Gangguan Pendengaran Pendengaran

4 Alasan Pentingnya Melakukan Tes Pendengaran

No ratings yet.

Banyak orang tidak menyadari bahwa lingkungan tempat mereka beraktivitas sehari-hari memiliki potensi untuk menurunkan kualitas pendengaran secara bertahap. Bengkel, pabrik, pembangunan gedung-gedung, pabrik furniture, jalan raya, dan lain sebagainya merupakan tempat dengan intensitas kebisingan yang cukup tinggi. Jika tidak berhati-hati, paparan kebisingan dalam jangka waktu yang lama tersebut dapat membuat indera pendengaran tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, diperlukan tes pemeriksaan pada indera pendengaran jika dirasakan sering terpapar polusi-polusi suara seperti di atas. Tes pendengaran berfungsi untuk menganalisa kemampuan telinga dalam menghantarkan suara atau bunyi sampai ke otak. Gelombang bunyi atau suara yang ditangkap oleh telinga diubah menjadi sinyal yang kemudian diteruskan menuju otak untuk diproses. Kurang lebih begitulah proses mendengar yang terjadi pada manusia. Pendengaran yang normal mampu mengirimkan sinyal suara dengan lancar dan tanpa hambatan. Sebaliknya, jika pendengaran kita bermasalah, maka sinyal suara yang terkirim bisa jadi tidak sampai ke otak karena ada masalah baik pada telinga bagian luar, bagian tengah, maupun bagian dalam. Agar Anda lebih berhati-hati terhadap kesehatan indera pendengaran, berikut ini adalah beberapa alasan yang perlu Anda ketahui mengenai pentingnya menjalani tes pendengaran.

  1.      Mencari tahu seberapa baik indera pendengaran Anda berfungsi

Dalam melakukan tes pendengaran, Anda tidak perlu menunggu sampai indera pendengaran tidak berfungsi sama sekali. Saat Anda merasa bahwa tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan karena Anda masih bisa mendengar suara atau bunyi apapun, ada kemungkinan sebenarnya indera pendengaran memiliki masalah namun Anda tidak menyadari proses terjadinya. Hal ini sangat sering terjadi hingga pada akhirnya banyak penderita gangguan pendengaran yang terlambat mendapatkan penanganannya karena mereka tidak kunjung memeriksakan pendengaran. Di Amerika Serikat, rata-rata orang yang memiliki gangguan dengar baru menggunakan alat bantu dengar setelah kurang lebih 7 tahun mengalami gangguan pendengaran. Padahal, terdapat pengaruh yang cukup besar terhadap gangguan pendengaran yang ditangani sejak dini dengan gangguan pendengaran yang terlambat penangannya.

  1.      Membantu mencari tahu jenis gangguan pendengaran yang Anda alami

Tes pendengaran yang dilakukan oleh seorang dokter THT akan membantu Anda mencari tahu apa yang terjadi pada telinga Anda dan apa penyebabnya. Setidaknya ada tiga jenis gangguan pendengaran dilihat dari penyebabnya, yakni gangguan pendengaran konduktif, sensorineural, dan campuran. Dokter akan membantu  Anda mengidentifikasi masalah gangguan pendengaran yang Anda alami untuk menentukan tindakan yang paling tepat terhadap masalah tersebut.

  1.      Mendapatkan data yang akurat dari dokter THT yang teruji

Konsultasi dengan seorang profesional seperti dokter THT yang profesional sangat diperlukan untuk mendapatkan diagnosa yang akurat. Jika memang diketahui bahwa pasien mengalami gangguan pendengaran, maka dokter akan memberitahu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebagai langkah selanjutnya terkait masalah gangguan pendengaran yang dihadapi.

  1.      Mendapatkan solusi yang tepat

Setelah mengetahui jenis gangguan pendengaran yang diderita, maka hal berikutnya yang dilakukan adalah mencari solusi. Dokter THT akan membantu dengan memberikan solusi yang paling tepat terhadap masalah pendengaran yang dialami pasien. Solusi yang tepat sangat dibutuhkan karena terdapat berbagai jenis gangguan pendengaran dan ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan sesuai dengan masalah pendengaran yang dialami. Diantaranya seperti penggunaan alat bantu dengar atau pemasangan implan koklea.

Secara garis besar, tes pendengaran penting dilakukan untuk menghindari dampak gangguan pendengaran yang lebih buruk di kemudian hari. Tes pendengaran yang dilakukan sejak awal dan penanganan yang tepat akan membantu Anda menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik, mengingat dampak gangguan pendengaran tidak hanya dapat membuat Anda kehilangan kemampuan untuk mendengar, melainkan juga penurunan kualitas hidup karena tidak lagi mampu berkomunikasi dengan baik, tidak mampu berinteraksi dengan orang-orang, lebih cepat marah dan frustrasi, yang akhirnya berujung pada depresi.

Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar tes pendengaran orang dewasa

Please rate this

and share :