Apa Makna Telinga Kanan Berdenging?
Gangguan Pendengaran Tinnitus

Apa Makna Telinga Kanan Berdenging?

No ratings yet.

Ketika kita merasakan telinga kanan berdenging, biasanya orang sering mengaitkan dengan berbagai pertanda atau makna spiritual atau mitos tertentu. Hal paling umum yang sering dihubungkan dengan dering di telinga kanan biasanya terkait dengan gosip. Anda memiliki keinginan besar untuk disukai orang lain dan selalu mengutamakan kebutuhan teman atau keluarga Anda. Jadi ketika Anda mendengar dering di telinga Anda, Anda berpikir itu bisa berarti seseorang berbicara tentang Anda.

Tetapi dering di telinga kanan tidak sepenuhnya bermakna spiritual dan mitos. Di dunia medis yang menyangkut kesehatan telinga, bisa jadi dering telinga kanan memiliki arti bahwa Anda memiliki masalah kesehatan maupun gangguan pendengaran seperti dibawah ini.

Penyebab Telinga Kanan Berdenging

Penyakit Meniere

Penyakit Ménière adalah kondisi telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan vertigo, jenis pusing khusus di mana Anda merasa seolah-olah Anda sedang berputar.

Hal ini juga dapat menyebabkan denging di telinga kanan Anda (tinnitus), gangguan pendengaran yang datang dan pergi, dan perasaan penuh atau tekanan di telinga Anda. Biasanya, hanya satu telinga yang terpengaruh. Namun pada akhirnya gangguan pendengaran pada telinga Anda bisa permanen.

Gangguan ini mengambil namanya dari seorang dokter Prancis, Prosper Ménière, yang menyarankan pada tahun 1860-an bahwa gejalanya berasal dari telinga bagian dalam dan bukan otak, seperti yang diyakini kebanyakan orang.

Meniere terjadi ketika ada kelebihan cairan di dalam telinga. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti gangguan sistem imunitas tubuh.

Telinga berdenging adalah salah satu gejala yang hampir pasti dialami oleh penderita Meniere. Akan tetapi, penyakit ini juga ditandai oleh sejumlah gejala lainnya seperti:

  • Kepala pusing (vertigo)
  • Penurunan daya dengar
  • Tekanan pada telinga bagian dalam

Neuroma Akustik

Pada telinga (tepatnya telinga bagian dalam) terdapat saraf yang terhubung dengan saraf pusat, disebut sebagai saraf kranial dan fungsinya untuk mengendalikan fungsi pendengaran.

Manakala pada saraf kranial terdapat tumor jinak, timbullah penyakit yang dikenal dengan nama neuroma akustik. Nah, salah satu pertanda awal dari penyakit neuroma akustik ini adalah munculnya suara denging dari dalam telinga kanan maupun telinga kiri.

Infeksi Saluran Telinga

Adanya infeksi pada saluran telinga Anda juga bisa menjadi arti telinga kanan berdenging (atau kiri jika infeksi terjadi di sebelah kiri).

Hal ini apabila selain berdenging, Anda juga merasakan nyeri pada telinga. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter terutama jika kondisi ini sudah berlangsung lebih dari 3 hari. Penanganan medis yang cepat akan meminimalisir risiko yang lebih besar.

Tinnitus

Penyebab paling umum dari dering di telinga adalah Tinnitus. Suatu kondisi yang menyebabkan Anda mendengar suara yang tidak memiliki sumber eksternal.

Tinnitus umum terjadi pada orang dewasa di atas usia 55 tahun. Dering di telinga sering dikaitkan dengan gangguan pendengaran dan dapat disebabkan oleh kerusakan pada rambut kecil telinga bagian dalam yang mengirimkan sinyal bising ke otak. 

Anda juga mungkin mengalami dering telinga jika Anda minum obat tertentu seperti aspirin, ibuprofen, Aleve, atau antibiotik tertentu. Meskipun tidak ada obat untuk Tinnitus, dokter Anda dapat membantu Anda menemukan cara untuk mengelola efek samping.

Cara menghilangkan denging di telinga:

  • Gunakan alat bantu dengar
  • Sesuaikan tingkat obat
  • Cobalah terapi perilaku atau pijat
  • Hapus sisa kotoran telinga
  • Kurangi paparan suara keras 

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan Anda, selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan pendengaran terdekat  di kota Anda.

Sumber : https://www.ryanhart.org/ear-ringing-meaning/

Please rate this

and share :