kehilangan pendengaran
Gangguan Pendengaran

5 Mitos Salah Tentang Kehilangan Pendengaran

No ratings yet.

Sangat mudah untuk berpikir bahwa gangguan pendengaran adalah bagian normal dari siklus hidup manusia dan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu sampai Anda melewati usia pensiun, tetapi hal itu adalah kesalahpahaman umum. Sekitar 15% dari semua orang dewasa di dunia menderita beberapa jenis masalah pendengaran, apakah itu tinnitus, gangguan pendengaran, atau hanya kesulitan mendengar suara-suara tertentu. Kehilangan pendengaran lebih dari sekadar masalah telinga dan mempengaruhi hidup Anda dengan berbagai cara. Artikel di bawah ini menjelaskan  5 mitos paling umum tentang kehilangan pendengaran yang salah dan banyak dipercaya dalam masyarakat.

 

Gangguan pendengaran adalah proses alami yang tidak dapat dihindari

Kehilangan pendengaran sama seperti kondisi fisik lainnya: ia memiliki penyebab, baik genetik maupun lingkungan. Penyebab paling umum dari gangguan pendengaran adalah paparan suara keras di tempat kerja dan di konser, tetapi ada penyebab yang kurang diketahui juga, seperti merokok, obat-obatan tertentu, dan penyakit yang hadir dengan demam tinggi. Meskipun gangguan pendengaran tidak dapat disembuhkan seperti sediakala, namun hal ini tentu saja dapat dicegah dan pendengaran yang mengalami gangguan  masih dapat ditingkatkan.

 

Gangguan pendengaran hanya terjadi pada orang tua

Meskipun benar bahwa jumlah gangguan pendengaran terbesar terjadi pada kelompok usia 60-69 tahun, namun hal itu tidak berarti kelompok usia lain tidak terpengaruh. Menurut CDC, gangguan pendengaran adalah kondisi fisik kronis ke-3 paling umum di AS, dua kali lebih sering daripada diabetes dan kanker. Dari tahun 2001-2008, diperkirakan bahwa 48 juta orang Amerika di atas usia 12 mengalami gangguan pendengaran di setidaknya satu telinga. Juga ditunjukkan bahwa 21% orang dewasa di atas 18 tahun mengalami kesulitan mendengar di lingkungan dengan kebisingan latar belakang, dan sekitar 1 dari setiap 500 anak dilahirkan dengan beberapa tingkat gangguan pendengaran.

 

Gangguan pendengaran tidak berdampak pada kesehatan

Hal ini tentu saja salah. Kehilangan pendengaran mempengaruhi lebih dari sekedar telinga Anda. Studi telah menunjukkan bahwa gangguan pendengaran yang tidak diobati, bahkan kasus ringan, dapat berkontribusi terhadap penurunan kognitif dan dapat menjadi indikator awal untuk Alzheimer. Kehilangan pendengaran juga berbagi korelasi dengan risiko lebih tinggi untuk hipertensi, kehilangan keseimbangan, dan depresi, dan dua kali lebih umum pada orang yang didiagnosis menderita diabetes.

 

Menggunakan alat bantu dengar dapat memulihkan pendengaran 100%

Banyak orang percaya alat bantu dengar dapat segera mengembalikan pendengaran mereka kembali seperti semula. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Mereka adalah alat bantu yang dapat meningkatkan pendengaran Anda, tetapi mereka tidak dapat sepenuhnya memulihkan pendengaran Anda yang hilang. Itulah mengapa penting untuk membuat janji temu secara rutin dengan audiolog Anda untuk menangkap gangguan pendengaran sedini mungkin dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi pendengaran Anda.

 

Saya dapat berhemat dengan memesan alat bantu dengar secara online

Walaupun alat bantu dengar bisa mahal, memesannya secara online sebenarnya bisa menghabiskan lebih banyak uang dalam jangka panjang. Alat bantu dengar yang sebenarnya adalah satu langkah dari sebuah proses; proses awalnya adalah mendiagnosis gangguan pendengaran spesifik Anda dan memprogram perangkat untuk memenuhi kebutuhan Anda di setiap lingkungan adalah langkah pertama yang akan dilakukan oleh audiolog Anda untuk menyesuaikan alat bantu dengar Anda.

 

Ingatlah bahwa mengatasi gangguan pendengaran Anda adalah sebuah perjalanan, bukan satu peristiwa. Karena pendengaran Anda berubah dari waktu ke waktu dan otak Anda menyesuaikan diri dengan suara yang mungkin tidak pernah Anda dengar selama bertahun-tahun, Anda perlu mengunjungi audiolog Anda untuk melanjutkan penyesuaian program pemrograman alat bantu dengar Anda. Ketika audiolog dapat bekerja dengan pasien sebagai peserta aktif dalam proses pemilihan teknologi serta perawatan jangka panjang, pasien dipastikan mendapatkan hasil terbaik. Dalam banyak kasus, membeli alat bantu dengar online dan melewatkan perawatan diagnostik dan klinis yang sedang berlangsung dari audiolog akan menghasilkan biaya perawatan yang lebih tinggi secara keseluruhan.

 

Hubungi ABDI

Di ABDI, tim audiolog kami berdedikasi untuk menghilangkan kebingungan dan ketidakpastian dari pertanyaan Anda tentang gangguan pendengaran. Kami dapat memberi Anda alat dan perlengkapan yang Anda butuhkan untuk mendengar lebih baik, memaksimalkannya dan memberi Anda kualitas hidup yang lebih tinggi. Hubungi kami hari ini di 0800-100-2234 atau jadwalkan janji temu secara

Please rate this

and share :