Anda Mengalami Gangguan Pendengaran? Segera Atasi Sedini Mungkin
Gangguan Pendengaran

Anda Mengalami Gangguan Pendengaran? Segera Atasi Sedini Mungkin

5/5 (4)

Umumnya gangguan pendengaran terjadi secara bertahap. Anda mungkin tidak menyadarinya selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Gangguan pendengaran terkait usia adalah salah satu kondisi paling umum yang mempengaruhi orang lanjut usia.

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa individu dengan gangguan pendengaran akan memiliki kualitas hidup yang baik jika mereka segera mengatasi masalah pendengaran yang dialami. 

Alasan Utama Untuk Mengatasi Gangguan Pendengaran Sedini Mungkin

Kesehatan dan keselamatan secara keseluruhan

Ada hubungan antara gangguan pendengaran dan penurunan kognitif, kehilangan jaringan otak, depresi, dan peningkatan risiko terjatuh. Semakin cepat Anda mengatasi gangguan pendengaran, semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan permanen pada jalur pendengaran di dalam otak.

Gunakan segera atau kehilangan selamanya

Ketika seseorang kehilangan pendengarannya, saraf dan bagian otak yang bertanggung jawab untuk mendengar mengalami atrofi, atau melemah. Hal ini karena kurangnya rangsangan suara. Sehingga membuat sistem pendengaran terbiasa tidak mendapatkan sinyal suara. Penggunaan alat bantu dengar pun akan menjadi lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk mengembalikan kemampuan mendengar yang sudah lama hilang.

Kelelahan

Hidup dengan masalah pendengaran yang tidak diatasi berarti kita membutuhkan usaha yang sangat keras untuk dapat mendengar setiap hari. Pada akhirnya, ini membuat banyak orang merasa lelah secara mental.

Hubungan

Masalah pendengaran yang tidak diatasi juga mempengaruhi hubungan dengan teman dan keluarga. Akan menjadi lebih sulit untuk berkomunikasi secara efektif jika Anda mengalami masalah pendengaran dan mengabaikannya. Orang yang Anda cintai juga mungkin akan merasa diabaikan. Dan pada saat yang sama, Anda akan merasa frustasi karena merasa lawan bicara hanya bergumam atau berbicara terlalu cepat. Mengatasi masala pendengaran dapat meningkatkan hubungan dengan memungkinkan kita menjadi lebih perhatian dan mudah bergaul dengan orang di sekitar.

Karir

Menurut penelitian, masalah pendengaran yang tidak diatasi dapat menurunkan penghasilan sebanyak $ 30.000 per tahun. Individu yang bekerja dengan masalah pendengaran hanya menghasilkan sekitar 25% dibandingkan dengan rekan mereka yang memiliki pendengaran normal.

Suara “Baru”

Dengan alat bantu dengar, banyak orang dapat mendengar kembali suara yang sudah tidak mereka dengar selama bertahun-tahun. Seperti suara anak-anak tertawa, kicau burung, dan banyak lagi. Dengan akses ke suara baru ini, Anda pasti akan merasa lebih bahagia.

Adaptasi yang cepat dari gangguan pendengaran 

Dibutuhkan waktu hingga empat bulan untuk menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat hal tersebut menjadi bagian dari rutinitas Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pendengaran Anda, kami dapat membantu menghubungkan Anda dengan profesional kesehatan pendengaran berpengalaman terdekat yang ada di kota Anda. Hubungi saja 0800-100-2234 atau klik di sini.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/06/when-to-treat-hearing-loss

Please rate this

and share :