tinnitus
Tinnitus

Tips Meringankan Gejala Tinnitus Secara Tepat

No ratings yet.

Ketika Anda hidup dengan tinnitus, deringnya dapat mulai memengaruhi setiap aspek kualitas hidup Anda. Pada awalnya, hal tersebut biasanya hanya terkesan seperti gangguan yang tidak perlu dikhawatirkan dan dapat dengan mudah diabaikan. Tetapi ketika suaranya tidak hilang, banyak penderita dengan cepat menemukan diri mereka terjebak dalam lingkaran setan. Panik dan kecemasan meningkat, yang pada gilirannya dapat membuat tinnitus semakin keras. Tiba-tiba, lebih sulit untuk tertidur, dan kurang tidur membuatnya lebih keras, dan lebih sulit untuk fokus saat Anda bangun.

Tapi saat ini Anda bisa sedikit bernafas lega. Ada harapan bahwa mengurangi  gejala tinnitus sepenuhnya dapat terjadi. Anda dapat terbiasa dan sampai ke tempat di mana ia berhenti mengganggu Anda sepenuhnya, dimana otak Anda hanya berhenti memperhatikan suara.  Beberapa tips cerdas di bawah ini akan membantu mengatasi tinitus dan dapat meningkatkan kesejahteraan Anda.

  1. Gunakan penyumbat telinga high fidelity (musisi):

Setiap orang harus selalu melindungi telinga mereka di lingkungan yang keras, tetapi ketika Anda hidup dengan tinnitus atau gangguan pendengaran, sangat penting untuk melindungi pendengaran yang Anda tinggalkan. Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dapat mengubah atau memperburuk tinnitus secara besar-besaran.

Masalahnya adalah banyak penyumbat telinga membuat Anda sulit menikmati diri sendiri di lingkungan tertentu karena mereka meredam dan mengubah suara yang Anda dengar. Menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin untuk melakukan percakapan, menikmati musik, atau memiliki kesadaran tentang lingkungan Anda.

Penyumbat telinga high fidelity (juga dikenal sebagai penyumbat telinga musisi) menyelesaikan masalah ini sepenuhnya. Alih-alih hanya menyerap atau memblokir suara sebanyak mungkin, yang merupakan kasus dengan penyumbat telinga tradisional, filter khusus digunakan untuk mengurangi tingkat desibel di sekitar Anda secara merata. Dengan cara ini, Anda masih dapat menikmati musik, melakukan percakapan, dan mempertahankan kesadaran situasional, hanya pada volume yang lebih rendah.

TIP PRO:  Kebanyakan penyumbat telinga berkualitas tinggi dilengkapi dengan tas jinjing. Simpan satu set pada gantungan kunci Anda sehingga Anda  dapat membawanya setiap saat. Aturan praktis pemakaian earplug adalah dengan menempatkannya di telinga Anda kapan saja Anda berpikir, suara yang Anda dengar  terlalu keras. Bahkan jika suara tersebut sebenarnya bukan tingkat desibel yang berbahaya . Lebih baik Anda merasa aman daripada menyesal.

  1. Sediakan selalu tas medis darurat:

Bagi banyak penderita, salah satu aspek yang lebih sulit dari hidup dengan tinnitus adalah perasaan takut yang konstan. Ketika tinitus Anda bisa melonjak kapan saja, tentu saja Anda merasa takut — seperti Anda selalu menunggu bom waktu.

Salah satu cara yang bermanfaat untuk mengatasi rasa takut ini adalah dengan mengemas tas medis dan menyimpannya setiap kali Anda meninggalkan rumah. Idenya di sini sederhana: Luangkan waktu beberapa menit untuk memikirkan masalah-masalah terkait tinnitus yang berbeda yang dapat terjadi saat Anda keluar dan tentang dan kemaslah tas dengan semua persediaan yang mungkin Anda perlukan untuk menghadapi salah satu tantangan potensial ini.

Dalam hal tinitus, tas medis Anda mungkin berisi hal-hal seperti obat-obatan, suplemen, penyumbat telinga, headphone, minuman / makanan / makanan ringan, alat bantu dengar, pelindung telinga atau daftar kontak darurat.

Dengan cara ini, jika ada yang salah, Anda akan lebih percaya diri dapat mengatasi masalah saat terjadi, yang akan membantu mengurangi sebagian rasa takut.

  1. Tetaplah menikmati hal positif sekecil apapun

Pernahkah Anda memperhatikan setelah cedera yang Anda rasakan Anda cenderung terus-menerus menekan, dan memeriksa untuk melihat seberapa sakitnya cedera tersebut?

Kebanyakan orang cenderung berfokus pada rasa sakit dan ketidaknyamanan dengan intensitas yang jarang terlihat di tempat lain dalam kehidupan mereka. Tetapi kita tidak hanya melakukan ini dengan rasa sakit fisik. Kami melakukan ini dengan masalah kesehatan lainnya juga, dan tinnitus tidak terkecuali.

Ketika kita menderita, sangat mudah untuk terjebak dalam lingkaran pemikiran negatif dan perenungan. Bahkan ketika kita membuat kemajuan berarti dalam meningkatkan tinitus kita,  kemunduran masih terjadi . Dan ketika mereka melakukannya, seringkali hanya itu yang bisa kita pikirkan. Gangguan kecil bahkan dapat benar-benar merusak hari yang hebat di benak penderita tinnitus.

Tetapi Anda dapat mengatasi kekurangan mental ini dengan latihan menulis jurnal sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah menghabiskan beberapa menit setiap malam untuk menuliskan daftar kemenangan kecil dan sedikit kemenangan yang Anda klaim atas tinitus Anda pada siang hari.

Kemenangan kecil bukan hanya saat tinnitus Anda mereda, meskipun begitu juga. Kemenangan kecil bisa sesederhana menggunakan alat mengatasi ketika tinitus Anda mengganggu Anda, bahkan jika itu tidak memberikan kelegaan yang Anda harapkan. Ini masih merupakan hasil yang lebih baik daripada alternatif perenungan dan mengasihani diri sendiri.

Setiap saat di mana Anda telah mengklaim beberapa kemenangan kecil atas tinitus Anda berarti. Dan dengan menuliskannya setiap malam sebelum tidur, Anda akan meningkatkan pola pikir Anda dan tetap lebih fokus pada kesuksesan Anda, bukan hanya kemunduran dan ketakutan.

Kesimpulannya

Tinnitus adalah kondisi kesehatan yang rumit, dan kami sepenuhnya memahami bahwa beberapa strategi penanggulangan diatas tentunya membutuhkan waktu untuk  memperbaiki masalah mendasar yang mencegah kondisi tinitus Anda bertambah parah . 

Mengadopsi pendekatan holistik untuk tinitus adalah penting. Dan perubahan kecil menjadi lebih baik dapat dengan cepat menambah hasil yang bermakna. Jika  Anda sudah bekerja keras untuk terbiasa, dengan tinitus kronis namun masih belum mencapai hasil yang memuaskan, Anda bisa menghubungi kami di sini untuk melakukan pendampingan dan melakukan terapi serta pemeriksaan secara seksama. Ingatlah bahwa tinitus dapat membawa pada penyakit berbahaya dan kondisi keterasingan sosial lainnya. Mengatasi tinitus sejak dini akan menjadi solusi untuk hidup sehat dan bahagia di kemudian hari.

Please rate this

and share :