Masalah Pendengaran Dapat Meningkatkan Risiko Cedera
Gangguan Pendengaran

Masalah Pendengaran Dapat Meningkatkan Risiko Cedera

No ratings yet.

Penelitian terbaru dari  National Health Interview Survey menyebutkan bahwa, jika Anda mengalami masalah pendengaran, Anda mungkin berisiko lebih besar mengalami cedera yang tidak disengaja saat bekerja atau bermain.

Penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret tersebut bertujuan untuk mengetahui risiko terjadinya cedera yang tidak disengaja di kalangan orang dewasa yang dilakukan secara acak. Dari hasil penelitian, secara signifikan dapat diketahui bahwa risiko cedera tak sengaja dilaporkan oleh 2,8 persen orang dewasa selama periode tiga bulan. Kemungkinan cedera tersebut dua kali lebih mungkin terjadi diantara mereka yang mengalami masalah pendengaran.

Masalah Pendengaran dan Faktor Keamanan

Tingkat cedera kecelakaan meningkat dari 2% menjadi 5% pada mereka yang mengalami masalah pendengaran. Selain itu, tingkat cedera pada aktivitas luar ruangan  meningkat dari 0,8% menjadi 1,4 % pada orang dewasa tuli. Hal ini menunjukkan bahwa orang dengan gangguan pendengaran memiliki risiko lebih besar mengalami cedera. Umumnya cedera terjadi saat melakukan olahraga atau terlibat dalam kegiatan rekreasi lainnya, ketimbang saat berada di tempat kerja.

Lebih Banyak Penelitian yang Dibutuhkan

Dalam studi yang dilakukan pada bulan Januari, terdapat kesenjangan yang cukup besar bagi sebagian orang dengan masalah pendengaran. Orang-orang lebih memperdulikan masalah kesehatan yang lain seperti masalah penyakit jantung, kanker atau masalah neurologis. Mereka cenderung mengabaikan masalah pendengaran tanpa menyadari bahwa masalah yang diabaikan sama berbahayanya dan dapat mengancam keselamatan jiwa.

Tingginya angka yang menunjukkan risiko cedera di tempat kerja akibat masalah pendengaran ini bisa jadi diawali dari kurangnya kesadaran. Banyak orang menganggap gangguan pendengaran hanyalah masalah sosial yang mereka miliki. Padahal masalah pendengaran adalah kondisi yang dapat mendatangkan risiko kesehatan yang sebenarnya.

Banyak orang yang mengalami masalah pendengaran namun mereka tidak dievaluasi dengan benar. Dengan adanya penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara masalah pendengaran dengan meningkatnya risiko cedera. Maka sudah saatnya untuk meningkatan kesadaran diri bahwa masalah pendengaran harus segera diatasi karena dapat berakibat pada timbulnya cedera di tempat kerja.

Cara Mengurangi  Faktor Risiko Cedera yang Tidak Disengaja

Memperbaiki pendengaran Anda tidak hanya akan membantu mengurangi risiko cedera dan jatuh karena kecelakaan. Tetapi juga dapat meningkatkan hubungan dan kualitas hidup Anda. Jika Anda merasa mungkin mengalami masalah pendengaran, kunjungi website kami di sini untuk mencari profesional kesehatan pendengaran di daerah Anda.

Please rate this

and share :