Semua Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Tinnitus
Tinnitus

Semua Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Tinnitus

5/5 (1)

Bagi Anda yang pernah mengalami tinnitus, Anda mungkin telah mengetahui lebih banyak hal mengenai kondisi mengerikan ini. Namun, bagi orang yang baru mengetahui tentang tinnitus, atau mungkin ada teman maupun anggota keluarga yang baru mengalami masalah “telinga berdenging”, berikut panduan singkatnya.

Apa Itu Tinnitus?

Tinnitus adalah istilah medis untuk sensasi mendengar suara di telinga saat tidak ada suara dari luar. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah suara subjektif, artinya hanya individu yang mengalami tinnitus yang dapat mendengarnya. Sementara beberapa orang menggambarkan tinnitus mereka sebagai telinga berdenging, yang lain mengatakan tinnitus mereka terdengar lebih seperti mendesis, berdengung, bersiul, menderu dan bahkan berkicau.

Bagi beberapa orang, tinnitus terasa ringan dan jarang terjadi. Pada yang lainnya, kondisi ini terasa parah dan dapat berlangsung sepanjang hari dan setiap hari. Bagi mereka yang mengalami kondisi ini tentu memiliki keinginan untuk sembuh yang sangat besar, bahkan begitu besar. Mereka akan mencoba apapun untuk membuat tinnitus tidak terlalu mengganggu, termasuk menggunakan akupunktur, obat tetes telinga, pengobatan herbal, hipnotis, dan banyak lagi.

Tinnitus dialami oleh lebih dari 50 juta orang di Amerika – atau hampir satu dari setiap enam orang.

Penyebab Tinnitus

Pakar kesehatan dan ilmuwan masih belum mengetahui penyebab pasti tinnitus. Tetapi beberapa sumber diketahui memicu atau memperburuk dering di telinga, termasuk:

  • Suara Bising dan Gangguan Pendengaran – Paparan terhadap suara keras dapat merusak silia non-regeneratif (rambut kecil) di koklea, menyebabkan tinnitus permanen dan / atau gangguan pendengaran. Tinnitus yang disebabkan oleh kebisingan seringkali merupakan hasil dari paparan suara lingkungan sekitar yang bising, seperti bekerja di lingkungan pabrik, dengan atau di sekitar alat berat, atau bahkan peristiwa tunggal seperti tembakan atau konser musik.
  • Penuaan – Penuaan alami secara bertahap merusak sel rambut, dan merupakan penyebab utama gangguan pendengaran. Tinnitus adalah gejala umum gangguan pendengaran terkait usia.
  • Pengobatan Ototoksik – Beberapa obat resep seperti antibiotik, anti radang, antidepresan, diuretik, dan lainnya dapat bersifat ototoksik, artinya berbahaya bagi telinga bagian dalam serta sel saraf yang menghubungkan koklea ke otak.
  • Kondisi Pendengaran – Kondisi seperti penyakit Ménière diketahui menyebabkan tinnitus.
  • Kondisi Kesehatan – Tinnitus telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan, termasuk :
    • Penyakit Kardiovaskular
    • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
    • Masalah tiroid
    • Fibromyalgia dan nyeri kronis
    • Trauma kepala atau leher
    • Ketidaksejajaran rahang
    • Tumor saraf pendengaran, vestibular, atau wajah
    • Stres dan kelelahan

Apakah Ada Obat Untuk Tinnitus?

Saat ini tidak ada obat tinnitus yang diketahui. Namun, menurut American Tinnitus Association (ATA), tersedia beberapa pilihan pengobatan. Sejauh ini tidak ada yang dapat menghilangkan tinnitus, tujuan pengobatan adalah untuk meringankan gangguan tinnitus yang dirasakan.

Alat bantu dengar adalah salah satu pilihan pengobatan populer yang terdaftar oleh ATA. Alat bantu dengar dapat membantu dalam beberapa cara, termasuk dengan menutupi suara tinnitus.

Saat ini, semua alat bantu dengar Starkey dilengkapi dengan Multiflex Tinnitus Technology. Terbukti secara klinis untuk membantu memberikan kelegaan. Teknologi eksklusif ini menghasilkan stimulus suara yang nyaman dan dapat disesuaikan dengan baik untuk menenangkan suara tinnitus yang mengganggu dan membantu mengalihkan pikiran Anda darinya.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami tinnitus

Karena penyebab pasti tinnitus tidak diketahui, mengunjungi ahli kesehatan pendengaran untuk evaluasi klinis adalah langkah pertama yang cerdas. Evaluasi ini dapat membantu menentukan intensitas tinnitus dan penyebabnya. Tes khusus juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi sistem pendengaran Anda. Beberapa dari tes ini mengukur ciri-ciri spesifik tinnitus itu sendiri, dan dapat mencakup:

    • Audiogram
    • Evoked response audiometry
    • Tinnitus pitch match
    • Tinnitus loudness match

ABDI Siap Membantu

Jika Anda ingin mencari ahli kesehatan pendengaran untuk berdiskusi tentang tinnitus, kami dapat membantu. Hubungi 0800-1100-100 atau hubungi kami di sini, dan kami dapat menghubungkan Anda ke outlet terdekat dari lokasi Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2021/02/tinnitus-awareness-week

Please rate this

and share :