Obesitas Dapat Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Obesitas Dapat Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menjadi salah satu penyebab gangguan pendengaran. Tentu, obesitas bukan hal yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa menurunkan berat badan tidak hanya baik untuk ukuran pinggang, tetapi juga mempengaruhi pendengaran.

Bagaimana hubungan antara obesitas dan gangguan pendengaran? dan bagaimana menjaga diri Anda agar tetap aman dari obesitas? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Obesitas Dapat Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran 

Telinga bagian dalam adalah instrumen yang kompleks dan sensitif. Ketika gelombang suara sampai di gendang telinga, ia akan mengirimkan getaran suara ke ribuan “sel rambut” kecil yang terdapat pada telinga bagian dalam. Sel-sel rambut ini akan bergerak sebagai respons terhadap getaran suara, dan gerakan inilah yang menciptakan sensasi suara di telinga. Kemudian, sel-sel saraf akan mengirimkan sensasi itu ke otak untuk kemudian dipahami sebagai ‘suara’.

Sayangnya, sel-sel ini tidak hanya peka terhadap suara. Mereka juga sangat peka pada beberapa hal lainnya serta membutuhkan banyak aliran darah dan oksigen untuk berfungsi sebaik mungkin. Jika rusak, sel rambut tidak dapat beregenerasi. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar bentuk gangguan pendengaran tidak membaik seiring waktu.

Obesitas dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sirkulasi darah lebih rendah, dan aliran oksigen ke sel-sel tubuh yang buruk. Semua faktor ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di telinga bagian dalam, yang dapat menyebabkan masalah pendengaran dan telinga berdenging.

Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti Diabetes Tipe 2, penyakit jantung, stroke dan semua kondisi ini juga memperburuk risiko gangguan pendengaran Anda. Singkatnya, jika Anda tidak mengelola berat badan dengan baik, pendengaran Anda jelas berisiko .

Cara Menjaga Telinga Tetap Aman

Untungnya, obesitas bukanlah kondisi permanen. Dengan strategi dan motivasi yang tepat, siapapun dapat terhindar dari obesitas. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan kembali kesehatan untuk tubuh dan telinga Anda.

Mengatur pola makan yang sehat adalah landasan untuk menurunkan berat badan dan melawan obesitas. Pastikan diet Anda mengandung campuran buah dan sayuran tinggi serat, lemak dan protein sehat, serta karbohidrat dan gula tingkat rendah. Jika Anda tidak yakin perubahan apa yang perlu Anda lakukan dalam diet Anda, bicarakan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran dan panduan.

Olahraga

Bagian penting lain dari penurunan berat badan adalah berolahraga. Latihan penting karena beberapa alasan:

  • Meningkatkan sirkulasi darah, membantu memperkuat jantung dan menurunkan tekanan darah.
  • Memperbaiki metabolisme dan membantu membakar kalori berlebih.
  • Menurunkan risiko penyakit atau kondisi yang terkait dengan obesitas seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan bahkan kanker.
  • Dapat membantu tingkat energi dan membuat Anda merasa lebih baik.

Ingatlah bahwa Anda tidak boleh memulai program olahraga tanpa nasihat dari dokter Anda, terutama jika Anda lebih tua atau Anda memiliki kondisi medis lainnya. Dalam banyak kasus yang terbaik adalah memulai dengan latihan berdampak rendah seperti berjalan kaki dan yoga.

Pelindung pendengaran

Jika Anda mengalami obesitas, telinga Anda berisiko lebih tinggi untuk kerusakan. Itu berarti Anda perlu mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga mereka agar tetap aman. Pastikan Anda memakai pelindung pendengaran seperti sumbat telinga atau penutup telinga setiap kali Anda terpapar kebisingan keras.

https://www.carolinahearingandtinnitus.com/hearing-loss-articles/being-overweight-can-impact-your-hearing/

Please rate this

and share :