Mungkinkah Covid-19 Dapat Menyebabkan Tinnitus?
Tinnitus

Mungkinkah Covid-19 Dapat Menyebabkan Tinnitus?

COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus, membawa serta sejumlah masalah kesehatan. Sebagian besar gejala ini bersifat pernapasan seperti; sesak napas, batuk, radang tenggorokan. Namun saat ini, muncul beberapa kekhawatiran bahwa coronavirus dapat menyebabkan beberapa gejala neurologis lainnya.

Dalam sebuah penelitian terhadap 214 pasien dengan berbagai tingkat keterlibatan gangguan pernapasan dari coronavirus. Terdapat 36,4% pasien memiliki gejala manifestasi neurologis yang melibatkan sistem saraf pusat, sistem saraf tepi, dan otot rangka. Lebih lanjut, ada beberapa bukti awal yang menyatakan bahwa virus corona ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ pendengaran telinga bagian dalam.

Saat ini, ada sedikit bukti yang menghubungkan corona virus dan tinnitus secara langsung. Tetapi menurut American Tinnitus Association, kondisi ini dapat membuat pasien lebih mungkin mengalami tinnitus karena stres dan depresi yang terkait dengan isolasi sosial dan pencegahan infeksi.

Sebagai contoh, satu penelitian yang telah dilakukan pada populasi besar telah menemukan bahwa orang dengan gangguan kecemasan umum hampir tujuh kali lebih mungkin mengalami tinnitus kronis dan memberatkan. Padahal seperti yang kita tahu, bahwa stress dan depresi adalah emosi umum yang mungkin kita semua alami. Terutama bagi mereka yang berada pada usia yang rentan terhadap risiko infeksi dan isolasi sosial untuk menghindari penyebaran.

Kiat Mengelola Stres dan Menghindari Tinnitus Saat Pandemi COVID-19

  • Cobalah untuk mendengarkan musik kesukaan Anda.
  • Untuk menghilangkan kebosanan akibat isolasi diri, maka Anda bisa lebih sering melakukan video call kepada orang-orang terdekat.
  • Anda juga bisa membicarakan masalah tinnitus yg Anda alami selama pandemi berlangsung dengan para profesional pendengaran secara online.
  • Tetap lakukan olahraga ringan secara teratur di sekitar rumah.
  • Lakukan meditasi atau latihan pernafasan relaksasi untuk membuat Anda merasa nyaman.
  • Carilah buku yang bisa Anda baca di waktu luang untuk menambah aktivitas bermanfaat selama Anda harus tetap di rumah.
  • Jika Anda suka dengan dunia menulis, maka Anda telah memiliki banyak waktu luang untuk memulai hobi tersebut dan menghasilkan sebuah karya tulis baru.
  • Selalu bangun pagi hari dengan afirmasi positif bahwa Anda akan menjadi orang yang berbahagia hari ini.
  • Batasi waktu menggunakan internet di malam hari untuk menghasilkan tidur berkualitas dan mengurangi stres.

Profesional Pendengaran Memberlakukan Protokol Kesehatan Baru

Saat ini, kekhawatiran terbesar terkait COVID-19 adalah masalah transmisi atau penyebaran virus. Perawatan kesehatan pendengaran seperti kebanyakan layanan kesehatan penting lainnya – memiliki prosedur atau protokol khusus untuk antisipasi. Hal ini termasuk mematuhi  prosedur kesehatan umum seperti  membuat jarak sosial minimal 1 meter. Meskipun ini menjadi tantangan tersendiri tetapi tidak mustahil untuk dilaksanakan dengan aman. Konsultasi online, penggunaan APD dan protokol kesehatan yang tepat telah diberlakukan. Dimana secara signifikan membatasi potensi paparan bagi pasien dan profesional pendengaran.

Oleh karena itu, bagi Anda penderita tinnitus maupun masalah gangguan pendengaran lainnya, tidak perlu khawatir untuk tetap mendatangi pusat layanan pendengaran terdekat di kota Anda. Begitu Anda merasakan masalah dengan pendengaran Anda, segera hubungi kami. Kami akan memberikan arahan untuk memperoleh layanan kesehatan sesuai aturan protokoler kesehatan yang berlaku.

Mari bersama tetap menjaga hidup sehat dengan pendengaran yang sehat selama musim pandemi  COVID-19 berlangsung.

and share :