penutup telinga
Gangguan Pendengaran

Tips Agar Menggunakan Penutup Telinga Terlihat Keren

No ratings yet.

Persepsi bahwa mengenakan penutup telinga tidak keren adalah masalah besar, terutama di dunia yang bising saat ini . Seperti diketahui bahwa paparan yang terlalu lama terhadap suara apa pun pada atau di atas 85 desibel (dB) dapat menyebabkan gangguan pendengaran secara bertahap.

Suara bising ini bisa didapat ketika tingkat lalu lintas kota sedang padat atau kafetaria sekolah pada saat jam makan siang. Pada 100 dB, tingkat konser rock atau acara olahraga yang keras, kerusakan bahkan dapat terjadi setelah satu menit kita terpapar. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Kita tentu saja tidak selalu bisa menghindari situasi yang bising di sekitar kita, tapi paling tidak,kita bisa menyelamatkan pendengaran kita dengan menggunakan earplug atau sumbat telinga yang bisa kita beli dengan harga  yang sangat terjangkau.

Masalahnya sekarang, banyak orang bahkan anak muda disekitar kita yang menganggap penggunaan earplug itu tidak keren dan mengganggu. Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa membuat memakai penutup telinga itu terlihat keren?. Mari kita lihat beberapa tips nya di bawah ini.

  1. Jadikan seseorang yang berpengaruh sebagai contoh

Semakin banyak musisi yang memakai penutup telinga dan menggembar-gemborkan manfaat memakainya di depan umum. Ini termasuk musisi rock alternatif seperti Chris Martin dari Coldplay dan ikon rock klasik seperti Eric Clapton. Pada sebuah konser Adele baru-baru ini, ia berusaha memuji anak-anak yang hadir yang menggunakan penutup telinga untuk perlindungan pendengaran. Jenis umpan balik positif dari orang yang berpengaruh ini akan membantu menurunkan stigma dan membangun kesadaran akan pentingnya sebuah earplug (sumbat telinga) untuk digunakan.

  1. Buatlah hal tersebut terlihat bagus

Sementara banyak orang mencari pilihan penutup telinga yang paling rahasia – kecil dan di dalam telinga – ide yang berlawanan juga bisa menyenangkan. Misalnya, beberapa toko penjual earplug justru menjual lampiran penyumbat telinga yang dapat disesuaikan yang membantu Anda mempersonalisasikan penyumbat telinga Anda. Dekorasi termasuk perhiasan yang sudah disesuaikan , warna warni pelangi, dan bunga atau gambar lain yang bisa dipadu dengan earplug agar terlihat indah di telinga dan tidak perlu disembunyikan.

  1. Mendidik anak sejak dini tentang pentingnya perlindungan pendengaran.

Kehilangan pendengaran tidak dipahami dengan baik dan seringkali tidak dianggap serius. Ini perlu diubah. Program pendidikan di sekolah dan melalui kantor dokter anak akan membantu mendidik orang tua dan anak-anak tentang pentingnya perlindungan pendengaran. Kebiasaan sehat dimulai sejak dini sehingga semakin cepat anak – anak terpapar informasi ini semakin baik. Pada saat mereka remaja, tekanan teman sebaya dan stigma menjadi semakin sulit diatasi. Kunjungi website-website yang memberi edukasi tentang pentingnya melindungi pendengaran,dan kita didik lingkungan terdekat kita untuk  memahaminya.

  1. Cobalah, dan jadilah contoh 

Terkadang sebuah gambar atau fakta yang terlihat akan bernilai ribuan kata. Hal yang sama dapat juga berlaku untuk sebuah earplug atau penutup telinga. Anda bisa menjadi sebuah contoh dengan menggunakannya ketika menghadiri sebuah konser, berolahraga di gym, atau ketika berada di tempat yang memiliki potensi suara bising lainnya. Dengan rutin menggunakan earplug, Anda akan membuat orang lain penasaran sekaligus terlihat keren dan ingin menggunakannya.

  1. Selalu membawa lebih untuk dibagikan sehingga orang dapat melihat manfaatnya.

Ketika seseorang harus membeli sebuah barang tanpa mencobanya terlebih dulu atau mengetahui manfaatnya, maka hal pertama yang terjadi adalah sebuah keengganan. Untuk mengatasi hal ini sekaligus memberikan edukasi, maka saat Anda menggunakan penutup telinga atau earplug, bawa pasangan ekstra untuk dibagikan kepada orang lain. Anda juga bisa menyarankan putra putri Anda yang beranjak remaja untuk melakukan hal yang sama, agar teman-teman mereka juga merasakan manfaat menggunakan earplug tersebut.

Catatan: Jika Anda sudah menduga Anda memiliki gangguan pendengaran, belum terlambat untuk mempertahankan pendengaran yang Anda tinggalkan dan meminimalkan kerusakan. Kunjungi klinik pendengaran di direktori kami yang dikelola oleh para profesional untuk mendapatkan tes dasar dan temukan solusi untuk mengobati gangguan pendengaran Anda.

Please rate this

and share :