Perlukah Melakukan Ear Candling Untuk Kesehatan Telinga?
Pendengaran

Perlukah Melakukan Ear Candling Untuk Kesehatan Telinga?

No ratings yet.

Selama ini kita mengetahui bahwa lilin dapat berfungsi untuk mengatur suasana hati melalui aroma teraphy nya. Selain itu juga mengeluarkan aroma yang menyenangkan, bahkan menjadi alat penerang ketika lampu padam. Tetapi menempatkan lilin di telinga sebagai alat pembersih, apakah efisien dan aman?

Mengeluarkan kotoran telinga atau mengobati infeksi sinus melalui praktik ear candle yang populer saat ini ternyata sangat berbahaya dan tidak efektif. Inilah mengapa profesional kesehatan memperingatkan Anda agar tidak melakukannya. Ingin tahu mengapa? Mari kita lihat faktanya di bawah ini.

Apa Itu Ear Candling

Meskipun tidak ada yang yakin kapan bentuk terapi alternatif ini dimulai, beberapa studi  menemukan bahwa asal-usul dari paktek ear candling ini adalah suku Indian Hopi. Mereka memiliki kepercayaan terhadap penyembuhan spiritual mereka. Praktik ear candling ini melibatkan penempatan ujung lilin berongga 10 inci yang meruncing ke telinga seseorang, lalu menyalakan ujung lainnya. Praktisi percaya bahwa nyala api menciptakan daya hisap yang dapat menarik kotoran dari telinga bagian dalam.

Para praktisi ear candle ini percaya bahwa bagian-bagian di kepala semuanya terhubung dengan telinga. Sehingga membersihkan saluran telinga dari lilin membuat kepala Anda juga ikut bersih dan sehat. Selain menghilangkan rasa sakit dan tekanan pada sinus, para praktisi mengatakan praktik ini dapat mengobati semua gangguan di bagian kepala. Mulai dari tinitus, gangguan sendi temporomandibular (TMJ) hingga Swimmer’s ear dan penyakit Meniere. Teknik ini juga dikenal sebagai terapi auricular termal dan coning telinga. Namun sebenarnya tidak ada studi ilmiah yang mendukung klaim mereka.

Dampak Ear Candling Pada Kesehatan Telinga

Ahli kesehatan berhati-hati terhadap ear candling karena beberapa alasan:

Cedera pada telinga bagian dalam dan luar

Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan Pembaruan Kesehatan Konsumen mengenai ear candle. Memperingatkan konsumen bahwa lilin telinga dapat menyebabkan cedera serius bahkan ketika digunakan sesuai dengan instruksi pabrik. Termasuk luka bakar pada wajah, saluran telinga, gendang telinga dan telinga tengah, cedera pada telinga karena tetesan lilin, telinga ditancapkan dengan lilin lilin dan tusukan gendang telinga.

Penelitian mengungkapkan bahwa ear candling tidak bermanfaat

Eric Mann, MD, Ph.D., wakil direktur klinis Divisi FDA of Ophthalmic, Neurological and Ear, Nose and Throat Devices, mengatakan, “FDA percaya tidak ada bukti ilmiah yang valid untuk setiap manfaat medis dari penggunaannya.” Charles W. Beatty, MD, dari Mayo Clinic mengatakan penelitian menunjukkan bahwa ear candling tidak efektif dalam menghilangkan kotoran telinga dan bahkan dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam ke saluran telinga. Studi menemukan bahwa puing-puing kotoran yang tetap berada di dalam kerucut setelah perawatan sebenarnya berasal dari kombinasi lilin yang terbakar. Bukannya kotoran yang dikeluarkan dari telinga Anda.

Adanya kotoran telinga itu normal

Kotoran telinga secara medis dikenal sebagai cerumen. Berfungsi sebagai pelindung terhadap kotoran dan bakteri, bahkan bertindak sebagai pelembab untuk saluran telinga Anda. Cerumen  juga berfungsi sebagai penolak serangga yang hebat; serangga tidak menyukai baunya. Biasanya, tubuh Anda menghasilkan kotoran telinga yang cukup untuk menjaga kesehatan telinga Anda dan mengeluarkan kelebihannya secara alami.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Pendengaran

Jadi, teruskan dan gunakan lilin untuk mengatur suasana hati, nikmati aroma yang menenangkan atau menerangi jalan gelap. Tapi jangan biarkan siapapun meletakkan lilin yang menyala di dekat wajah Anda atau di saluran telinga.

Jika telinga Anda terasa penuh, temui dokter untuk menentukan apakah Anda memiliki kondisi medis yang perlu diobati. Jika Anda tidak mendengar dengan baik, temui profesional kesehatan pendengaran. Mereka dapat melakukan evaluasi pendengaran dan, jika Anda didiagnosis menderita gangguan pendengaran, para profesional kesehatan pendengaran tersebut akan membantu Anda menentukan pilihan perawatan terbaik yang sesuai dengan gaya hidup dan anggaran yang Anda miliki.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/51809-Candles-belong-on-the-dinner-table-not-in-your-ears

Please rate this

and share :