4 Tips Bermanfaat Untuk Memilih Alat Bantu Dengar yang Tepat
Alat Bantu Dengar

4 Tips Bermanfaat Untuk Memilih Alat Bantu Dengar yang Tepat

No ratings yet.

Jika saat ini Anda sedang mencari alat bantu dengar, itu berarti Anda sudah menyadari adanya penurunan pada pendengaran Anda. Alat bantu dengar dapat membuat peningkatan besar dalam kualitas hidup penggunanya. Alat bantu dengar saat ini seperti komputer mini yang dapat membantu meningkatkan frekuensi suara yang didengar serta memperkuat suara itu. 

Empat Tips Memilih Alat Bantu Dengar

Berikut adalah tips untuk membantu memilih alat bantu dengar yang tepat.

Temui audiolog

Anda harus melakukan pemeriksaan pendengaran menyeluruh sebelum membeli alat bantu dengar. Seorang audiolog adalah seorang profesional terlatih yang akan melakukan pemeriksaan fisik pada telinga dan beberapa pemeriksaan pendengaran lain yang dibutuhkan. Audiolog dapat mengevaluasi alasan mengapa pendengaran Anda menurun dan memberikan saran terbaik untuk mengatasinya, menawarkan konsultasi serta pendampingan.

Ketahui berbagai model alat bantu dengar

Ada empat model alat bantu dengar yang umum dan masing-masing memiliki kelebihan. Mereka adalah: alat bantu dengar complete in canal (CIC), in the canal (ITC), in the ear (ITE) dan behind the ear (BTE). Perangkat pertama, CIC, berukuran sangat kecil sehingga berada di dalam liang telinga dan tidak terlihat saat digunakan. Model ITC dan ITE digunakan di bagian dalam telinga dan menawarkan lebih banyak fitur, berukuran lebih besar dibandingkan CIC. Alat bantu dengar BTE mungkin yang paling familiar – digunakan pada belakang telinga dengan tubing yang dilengkapi earmold. Setiap model menawarkan kelebihannya masing-masing. Audiolog dapat menjelaskan detailnya dengan Anda.

Sesuaikan dengan gaya hidup Anda

Model alat bantu dengar yang berbeda ini memiliki banyak fitur yang dapat memberikan keuntungan bagi gaya hidup Anda. Ini termasuk fitur-fitur yang ditawaran serta fitur tambahan yang dapat membantu pekerjaan atau hobi, seperti alat bantu dengar tahan air, streaming nirkabel untuk terhubung ke ponsel dan pemutar musik digital, atau alat bantu dengar yang dapat membantu tinnitus.

Biaya

Alat bantu dengar adalah investasi penting. Ada alasan yang sangat bagus untuk biayanya, terutama jika Anda memikirkan semua fitur yang tersedia untuk meningkatkan pendengaran. Audiolog akan membantu Anda dalam menemukan alat bantu dengar yang tepat dan sesuai anggaran biaya.

Keempat tips untuk membantu memilih alat bantu dengar yang tepat ini akan membantu memberikan informasi dasar yang Anda butuhkan. Teman dan keluarga juga merupakan sumber informasi yang baik. Ingat, audiolog akan merekomendasikan alat bantu dengar terbaik untuk kebutuhan Anda dan mengulas cara merawat serta membersihkan perangkat tersebut. 

Sumber : https://scentmd.com/blog/4-tips-to-help-choose-the-right-hearing-aid

 

Please rate this

and share :