Ketahui Cara Melindungi Sisa Pendengaran Anda
Solusi Masalah Pendengaran

Ketahui Cara Melindungi Sisa Pendengaran Anda

No ratings yet.

Bagaimana melindungi sisa pendengaran Anda? ‘Sisa pendengaran’ mengacu pada seberapa baik Anda dapat mendengar tanpa menggunakan alat bantu dengar.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, sisa pendengaran Anda, mengacu pada seberapa baik Anda dapat mendengar tanpa menggunakan alat bantu dengar. Meskipun saat ini mungkin Anda merasa tidak masalah sekarang dengan gangguan pendengaran Anda, sebenarnya Anda sedang berusaha sekuat tenaga melindungi sisa pendengaran sepanjang hidup.

Mengapa sisa pendengaran Anda penting?

Terutama karena alat bantu dengar tidak menyembuhkan gangguan pendengaran. Alat bantu dengar hanya memperkuat suara sesuai dengan gangguan pendengaran Anda, sehingga Anda dapat mendengarnya menggunakan sisa pendengaran Anda. Alat bantu dengar diprogram untuk pola unik gangguan pendengaran, misalnya apakah Anda memiliki gangguan pendengaran frekuensi tinggi atau frekuensi rendah.

“Semakin banyak pendengaran yang harus Anda gunakan untuk mendengar, semakin baik dan bagus juga alat bantu dengar Anda”, jelas Dr. Robert M. Ghent, Jr., audiolog riset dan manajer Laboratorium Pengujian Akustik Howard Leight untuk Produk Keselamatan Honeywell.

Bagaimana melindungi sisa pendengaran Anda

1. Gunakan alat bantu dengar

Mungkin butuh bertahun-tahun bagi Anda untuk akhirnya menggunakan alat bantu dengar, tetapi setelah membelinya, penting untuk benar-benar memakainya. Alat bantu dengar merangsang saraf pendengaran Anda dan membantu menjaga otak Anda dari “memindahkan” sel-sel otak ke aktivitas lain selain mendengar. Hilangnya aktivitas sel saraf dikenal sebagai deprivasi pendengaran dan itu bisa terjadi pada siapa saja, terutama orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran terkait dengan usia.

Sebaiknya Anda mengunjungi audiolog/ konsultan pendengaran untuk menyesuaikan pengaturan alat bantu dengar Anda, bahkan mungkin perlu beberapa kali percobaan.

konsultasi dengan audiolog/ konsultan pendengaran untuk memastikan bahwa perangkat Anda bekerja dengan baik. Dan jangan ragu untuk memberi tahu audiolog/ konsultan pendengaran jika Anda mengalami kesulitan menggunakan alat bantu dengar di lingkungan pendengaran tertentu.

Setelah pengaturan optimal, gunakan alat bantu dengar Anda sesering mungkin, usahakan untuk memakainya selama Anda terjaga. Jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan alat bantu dengar, Anda tidak hanya membuang-buang uang untuk investasi yang menguntungkan, tetapi juga gangguan pendengaran Anda kemungkinan besar akan mulai memburuk.

2. Kenakan dua alat bantu dengar

Meskipun Anda mungkin memiliki tingkat gangguan pendengaran yang berbeda di kedua telinga, audiolog/ konsultan pendengaran Anda akan merekomendasikan agar Anda mendapatkan dua alat bantu dengar, bukan satu. Inilah alasan utamanya:

  • Menggunakan dua alat bantu dengar memastikan bahwa Anda dapat mendengar semua yang ada di sekitar Anda, termasuk suara dari depan, belakang, dan kedua sisi, sehingga persepsi pendengaran Anda lebih natural.
  • Menggunakan dua alat bantu dengar memastikan Anda dapat mempertahankan sisa kemampuan mendengar Anda di telinga tanpa bantuan. Jika Anda hanya memakai satu alat bantu dengar, telinga tanpa bantuan tidak akan banyak mendengar suara. Stimulasi yang kurang dari saraf pendengaran untuk telinga itu sebenarnya akan memperburuk pendengaran yang masih Anda miliki di telinga itu dengan lebih cepat.
3. Kurangi paparan kebisingan sebanyak mungkin

Saat menggunakan alat bantu dengar, penting untuk memastikan bahwa Anda merawat pendengaran yang masih Anda miliki, dan itu berarti Anda harus membatasi paparan terhadap suara keras untuk mencegah gangguan pendengaran akibat kebisingan. Suara keras dapat merusak sel-sel rambut telinga bagian dalam, sehingga gangguan pendengaran Anda akan terus bertambah parah. Ini benar jika Anda mengalami gangguan pendengaran sensorineural atau gangguan pendengaran konduktif. Kebisingan dapat merusak saraf pendengaran.

Saat Anda di rumah, pastikan radio dan televisi disetel ke tingkat volume rendah. Dengan alat bantu dengar Anda, Anda seharusnya dapat mendengar dengan cukup baik tanpa merusak suaranya. Pendengaran Anda juga dapat rusak dengan menggunakan peralatan keras seperti mesin pemotong rumput, peniup daun atau gergaji listrik. Jika Anda menggunakan perangkat dengan suara keras, selalu gunakan penyumbat atau penutup telinga. Jika Anda berada di luar dan di tempat dengan musik keras, seperti konser atau produksi, selalu lindungi telinga Anda.

Dan jika Anda seorang musisi atau menonton pertunjukan langsung setiap minggu, pertimbangkan untuk memilih penyumbat telinga yang disesuaikan untuk melindungi pendengaran Anda sekaligus mendapatkan rentang suara dinamis penuh. Untuk pertunjukan di atas panggung, pertimbangkan monitor in-ear.

Jika Anda meminum obat resep untuk suatu penyakit, pastikan Anda berbicara dengan dokter tentang gangguan pendengaran Anda. Beberapa obat dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau menyebabkan tinnitus.

Makan makanan yang sehat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya vitamin dan mineral dapat meningkatkan aliran darah ke telinga bagian dalam, mengurangi jumlah radikal bebas dan mencegah hilangnya folikel rambut di telinga.

Merangsang otak Anda

Mempelajari alat musik sebenarnya dapat meningkatkan pendengaran, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLoS One. Para peneliti percaya bahwa memainkan alat musik berfokus pada keterampilan pendengaran, meningkatkan skor memori pendengaran dan dapat meningkatkan pendengaran di lingkungan yang bising. Anda juga dapat mencoba aplikasi pelatihan pendengaran, yang menyenangkan.

“Apa yang kita lakukan dengan waktu kita dan bagaimana kita melibatkan indera kita pemikiran kita tampaknya benar-benar membentuk kita menjadi orang dengan cara yang sangat mendasar — dengan cara yang memengaruhi cara kerja indera kita”, Nina Kraus, salah satu penulis studi dan direktur dari Auditory Neuroscience Laboratory Universitas Northwestern.

Mendapatkan bantuan

Jika Anda masih khawatir untuk mempertahankan sisa pendengaran Anda setelah menerima alat bantu dengar, bicarakan dengan audiolog/konsultan pendengaran Anda. Profesional kesehatan pendengaran dapat memberi Anda tips/rekomendasi yang dipersonalisasi untuk memastikan gangguan pendengaran Anda tidak terus memburuk. Temukan audiolog/konsultan pendengaran di dekat Anda.

 

Source:
https://www.healthyhearing.com/report/51492-Protecting-your-residual-hearing

Please rate this

and share :