Penggunaan Alat Bantu Dengar Terbukti Meningkatkan Kualitas Hidup Anda
Alat Bantu Dengar

Penggunaan Alat Bantu Dengar Terbukti Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

5/5 (1)

Apakah selama ini Anda telah menunda-nunda untuk memeriksakan pendengaran Anda dan mendapatkan penanganan? Mungkin Anda melakukannya karena beranggapan bahwa tidak akan ada masalah yang berarti jika Anda mengabaikan gangguan pendengaran Anda, atau Anda tidak begitu yakin bahwa memakai alat bantu dengar akan membantu?

Jika demikian, mungkin survei yang dilakukan oleh WebMD dan sebuah perusahaan non-profit bernama Better Hearing Institute ini cukup menarik perhatian Anda. Dari peneilitian yang dilakukan keduanya, sebagian besar pengguna alat bantu dengar mengatakan bahwa kualitas hidup mereka meningkat secara signifikan karena alat bantu dengar.

WebMD adalah salah satu situs tepercaya dan direkomendasikan di internet. Baru-baru ini, WebMD melakukan survei terhadap pembeli alat bantu dengar dan profesional perawatan kesehatan yang secara rutin mendiagnosis gangguan pendengaran sebagai bagian dari praktik yang mereka lakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang dipikirkan oleh para pemakai alat bantu dengar tentang pembelian mereka, dan untuk melihat apakah dokter, audiolog dan profesional kesehatan pendengaran lainnya memperhatikan perbedaan pada pasien setelah memakai alat bantu dengar mereka.

Hasilnya, WebMD memastikan bahwa alat bantu dengar benar-benar meningkatkan kualitas hidup penggunanya.

  • Sebanyak 8 dari 10 orang yang membeli alat bantu dengar mengatakan bahwa kualitas hidup mereka meningkat sejak mereka memilih untuk membeli dan menggunakan alat bantu dengar.
  • 3 dari 4 orang mengatakan bahwa mereka menjadi lebih percaya diri ketika berada pada sebuah situasi sosial sejak memiliki alat bantu dengar.
  • 7 dari 10 orang mengatakan bahwa alat bantu dengar telah membantu meningkatkan hubungan mereka dengan orang-orang terdekatnya.

Selain beberapa temuan di atas, survei yang dilakukan oleh WebMD pada para profesional kesehatan juga menemukan bahwa:

  • Seluruh profesional kesehatan yang berpartisipasi dalam survei tersebut setuju bahwa alat bantu dengar telah meningkatkan kualitas hidup pasien mereka.
  • 98% dari mereka setuju bahwa pasien dengan gangguan pendengaran menjadi sangat terbantu oleh alat bantu dengar.
  • Sebanyak 9 dari 10 orang setuju bahwa alat bantu dengar juga memperbaiki kesehatan mental pasien dengan gangguan pendengaran.

Selain WebMD, perusahaan non profit bernama Better Hearing Institute juga melakukan penenlitian tentang gangguan pendengaran yang terdeteksi sejak dini. Menurut BHI, memeriksakan gangguan pendengaran sedini mungkin dapat membantu mempertahankan kualitas hidup Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan penangan sedini mungkin terhadap gangguan pendengaran Anda.

  1. Bisa menikmati hidup sepenuhnya: Orang-orang dengan gangguan pendengaran yang memakai alat bantu dengar mendapatkan lebih banyak kesenangan dalam melakukan berbagai hal, seperti ketika berolahraga dan bertemu dengan teman-temannya untuk bersosialisasi.
  2. Menjaga hubungan dan koneksi sosial: Kebanyakan orang yang saat ini memakai alat bantu dengar mengatakan bahwa alat bantu dengar tidak hanya membantu proses komunikasi mereka menjadi jauh lebih efektif hampir di setiap situasi, namun juga memberikan dampak positif terhadap hubungan dan kemampuan mereka ketika berpartisipasi dalam aktivitas sosial, sehingga rata-rata mereka pun cenderung memiliki jejaring sosial yang kuat.
  3. Menjadi lebih positif dan percaya diri: Penelitian BHI juga menunjukkan bahwa orang dengan gangguan pendengaran yang menggunakan alat bantu dengar lebih cenderung optimis dan merasa lebih terhubung dengan dunia di sekitarnya. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa mereka merasa lebih percaya karena menggunakan alat bantu dengar.
  4. Menjadi pribadi yang lebih aktif: Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan pendengaran yang menggunakan alat bantu dengar lebih mungkin untuk mengatasi masalahnya secara aktif. Sebagian besar penderita gangguan pendengaran di dunia kerja mengatakan bahwa alat bantu dengar sangat membantu kinerja mereka. Faktanya, penelitian BHI sebelumnya menemukan bahwa penggunaan alat bantu dengar mengurangi risiko kehilangan pendapatan sebanyak 90-100% bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran ringan, dan 65-77% bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran berat hingga sedang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa orang-orang dengan gangguan pendengaran yang dibiarkan saja berrisiko kehilangan pendapatan sebanyak $ 30.000 per tahun.
  5. Melindungi fungsi kognitif Anda, menjaga keseimbangan tubuh Anda, dan menjauhkan diri dari depresi: Sebuah studi dari Bloomberg School of Public Health di Johns Hopkins University menemukan bahwa alat bantu dengar dapat memperlambat penurunan kemampuan kognitif tyang disebabkan oleh gangguan pendengaran. Studi ini menemukan bahwa mereka yang tidak menggunakan alat bantu dengar akan mengalami penurunan ingatan dan kemampuan kognitif secara perlaha dalam jangka waktu 20 tahun.  Bahkan penelitian sebelumnya juga menemukan adanya keterkaitan antara gangguan pendengaran dengan demensia dan masalah kognitif.Sedangkan studi Johns Hopkins lainnya menunjukkan bahwa orang-orang di usia paruh baya (40-69 tahun) yang bahkan hanya mengalami gangguan pendengaran ringan, memiliki risiko untuk terjatuh tiga kali lipat lebih besar dibandingkan mereka yang memiliki pendengaran normal. Selain itu, sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa gangguan pendengaran dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi pada orang dewasa dari segala usia, terutama mereka yang berusia 18 hingga 69 tahun.

Sudah siapkah Anda untuk mengatasi gangguan pendengaran yang Anda miliki dan mulai menikmati kualitas hidup terbaik yang pantas Anda dapatkan? Jangan tunda lagi untuk menggunakan alat bantu dengar, Konsultasikan pendengaran Anda terlebih dahulu dengan para profesional kesehatan pendengaran di Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 di kota Anda.

Please rate this

and share :