gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Dapat Mempengaruhi Telinga Secara Berbeda

No ratings yet.

Ketika beberapa orang mulai memperhatikan  bahwa mereka mengalami gangguan pendengaran, mereka mungkin menyadari bahwa mereka memiliki lebih banyak gangguan pendengaran di satu telinga daripada yang lain. Karena kehilangan pendengaran yang berhubungan dengan usia normal —presbycusis — biasanya mempengaruhi kedua telinga secara sama. Namun jika Anda menyadari, sebenarnya Anda bisa jadi lebih parah pada satu telinga dan pada dua telinga biasanya tidak sama, dan hal ini biasanya mungkin lebih dari sekadar masalah pendengaran yang berkaitan dengan usia. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya yang mempengaruhi satu telinga lebih banyak daripada yang lainnya:

Infeksi telinga

Infeksi telinga kronis mungkin bertanggung jawab atas gangguan pendengaran Anda. Otitis media adalah infeksi pada telinga tengah. Ini lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mendapatkannya. Otitis media dengan efusi adalah peradangan dan infeksi pada telinga tengah dengan penumpukan cairan akibat bakteri, yang dapat berlangsung beberapa minggu. Infeksi yang parah dapat menyumbat tuba Eustachius, yang biasanya mengeluarkan cairan berlebih dari telinga tengah, yang dapat mempengaruhi kemampuan pendengaran Anda. Infeksi telinga kronis dapat menyebabkan gangguan, mulai dari 24 hingga 45 desibel, tergantung pada ketebalan cairan di telinga. Penting untuk mengunjungi dokter Anda karena infeksi telinga kronis dan tidak diobati dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Kotoran telinga

Impaksi serumen, atau kotoran telinga terkompresi, juga dapat menyebabkan perbedaan tingkat gangguan pendengaran di setiap telinga. Penumpukan kotoran telinga yang mempengaruhi pendengaran, menyebabkan rasa sakit, dan harus dirawat oleh dokter cukup umum — itu mempengaruhi enam persen populasi AS. Selain menyumbat telinga dan menyebabkan, kotoran telinga yang terkompresi dapat menyebabkan infeksi karena menjebak bakteri.

Namun, kadang-kadang, kurangnya bakteri baik adalah penyebab penumpukan kotoran telinga dan infeksi. Bakteri baik di telinga membantu mencegah infeksi telinga, tetapi menurut dokter yang dikutip dalam artikel New Yorker 2012  , kadang-kadang satu telinga memiliki bakteri baik dan yang lainnya tidak. Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran karena kotoran telinga, Anda harus mengunjungi dokter perawatan primer Anda terlebih dahulu, meskipun ia mungkin juga merekomendasikan pengobatan rumahan untuk mencoba menghilangkan kelebihan penumpukan kotoran telinga.

Tumor

Meskipun sangat jarang, tumor dapat menyebabkan perbedaan pendengaran di antara telinga. Jenis tumor yang paling umum yang dapat menyebabkan gangguan, yang disebut neuroma akustik , jinak dan tumbuh lambat. Mereka mempengaruhi pendengaran dengan tumbuh pada saraf yang mengarah dari otak ke telinga bagian dalam. Karena saraf-saraf itu menyeimbangkan keseimbangan dan pendengaran, neuroma akustik dapat menyebabkan pusing dan gangguan pendengaran. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus mengunjungi dokter perawatan primer Anda.

Ketulian satu sisi yang tiba-tiba

Gangguan pendengaran yang tiba-tiba tidak boleh diabaikan. Kondisi ini dapat  dianggap darurat medis. Ketulian mendadak dapat memiliki banyak penyebab, tetapi salah satu penyebab paling umum dari kehilangan pendengaran yang tiba-tiba adalah infeksi virus pada saraf pendengaran. 

Apa yang harus Anda lakukan?

Jika Anda mulai merasakan adanya gangguan pendengaran, ada baiknya Anda segera mengunjungi audiologis terdekat dari tempat Anda tinggal. Pemeriksaan dan tes yang dilakukan oleh para audiolog akan menentukan secara akurat perbedaan gangguan pendengaran yang mungkin dapat terjadi pada kedua telinga Anda.

 

Please rate this

and share :