Yuk, Jaga Pendengaran Kamu dengan Tips Berikut Ini!
Pendengaran

Yuk, Jaga Pendengaran Kamu dengan Tips Berikut Ini!

No ratings yet.

Gangguan pendengaran akibat kebisingan merupakan satu-satunya penyebab gangguan pendengaran yang dapat dicegah. Saat terpapar suara keras, Anda mungkin merasa seperti tidak ada masalah, namun sayangnya telinga dan otak Anda tidak.

Begitu Anda kehilangan pendengaran karena terpapar suara keras, kondisi tersebut tidak akan pulih (namun biasanya dapat diatasi). Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan umumnya terjadi secara bertahap — pada saat Anda menyadarinya, seringkali sudah terlambat untuk mencegahnya.

Ikuti tips di bawah ini dan mulailah jaga pendengaran Anda sekarang!

10 Tips Jaga Pendengaran

  1. Hindari aktivitas dan tempat yang keras atau berisik, jika memungkinkan.
  2. Jika Anda tidak dapat menghindarinya, gunakan pelindung pendengaran. Penyumbat telinga adalah salah satu solusi ekonomis, tersedia juga produk pelindung pendengaran lain yang dapat di custom sesuai bentuk liang telinga Anda. Produk ini umumnya lebih baik dalam mengurangi tingkat suara.
  3. Batasi waktu Anda terpapar kebisingan di atas 85 dB.
  4. Kecilkan volume TV, radio, atau saat mendengarkan headphone.
  5. Saat mendengarkan suara keras (seperti musik, konser, kelas kebugaran, dll.), ambil jeda waktu untuk beristirahat dari kebisingan.
  6. Menjauhlah dari sumber suara yang terlalu keras (misalnya speaker, kembang api, sirine).
  7. Berikan telinga Anda waktu untuk ‘pulih’ setelah terpapar suara keras.
  8. Jangan masukkan benda apapun yang ukurannya lebih kecil dari siku Anda ke dalam telinga! Ini termasuk cotton bud, jepit rambut, kunci, penjepit kertas, atau apapun yang mungkin Anda gunakan untuk membersihkan atau menggaruk telinga.
  9. Tetap aktif. Olahraga membuat darah terpompa ke seluruh tubuh, termasuk telinga. Ini menjaga bagian dalam telinga tetap sehat.
  10. Lakukan tes pendengaran, terutama jika Anda mengalami perubahan pada pendengaran, seperti telinga berdenging atau terasa penuh selama lebih dari 24 jam.

Ingin tips jaga pendengaran lainnya? Kunjungi profesional perawatan pendengaran terdekat. Butuh solusi mengatasi gangguan pendengaran Anda? Temukan lokasi terdekat kami disini.

Please rate this

and share :