membeli alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

7 Tips Membeli Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Ketika Anda membeli alat bantu dengar untuk pertama kalinya, penting untuk mencari tahu dan membandingkan berbagai produk terlebih dahulu sebelum Anda membeli. Berbagai kemampuan, fitur, dan desain dalam alat bantu dengar modern memberi Anda banyak pilihan – tetapi  sekaligus juga menjadikannya sulit untuk dipilih. Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan alat bantu dengar yang sempurna untuk kebutuhan Anda

 

Bawalah teman atau pendamping

Salah satu saran sederhana untuk membeli alat bantu dengar baru adalah membawa serta teman, anggota keluarga, atau orang lain yang Anda percayai. Memiliki orang kedua bersama Anda ketika Anda melihat model alat bantu dengar dapat menguntungkan Anda dalam beberapa cara: 

  • Mereka mungkin memikirkan pertanyaan untuk ditanyakan bahwa Anda tidak memikirkan diri sendiri
  • Mereka dapat menawarkan perspektif dan saran mereka sendiri
  • Anda tahu suara mereka & itu akan berfungsi sebagai titik referensi saat Anda mencoba alat bantu
  • Mereka bisa menjadi “juri yang adil” yang dapat memberikan pendapat tentang gaya dan hal-hal lain

Jika Anda memang memilih untuk membawa seseorang, pastikan mereka adalah seseorang yang Anda sukai. Juga, pastikan untuk melibatkan mereka dalam proses evaluasi – jangan hanya membawa mereka dan kemudian abaikan semua yang mereka katakan.

 

Kunjungi audiolog yang dapat dipercaya

Tidak semua audiolog dan penyedia alat bantu dengar sama. Untuk memastikan Anda mendapatkan jenis alat bantu dengar yang tepat untuk kebutuhan Anda dan bahwa Anda mendapatkan kesepakatan yang adil, Anda perlu menemukan penyedia alat bantu dengar yang dapat dipercaya, berpengalaman dan akan siap melayani alat bantu Anda. Tanyakan teman atau anggota keluarga apakah mereka memiliki rekomendasi untuk audiolog, atau periksa ulasan di situs web dan mesin pencari untuk melihat apa yang dikatakan pelanggan lain tentang penyedia yang diberikan.

 

Pahami gangguan pendengaran Anda

Salah satu kunci untuk menemukan alat bantu dengar yang tepat adalah mengetahui apa yang Anda bayar. Jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran yang berbeda mungkin memerlukan gaya atau jenis alat bantu dengar tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki gangguan pendengaran yang parah atau dalam, Anda mungkin memerlukan alat bantu dengar yang memberikan kemampuan ekstra. Cara terbaik untuk memahami jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda adalah dengan menguji pendengaran Anda oleh audiolog.

 

Ketahui apa yang Anda butuhkan

Memilih alat bantu dengar sebagian didasarkan pada kemampuan pendengaran Anda, tetapi juga tergantung pada kebutuhan dan gaya hidup Anda. Jika Anda adalah orang yang aktif yang sering berada di luar ruangan atau di lingkungan yang ramai, kebutuhan alat bantu dengar Anda akan sangat berbeda dari seseorang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah atau di tempat yang sunyi.

Anda juga harus memikirkan betapa pentingnya penampilan dan fungsi bagi Anda. Apakah Anda menginginkan alat bantu dengar di dalam saluran yang halus namun lebih rapuh atau Anda lebih suka daya yang lebih tinggi dan masa pakai baterai yang lebih lama dari model belakang telinga? Memahami berbagai jenis alat bantu dengar dan apa yang membedakan mereka dapat membuatnya lebih mudah untuk menemukan yang tepat untuk Anda.

 

Cobalah sebelum membeli

Sebagian besar audiolog dan penyedia alat bantu dengar akan memungkinkan Anda untuk melakukan “test-drive” alat bantu dengar sebelum Anda membelinya. Dengan menggunakan tip penerima sekali pakai, audiolog dapat membiarkan Anda memakai alat bantu dengar sebelum membelinya untuk melihat apakah Anda menyukai rasa dan kemampuan perangkat. Mirip seperti mengendarai mobil untuk menguji apakah Anda menyukainya. Adalah selalu ide yang baik untuk mencoba alat bantu dengar sebelum membelinya.

 

Latihlah otak Anda

Saat pertama kali mulai menggunakan alat bantu dengar, otak Anda tidak akan terbiasa dengan stimulasi ekstra yang diberikan perangkat. Bahkan, banyak pengguna alat bantu dengar baru tidak memakai alat bantu dengar mereka sebanyak yang seharusnya; mereka lelah karena mendengar semua suara “ekstra” yang mereka lewatkan karena gangguan pendengaran. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat berinvestasi dalam latihan pelatihan pendengaran yang membantu otak Anda merespons positif alat bantu dengar Anda. Pelatihan ini, yang juga disebut program habilitasi dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan mendengarkan yang baik dan mengatasi meningkatnya stimulasi dari penggunaan alat bantu dengar. 

 

Perhatikan masalah harga

Akhirnya, ketika Anda membeli alat bantu dengar, jangan lupa untuk mempertimbangkan harga perangkat. Alat bantu dengar tidak murah, dan umumnya tidak ditanggung oleh Medicare atau asuransi swasta. Penting untuk memahami layanan yang disertakan dengan harga alat bantu dengar Anda, dan mungkin juga ada pembiayaan dan opsi lain yang tersedia untuk pembeli yang memenuhi syarat.

 

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara mendapatkan alat bantu dengar yang sempurna? Siap membeli alat bantu dengar sendiri? Di ABDI kami siap membantu. Hubungi 0800-100-2234 hari ini, atau kunjungi kami di sini untuk mengetahui lebih banyak solusi, program dan tawaran menarik seputar gangguan pendengaran dan alat bantu dengar.

Please rate this

and share :