Gangguan Pendengaran Konduktif Kronis Serta Dampaknya
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Konduktif Kronis Serta Dampaknya

5/5 (1)

Gangguan pendengaran konduktif kronis mungkin memiliki efek negatif yang berlangsung lama pada kemampuan pengenalan suara. Hal ini seperti yang disampaikan sebuah studi oleh para ilmuwan Harvard Medical School di Massachusetts Eye and Ear. Penelitian yang diterbitkan 6 September dalam jurnal Ear and Hearing, menunjukkan bahwa tidak mengobati infeksi dengan benar. Atau kondisi lain yang secara kronis mempengaruhi telinga tengah dapat menyebabkan defisit saraf dan kesulitan mendengar di lingkungan yang bising.

Gangguan Pendengaran Konduktif Kronis Dapat Memiliki Efek Negatif

Gangguan pendengaran konduktif  terjadi ketika transmisi suara dari saluran telinga ke telinga bagian dalam terganggu. Yang mengarah ke pengurangan tingkat suara dan ketidakmampuan untuk mendengar suara yang lembut. Gangguan pendengaran sensorineural , di sisi lain, terjadi di telinga bagian dalam ketika konversi getaran yang diinduksi suara menjadi sinyal listrik di saraf pendengaran terganggu.

Infeksi telinga tengah adalah penyebab paling umum dengan sekitar 75 persen mengalami satu atau lebih infeksi telinga sebelum usia 3 tahun. Infeksi ini dapat terulang kembali dan bertahan selama berbulan-bulan. Sehingga mengakibatkan kesulitan komunikasi yang dapat bertahan setelah penyakitnya sembuh.

Para peneliti juga menemukan bahwa pasien dengan gangguan pendengaran konduktif sedang hingga berat memiliki skor pengenalan suara yang lebih rendah di sisi yang terkena dibandingkan dengan sisi yang sehat. Bahkan ketika suara yang diperdengarkan cukup keras hingga terdengar jelas.

Penelitian Lebih Lanjut Memvalidasi Studi Sebelumnya 

Orang dengan gangguan pendengaran di satu telinga sering enggan untuk melakukan rehabilitasi atau perawatan. Karena mereka merasa masih dapat mengandalkan telinga lainnya yang lebih baik. Studi kami menunjukkan bahwa, tanpa pengobatan, persepsi bicara dapat memburuk dalam waktu cepat. 

Studi yang didanai oleh Institut Nasional NIH tentang Ketulian dan Gangguan Komunikasi Lainnya (hibah P50 DC015857). Membuat temuan yang sangat penting mengingat bahwa anak-anak dengan gangguan pendengaran asimetris memiliki tingkat kesulitan akademik, sosial dan perilaku yang lebih tinggi.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Jika anda mencurigai telah mengidap gangguan pendengaran konduktif kronis. Anda bisa segera melakukan langkah antisipasi agar pendengaran Anda menjadi lebih baik dan tidak kehilangan pendengaran Anda lainnya. Anda bisa menghubungi seorang audiolog atau ahli perawatan pendengaran kami di sini dan menjadwalkan janji temu sesegera mungkin untuk mengatasi hal tersebut.

Sumber : https://findhearing.com/chronic-conductive-hearing-loss-may-have-lasting-effects/

Please rate this

and share :