solusi gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Tips Untuk Orang Dengan Gangguan Pendengaran Mencari Solusi

No ratings yet.

Apakah Anda memiliki anggota keluarga yang tidak akan menerima kenyataan bahwa mereka membutuhkan bantuan pendengaran?

Ketika pasangan, orang tua, atau teman Anda mengalami gangguan pendengaran, bisa jadi Anda yang mengalami banyak stres. Banyak orang dengan gangguan pendengaran merasa puas dan membiarkan pendengaran mereka memudar selama bertahun-tahun sebelum mencari bantuan. Namun, berurusan dengan kehilangan pendengaran orang yang dicintai dapat menguji kesabaran Anda dan membuat hidup normal menjadi sulit. Mungkin sudah saatnya untuk mulai mendorong orang yang Anda cintai untuk mencari solusi gangguan pendengaran mereka.

 

Mengapa mengobati gangguan pendengaran itu penting?

Kehilangan pendengaran relatif umum, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. CDC memperkirakan bahwa sekitar 15% dari populasi orang dewasa AS menderita beberapa bentuk gangguan pendengaran. Namun, kurang dari 30% penderita gangguan pendengaran pernah menggunakan alat bantu dengar atau mencari solusi gangguan pendengaran mereka. Dengan kata lain, jutaan orang dengan gangguan pendengaran yang tidak dirawat tinggal di AS saja.

 

Ini buruk karena beberapa alasan, karena gangguan pendengaran yang tidak diobati memiliki banyak efek samping negatif. Bahkan gangguan pendengaran secara bertahap dapat menyebabkan masalah mental dan fisiologis utama. Beberapa yang paling umum adalah:

  • Depresi
  • Perubahan suasana hati dan lekas marah
  • Kehilangan ingatan
  • Peningkatan risiko demensia
  • Kehilangan keseimbangan dan peningkatan risiko vertigo

sebagai solusi, mencari pengobatan dapat secara signifikan mengurangi atau menghilangkan resiko ini. Orang-orang yang mencari perawatan pendengaran melaporkan mampu berpikir lebih jernih, merasa lebih bahagia dan lebih berenergi, serta lebih terlibat dengan orang-orang yang mereka cintai dan keluarga.

 

Bagaimana cara mendorong seseorang untuk mendapatkan bantuan

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara berbicara dengan anggota keluarga Anda tentang kehilangan pendengaran mereka, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu percakapan berjalan dengan baik.

Pertama, Anda harus berbicara tentang bagaimana gangguan pendengaran mereka mempengaruhi hubungan Anda dengan mereka. Banyak orang merasa menjadi “pendengaran” anggota hubungan itu membuat stres dan melelahkan. Jika Anda dapat menggambarkan bagaimana gangguan pendengaran mereka membuat Anda merasakan atau menunjukkan kepada mereka apa efeknya terhadap Anda, mungkin membantu meyakinkan mereka bahwa mereka harus mencari solusi gangguan pendengaran.

Taktik bagus lainnya adalah menunjukkan contoh dari apa yang tidak mereka dengar ketika Anda bersama. Misalnya, jika Anda menonton film, bercakap-cakap atau bahkan berjalan di luar, tunjukkan apa yang dapat Anda dengar dan tanyakan apakah mereka juga dapat mendengarnya. Namun, jangan menyinggung atau memaksa dengan taktik ini. Melakukannya terlalu sering atau terlalu merendahkan bisa membuat orang yang Anda sayangi menarik diri atau membuat dendam. Sebagai gantinya, cukup tunjukkan hal-hal yang menurut Anda akan mereka dengarkan untuk membantu mendorong mereka ke arah yang benar.

Bersamaan dengan menunjukkan contoh-contoh tentang apa yang hilang dari mereka, juga membantu untuk menjauh dari peran sebagai “telinga” dalam hubungan Anda. Banyak orang dengan gangguan pendengaran mengharapkan orang lain yang secara signifikan untuk membantu dari gangguan pendengaran mereka. Dengan menjauh dari peran itu, Anda dapat menunjukkan kepada orang yang Anda cintai betapa mereka benar-benar bergantung pada bantuan dari luar untuk dapat mendengar dan memahami. Bahkan perubahan sederhana, seperti menunjukkan secara langsung ketika Anda membantu mereka mendengar sesuatu, dapat membuat poin Anda jelas.

Banyak orang menghindari alat bantu dengar karena kesombongan atau karena mereka pikir mereka masih bisa mendengar dengan cukup baik. Bicarakan dengan mereka tentang apa yang hilang dari mereka, dan yakinkan mereka bahwa alat bantu dengar tidak akan menjadi negatif. Bahkan, alat bantu dengar akan membantu mereka lebih tajam dan lebih terlibat dalam kehidupan daripada jika mereka tidak memakainya.

 

Beberapa hal yang harus Anda hindari untuk dilakukan dan diucapkan

Seiring dengan dorongan di atas, Anda juga harus menghindari melakukan apa pun yang dapat membuat orang yang Anda cintai menjadi lebih defensif tentang pendengaran mereka.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah marah atau menyalahkan pasangannya ketika mereka menolak untuk mendapatkan bantuan pendengaran. Sayangnya, menyalahkan hanya akan membuat mereka cenderung enggan mencari bantuan. Kebanyakan orang membutuhkan dukungan untuk membuat perubahan dalam hidup mereka yang mereka tidak yakin. Sebaliknya, sebuah argumen akan membuat mereka merasa seperti musuh Anda.

Kesalahan umum lainnya adalah mencoba menggunakan fitur dan titik penjualan alat bantu dengar untuk meyakinkan seseorang untuk mencobanya. Dan sementara fitur-fitur seperti konektivitas Bluetooth, pembersihan yang mudah dan suara multi-channel sangat bagus, mereka seringkali tidak cukup untuk membuat seseorang masuk untuk tes pendengaran. Kebanyakan orang tidak peduli dengan fitur untuk perangkat yang mereka pikir tidak mereka butuhkan. Sebagai gantinya, cobalah meyakinkan mereka bahwa alat bantu dengar akan menjadi keuntungan pribadi. Misalnya, fokuslah pada bagaimana itu akan meningkatkan hubungan atau suasana hati mereka.

Akhirnya, jangan biarkan orang yang Anda cintai tetap hidup tanpa alat bantu dengar. Jangan terlalu tegas untuk mengingatkan gangguan pendengaran mereka, tetapi lakukan tindakan yang lebih baik dengan berperilaku seperti biasa dan membuat mereka sadar bahwa masalah pendengaran mereka adalah masalah mereka, bukan masalah orang lain.

Jika Anda tidak yakin ke mana harus mencari bantuan pendengaran, Anda harus mencari audiolog berlisensi seperti yang ada di ABDI. Seorang audiolog memiliki pelatihan dan pengalaman untuk mendiagnosis berbagai masalah pendengaran dan merekomendasikan solusi yang tepat. Seorang audiolog akan memberikan layanan dan perawatan terbaik untuk masalah pendengaran Anda setiap saat.

Please rate this

and share :