MengapaSayaTidakBisaMenggunakanAlatBantuDengartipeInvisible in the Canal?
Alat Bantu Dengar

Mengapa Saya Tidak Bisa Menggunakan Alat Bantu Dengar tipe Invisible-in-the-Canal?

No ratings yet.

Ada beragam jenis alat bantu dengar yang tersedia di luar sana untuk berbagai kebutuhan pendengaran pasien. Ada alat bantu dengar reguler yang bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko yang tersedia, dan ada juga yang harus dibuat secara custom untuk disesuaikan dengan bentuk telinga penggunanya. Sayangnya, ternyata tidak semua orang bisa menggunakan alat bantu dengar custom.

Sebagai informasi, selama beberapa dekade Starkey Hearing Technologies telah menciptakan alat bantu dengar custom, jenis perangkat yang dipakai secara samar di dalam telinga (Invisible-in-the-Canal) dan bukan di belakang telinga seperti alat bantu dengar pada umumnya (Behind-The-Ear). Bahkan perusahaan Starkey dapat dikatakan sebagai produsen alat bantu dengar custom terbesar di dunia. Pada tahun 2010, keunggulan inilah yang mendorong Starkey untuk membuat alat bantu dengar yang tidak terlihat ketika dipakai yakni tipe Invisible-in-the-Canal  (IIC). Dapat dikatakan, Starkey adalah produsen alat bantu dengar pertama yang mengenalkan gaya alat bantu dengar populer ini ke pasaran. Didesain untuk digunakan jauh di dalam saluran telinga, ukurannya yang kecil dan posisinya yang terpisah membuat alat bantu dengar tipe IIC ini tidak terlihat ketika dipakai.

Selain ukurannya yang kecil dan tidak terlihat, ada banyak manfaat lain untuk jenis alat bantu dengar yang satu ini. Pertama, mikrofon yang berada jauh di dalam telinga menjaga resonansi alami dari saluran telinga dan mempertahankan kemampuan lokalisasi suara di pinna. Posisinya yang berada di dalam telinga juga memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon dengan mudah dan nyaman dengan hanya menempelkannya langsung ke telinga Anda.

Ukurannya yang kecil, keunggulannya dari segi estetika, dan kinerja yang unggul menjadikan IIC pilihan populer para pengguna alat bantu dengar di seluruh dunia.

Tipe IIC memang populer, tapi ternyata tidak selalu sesuai bagi sebagian orang

Sayangnya, tidak semua jenis alat bantu dengar dapat berfungsi dengan baik untuk semua gangguan pendengaran, termasuk  jenis IIC ini. Karena harus menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran saluran telinga, maka tidak jarang jika ternyata saluran telinga Anda tidak memungkinkan tipe IIC ini terpasang dengan benar di dalam telinga. Ukurannya yang terbilang begitu kecil juga bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi orang-orang yang bermasalah dengan keterampilan dalam memegang benda-benda kecil. Karena ukurannya yang sangat kecil, maka bentuk dan ukuran receiver-nya juga terbilang kecil sehingga suara yang dihasilkan tidak sekuat suara yang dihasilkan oleh  alat bantu dengar tipe Behind-the-Ear (BTE) yang terpasang di belakang telinga, sedangkan orang dengan gangguan pendengaran berat hingga sangat berat membutuhkan alat bantu dengar kekuatan yang besar untuk mengatasi masalah pendengaran mereka.

Profesional pendengaran dapat membantu Anda menentukan alat bantu dengar yang paling sesuai

Poin ini adalah alasan lainnya mengapa berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan pendengaran berlisensi itu penting.

Para profesional pendengaran memiliki pelatihan dan peralatan yang diperlukan untuk memeriksa telinga Anda, mengambil gambar dari dalam telinga Anda, menentukan tingkat dan jenis gangguan pendengaran yang Anda miliki, dan memberikan resep sebagai solusi pendengaran yang sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup Anda yang unik.

Membeli alat bantu dengar merupakan investasi penting untuk meningkatkan kualitas hidup, untuk dapat lancar berkomunikasi dengan orang-rang yang dicintai, dan dapat bekerja dengan baik terhadap sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawab kita. Bekerja sama dengan profesional pendengaran berlisensi untuk mencari tahu alat bantu dengar mana yang sesuai dan dapat dipercaya untuk melakukan perawatan komprehensif selanjutnya  akan membantu keberhasilan Anda dalam menggunakan alat bantu dengar, baik itu tipe BTE maupun tipe IIC.

Dapatkan gambaran tipe alat bantu dengar tipe BTE dan IIC yang ingin Anda konsultasikan dengan seorang profesional kesehatan pendengaran hanya di sini.

Please rate this

and share :