Kapan Saat yang Tepat Untuk Mengatasi Masalah Pendengaran?
Gangguan Pendengaran

Kapan Saat yang Tepat Untuk Mengatasi Masalah Pendengaran?

No ratings yet.

Masalah pendengaran biasanya terjadi secara bertahap, dan oleh karena itu, seringkali hal ini membuat kita tidak menyadarinya. Anda mungkin tidak menyadarinya selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Namun, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia adalah salah satu kondisi paling umum yang terjadi.

Kira-kira satu dari tiga orang  yang berusia antara 65 dan 74 tahun mengalami gangguan pendengaran. Dan lebih dari itu, dua pertiga dari mereka yang berusia lebih dari 75 tahun mengalami kesulitan mendengar.

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa individu dengan gangguan pendengaran yang segera mengatasi masalah pendengaran mereka memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Alasan Untuk Segera Mengatasi Masalah Pendengaran

  1. Kesehatan dan keselamatan secara keseluruhan. Ada hubungan antara gangguan pendengaran dan penurunan kognitif,kehilangan jaringan otak, depresi, dan peningkatan risiko jatuh. Semakin dini mengatasi masalah pendengaran, semakin kecil kemungkinan kerusakan permanen pada jalur pendengaran di dalam otak. 
  2. Ketika seseorang kehilangan pendengarannya, saraf dan bagian otak yang bertanggung jawab untuk pendengaran mengalami atrophia, atau melemah, karena kurangnya sinyal suara. Ini membuat proses membiasakan diri dengan alat bantu dengar jauh lebih sulit. 
  3. Kelelahan. Hidup dengan gangguan pendengaran yang tidak diatasi berarti kita berusaha keras untuk mendengar setiap hari. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan banyak orang merasa lelah secara mental. 
  4. Hubungan. Masalah pendengaran yang tidak diatasi juga mempengaruhi hubungan dengan teman dan keluarga. Mungkin sulit untuk berkomunikasi secara efektif dengan gangguan pendengaran yang tidak diatasi. Orang yang dicintai mungkin merasa diabaikan, dan pada saat yang sama individu dengan gangguan pendengaran mungkin merasa frustrasi karena lawan bicaranya terdengar “bergumam” atau “berbicara terlalu cepat”. 
  5. Masalah pendengaran yang tidak diatasi bisa menurunkan pendapatan sebanyak $30.000 per tahun. Orang yang bekerja dengan gangguan pendengaran menghasilkan sekitar 25% dibandingkan dengan rekan mereka. 
  6. Dengan alat bantu dengar, banyak orang dapat mendengar suara yang sudah bertahun-tahun tidak mereka dengar: tawa anak-anak, kicauan burung, dan banyak lagi. Dengan akses ke suara-suara baru ini, Anda tentu akan merasa lebih gembira. 
  7. Butuh waktu hingga empat bulan untuk menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat mereka menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pendengaran, kami dapat membantu dengan konsultan pendengaran berpengalaman di dekat Anda. Temukan lokasinya disini.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/06/when-to-treat-hearing-loss

 

Please rate this

and share :