Kenali Dampak Gangguan Pendengaran Pada Kesehatan Mental
Gangguan Pendengaran

Kenali Dampak Gangguan Pendengaran Pada Kesehatan Mental

No ratings yet.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran dan tidak segera diatasi, maka Anda harus bersiap dengan masalah kesehatan mental. Terdapat bukti yang muncul dari hubungan antara gangguan pendengaran dan berbagai hasil yang terkait dengan kognisi, depresi dan aspek lain dari kesehatan mental.

Penelitian ini menemukan bahwa dampak gangguan pendengaran terkait dengan masalah kognisi, kemandirian, mobilitas dan memori. Dimana semua hal tersebut dapat meningkatkan kebutuhan akan perawatan kesehatan. Penelitian juga menyatakan bahwa alat bantu dengar membantu secara tidak langsung dalam peningkatan kemampuan kognisi, memori dan kesehatan mental.

Dampak Gangguan Pendengaran Terhadap Kesehatan Mental

Gangguan pendengaran dikaitkan dengan jatuh, stres psikologis, kesehatan mental, depresi, demensia dan kognisi, otonomi dan isolasi sosial. Penelitian lain juga telah menunjukkan hubungan antara gangguan pendengaran dan peningkatan penggunaan layanan kesehatan.

O’Neill mengatakan bahwa karena penelitian di bidang ini masih berlangsung, ia percaya banyak orang mungkin tidak menyadari hubungan antara gangguan pendengaran dan kesehatan umum. Ini mungkin membuat orang merasa penggunaan alat bantu dengar serasa tidak diperlukan. Padahal kenyataannya dengan menggunakan alat bantu dengar dengan benar, maka lebih kecil kemungkinannya untuk terkena dampak gangguan pendengaran terhadap kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan, katanya.

Alat Bantu Dengar Membantu dengan Masalah Kognitif

Dalam penelitian ini, tingkat pendengaran responden diukur dan dikategorikan sebagai pendengaran yang baik dan gangguan pendengaran ringan, sedang hingga berat. Kemampuan kognitif dan kesehatan mental mereka juga diukur. Selama periode dua minggu, 1.426 dari 8.073 responden mengunjungi dokter. Dari sampel itu, 45% melaporkan penyakit mental dan tingkat gangguan pendengaran mereka 17% sedikit, 5% sedang dan 4% parah.

Para peneliti telah berteori bahwa penggunaan layanan kesehatan dan adanya masalah kognitif sebagian terkait dengan isolasi dan kelelahan yang dirasakan orang dengan masalah pendengaran. Hal ini karena mereka kesulitan berkomunikasi dengan orang lain.

Baca juga : bahaya gangguan pendengaran terhadap kemampuan kognitif manusia

Studi ini menemukan hubungan gangguan pendengaran dan masalah kognitif serta memori. Sementara juga menemukan bahwa memakai alat bantu dengar dapat membantu mengatasi masalah itu, serta masalah kesehatan mental, seperti depresi. Ini menunjukkan bahwa alat bantu dengar dan perawatan lain dapat membantu orang dengan cara yang melampaui pendengaran. 

Menurut National Institutes of Health, orang dewasa AS berusia 70 tahun ke atas yang bisa mendapatkan manfaat dari alat bantu dengar, hanya ada kurang dari 30% yang menggunakannya.

Jika Anda Khawatir dengan Kesehatan Pendengaran Anda

Penelitian O’Neill adalah bagian dari bukti yang menunjukkan bahwa gangguan pendengaran memiliki dampak luas pada kesehatan seseorang. Jika Anda khawatir tentang gangguan pendengaran, pertahankan pendengaran Anda — dan diri Anda sendiri — sealami mungkin dengan mengunjungi profesional kesehatan pendengaran untuk evaluasi pendengaran awal.  Anda bisa mendapatkan banyak informasi seputar kesehatan pendengaran dan melakukan konsultasi secara langsung dengan mengunjungi website kami di sini atau menekan no 0800-100-2234 untuk membuat janji dengan tenaga profesional kesehatan terdekat kami di wilayah Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52930-The-impact-of-hearing-loss-on-mental-well-being

Please rate this

and share :