekat untuk menjaga prosesor suara atau alat bantu dengar pada tempatnya . Selama masa aktif seperti waktu istirahat atau berolahraga peralatan alat bantu dengar dapat mengalami guncangan, terjatuh dan rusak. Beberapa orang tua menggunakan selotip kain, pita rambut palsu atau lem tubuh agar alat tersebut tidak bergeser. Tetapi perangkat anak Anda mungkin sudah dilengkapi dengan  semacam klip yang dapat melekat pada tubuh. Juga, klip kabel yang memastikan bahwa jika prosesor jatuh, maka prosesor tersebut akan tetap melekat pada anak Anda alih-alih jatuh ke tanah.  
  • Buku catatan untuk catatan untuk diberikan ke guru atau staf sekolah lainnya.
  • pelindung keras dan berlabel untuk semua perlengkapan dengar.
  • Cheat sheet atau notecard untuk guru anak dengan informasi dasar tentang alat bantu dengar atau prosesor CI. 

Membiasakan diri dengan alat bantu dengar baru

Jika anak Anda relatif baru untuk alat bantu dengar, penting untuk membantunya memahami betapa pentingnya alat bantu dengar untuk sekolah. Adalah ide yang baik untuk meminta guru siswa Anda untuk membantu memantau apakah anak Anda juga mengenakan alat bantu dengar di sekolah.

Jika anak Anda kesulitan atau enggan untuk memakainya, bisa dimengerti: Mengenakan alat bantu dengar anak sepanjang hari membutuhkan penyesuaian besar, terutama untuk anak atau remaja yang harus berurusan dengan menatap dan bertanya kepada anak-anak lain di sekolah. Akibatnya, anak Anda mungkin menolak memakai alat bantu dengar, setidaknya pada awalnya. Guru harus menyadari periode transisi, dan tahu bahwa anak Anda tidak hanya menyesuaikan diri dengan perasaan dan suara alat bantu dengar, tetapi juga reaksi dari teman sekelasnya. Penyedia perawatan pendengaran anak Anda, seperti audiolog, mungkin memiliki beberapa tips hebat untuk mengatasi masa penyesuaian ini.

Sekolah diharuskan membantu dalam banyak kasus

Orang tua bukan satu-satunya yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan anak dengan gangguan pendengaran memiliki kesempatan yang sama untuk belajar; sekolah juga memiliki tanggung jawab.  Untuk membantu anak Anda, guru harus dapat memeriksa fungsi alat bantu dengar atau pengolah suara selama hari sekolah. Ada beberapa jenis peralatan pengujian yang tersedia, jadi tanyakan kepada profesional kesehatan pendengaran Anda atau produsen implan koklea untuk mengetahui mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Stetoskop pengujian, misalnya, dapat digunakan untuk melihat apakah perangkat menerima dan mentransmisikan suara dengan memungkinkan guru mendengar suara yang dihasilkan perangkat. Guru juga harus tahu cara mengganti baterai dalam alat bantu dengar atau pengolah suara, jika anak Anda terlalu muda untuk melakukannya sendiri. .

Kegiatan ekstrakulikuler

Penting bagi anak Anda untuk terus menjalani kehidupan normal dengan alat bantu dengar. Dorong mereka untuk melanjutkan kegiatan olahraga atau ekstrakurikuler apa pun yang mereka sukai, termasuk kegiatan intensif seperti berenang dan sepak bola.

Berikan wadah untuk menyimpan alat bantu dengar mereka, seperti loop olahraga, penjaga percikan dan wadah pengeringan. Diskusikan dengan pelatih anak Anda tentang gangguan pendengarannya dan meminta mereka membantu anak Anda merawat alat bantu dengar, jika perlu.

Antisipasi  bullying untuk anak pengguna alat bantu dengar

Anak Anda mungkin akan peka terhadap gangguan pendengarannya, dan sadar akan betapa pentingnya alat bantu dengar bagi orang-orang di sekitarnya. Dia mungkin merasa seperti semua orang menatapnya, dan apakah itu benar atau tidak, dia harus bisa merasa nyaman dengan alat bantu dengar barunya. Minta para guru untuk waspada terhadap bullying dan penindasan dari siswa lain.

Jika suatu masalah terjadi, cobalah untuk mengatur pertemuan dengan orang tua siswa yang mengintimidasi. Kemungkinannya adalah mereka tidak menyadari perilaku anak mereka dan mereka bahkan mungkin memiliki seseorang dalam keluarga mereka yang juga menderita gangguan pendengaran . Memberi tahu seorang anak bahwa orang yang dicintai memiliki kondisi yang sama dapat membuat mereka menyadari bahaya perilaku mereka.

Sekolah bisa menjadi tempat yang menakutkan bagi anak mana pun, anak harus mengikuti harapan guru dan tekanan untuk menyesuaikan diri dengan teman sekelasnya. Kehilangan pendengaran menambah lapisan kompleksitas tersebut, sehingga anak Anda membutuhkan Anda dan guru sekolah untuk membantu memudahkan masa transisi itu sebanyak mungkin.

Please rate this

and share :