kegiatan alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

7 Kegiatan Menyenangkan Pengguna Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, tidak perlu merasa dibatasi untuk mengikuti kegiatan hanya karena menggunakan alat bantu dengar. Beberapa kegiatan di bawah ini dapat Anda lakukan tanpa harus terhalang sebuah alat, yang mungkin keberadaannya pun tidak disadari oleh orang-orang disekitar anda. Ingin tahu apa saja kegiatan tersebut?, berikut adalah sejumlah hal menyenangkan yang dapat Anda lakukan sambil tetap mempertahankan alat bantu dengar Anda.

  1. Berolahraga

Meningkatkan denyut nadi Anda dengan berolahraga tentunya sangat menyenangkan. Anda masih dapat melakukan aktifitas olahraga seperti sepeda gunung, panjat tebing atau pergi ke gym dengan menggunakan alat bantu dengar Anda. Untungnya, untuk banyak kegiatan fisik tidak masalah untuk tetap menggunakan alat bantu dengar – cukup gunakan aksesoris kabel retensi alat bantu dengar.

Tali pengaman atau tali pengikat dari kabel retensi ini menempelkan alat bantu dengar Anda ke pakaian Anda, memastikan bahwa Anda tidak kehilangan atau merusak alat bantu dengar Anda jika jatuh dari telinga Anda. 

  1. Beraktifitas di bawah hujan 

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik, jadi sebaiknya jangan sampai basah – tetapi itu tidak berarti Anda harus takut pada air. Anda hanya perlu menghindari kontak langsung atau lama. Alat bantu dengar model baru kebanyakan sudah memiliki sertifikat IP68, sehingga mereka telah diuji untuk memastikan bisa tahan basah dan memastikan mereka harus tetap bekerja setelahnya.

Jadi pergilah sesekali  untuk menikmati hujan – bawa saja topi atau payung untuk mencegah hujan turun dari alat bantu dengar Anda, dan pastikan untuk mengeringkannya dengan baik setelahnya dengan membuka laci baterai dan membiarkan udara bersirkulasi di dalam – atau menggunakan pengering  alat bantu dengar.

  1. Menghadiri kuliah

Saat mengenakan alat bantu dengar, Anda memiliki sejumlah opsi untuk membantu dalam situasi belajar, seperti mikrofon jarak jauh yang mengirim suara secara nirkabel dari orang yang berbicara, langsung ke alat bantu dengar mereka. Selain itu, banyak ruang kelas menggunakan sistem FM untuk mentransmisikan suara langsung ke alat bantu dengar Anda dengan penerima FM.

  1. Nikmati film atau drama

Kebanyakan alat bantu dengar modern dapat membantu Anda menikmati film atau pertunjukan teater tanpa masalah, sementara bagi mereka yang masih kesulitan, ada sistem teleloop . Banyak teater memiliki sistem teleloop, yang mengambil suara pertunjukan dan mentransmisikannya ke alat bantu dengar yang dilengkapi dengan telecoil. Menyetel alat bantu dengar untuk sesuai dengan situasi dalam gedung untuk saat ini juga sangat  sederhana.

  1. Makan siang di restoran

Dengan gangguan pendengaran, campuran suara yang kompleks di restoran dan kafe dapat menyulitkan Anda untuk mendengar. Ini dapat secara negatif mempengaruhi kenikmatan Anda dari pengalaman itu. Kiat kami adalah memilih salah satu dari tabel yang lebih tenang, atau lebih baik lagi, meminta meja yang tenang ketika Anda melakukan pemesanan.

Pilihan lain bagi Anda adalah dengan menggunakan alat bantu dengar Livio AI dengan fitur geotag, dimana ini adalah fitur paling luar biasa dari Livio AI. Seperti alat bantu dengar lainnya, alat ini memiliki pengaturan untuk digunakan ketika kita berada di  restoran dengan orang banyak. Anda dapat memberi geotag pada setiap lokasi sehingga alat bantu dengar berubah secara otomatis. Alat bantu dengar lain juga memiliki fitur ini secara manual, tetapi dengan AI Livio, anda bisa secara otomatis menggunakannya tanpa harus menyentuhnya..

     6. Pergi ke konser musik

Begitu banyak pilihan dalam hal musik. Apakah Anda lebih suka rock and roll atau konser jazz eksperimental, penting untuk melindungi pendengaran Anda. Cukup ingat untuk memilih program yang sesuai seperti program musik Anda, atau membuat pengaturan untuk lingkungan yang lebih berisik melalui alat bantu dengar Anda. Dan jika suara dari konser terlalu keras, ingatlah untuk melindungi pendengaran Anda dengan penyumbat telinga.

     7. Pergi berlibur ke suatu tempat baru dengan pesawat

Saat Anda bersiap untuk bepergian, kami memiliki tip terbaik untuk Anda – terutama untuk penerbangan yang lebih lama.

Jika Anda mengubah volume pada alat bantu dengar Anda ke nol, mereka bertindak sebagai earphone pembatalan kebisingan yang sangat efektif, untuk membantu menghalangi kebisingan pesawat.

Dan satu hal lagi untuk rencana liburan menit terakhir – ingat baterai ekstra atau dapatkan alat bantu dengar yang dapat diisi ulang . Sementara baterai alat bantu dengar tersedia di hampir setiap negara di dunia, mencari mereka dalam bahasa asing adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda hindari. Untuk menghemat waktu, pilih alat bantu dengar yang dapat diisi ulang agar memiliki kekuatan penuh untuk melewati liburan tanpa harus pusing mengisi ulang.

Mulai tertarik untuk menggunakan alat bantu dengar dan ingin mencobanya?. Anda bisa datang ke website pusat alat bantu dengar Indonesia (ABDI) untuk mengetahui berbagai macam alat bantu dengar yang sesuai dengan gaya hidup dengan bantuan para profesional perawatan pendengaran kami sekarang juga.

Please rate this

and share :