gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Tips Menangani Gangguan Pendengaran di Tempat Kerja

5/5 (2)

Tidak peduli karir apa yang Anda miliki,  gangguan pendengaran terkadang akan dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, berinteraksi dengan pelanggan, dan berfungsi sebagai bagian dari tim dengan baik. Oleh karena itu jika Anda mengalami gangguan pendengaran, pastikan Anda tahu cara menanganinya di lingkungan kerja dengan dengan beberapa tips menangani gangguan pendengaran di bawah ini.

 

Haruskah Mengatakan bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran?

Satu pertanyaan umum yang orang miliki tentang gangguan pendengaran adalah apakah mereka harus mengungkapkannya kepada atasan atau rekan kerja mereka. Ini sering berasal dari kegelisahan tentang kondisi mereka atau bahkan penolakan bahwa mereka menderita masalah pendengaran. Namun, ada beberapa alasan bagus mengapa Anda harus  selalu memberitahu atasan Anda tentang gangguan pendengaran:

  • Mengungkapkan masalah pendengaran Anda memberi atasan Anda  alasan nyata mengapa Anda mungkin tidak mendengar atau memahami hal-hal penting seperti panggilan telepon atau instruksi lisan.
  • Pengungkapan memberi Anda  manfaat perlindungan di  bawah Undang-Undang Disabilitas, termasuk perlindungan dari diskriminasi dan manfaat akomodasi yang wajar.
  • Pengungkapan memungkinkan Anda  memulai percakapan tentang bagaimana Anda dan atasan Anda dapat bekerja sama untuk memastikan Anda melakukan yang terbaik saat bekerja.

Singkatnya, Anda harus  menjadi penasihat Anda sendiri  dalam hal gangguan pendengaran dan masalah pendengaran. Dengan mengadvokasi kebutuhan Anda sendiri dan bekerja keras untuk memahami dan memperbaiki masalah, Anda memperbaiki situasi kerja Anda sendiri dan membuatnya lebih mudah bagi karyawan dan rekan kerja Anda untuk bekerja dengan Anda.

 

Tips Untuk Menangani Gangguan Pendengaran di Tempat Kerja

 

Diorganisir dan dipersiapkan

Ketika Anda menderita gangguan pendengaran, salah satu masalah terbesar adalah kehilangan informasi penting. Anda bisa kehilangan sesuatu selama rapat atau panggilan telepon, dalam percakapan dengan klien, atau bahkan dalam video pelatihan atau laporan berita. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah  tetap teratur dan bersiap untuk situasi yang sulit. Ini termasuk:

  • Mempersiapkan panggilan telepon dengan  catatan tertulis atau agenda ;
  • Menemukan tempat yang  tenang untuk bekerja secara produktif, melakukan panggilan telepon, atau mengadakan pertemuan kecil;
  • Konfirmasikan poin-poin penting  selama dan setelah pertemuan atau panggilan, baik secara lisan atau melalui tindak lanjut tertulis;
  • Mempersiapkan  alternatif  , seperti email atau pesan instan.

 

Membangun rutinitas

Bagian penting lain dari penanganan gangguan pendengaran di tempat kerja adalah  membangun rutinitas yang kuat  dan berpegang teguh pada itu. Memiliki rutinitas yang kuat membuat Anda lebih mudah untuk mengatasi tugas-tugas normal di pekerjaan Anda, dan juga membuatnya lebih mudah untuk memilah cara agar lebih efisien.

Berikut adalah beberapa aspek utama untuk membangun rutinitas kerja yang kuat:

  • Identifikasi orang  kenali siapa saja orang kunci  yang perlu Anda ajak bekerja sama untuk melakukan pekerjaan Anda secara efektif dan bekerja sama dengan mereka secara pribadi untuk meningkatkan komunikasi dan kerja tim Anda.
  • Jaga agar kondisi dan lingkungan kerja Anda  konsisten . Ini dapat mencakup menemukan tempat yang tenang untuk bekerja dan melakukan tugas dalam urutan umum yang sama setiap hari.
  • Ketahuilah bahwa rutinitas Anda akan menjadi  lebih mudah seiring berjalannya waktu . Hari-hari awal bekerja di tempat kerja baru atau membangun rutinitas baru bisa menguras tenaga, tetapi itu akan semakin mudah ketika Anda mempelajari peran pekerjaan Anda dan bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan tim Anda.

 

Jangan membuat pengecualian

Kehilangan pendengaran dapat memiliki efek besar pada cara Anda bekerja, jadi penting bahwa Anda  tidak berpura – pura atau membuat alasan tentang hal itu ketika Anda sedang bekerja. Berpura-pura tidak kesulitan mendengar hanya akan membuat Anda terkena masalah dalam membina hubungan dengan pekerja lain dan mempersulit Anda untuk melakukan pekerjaan Anda.

Ini berlaku sama untuk bekerja dengan pelanggan dan klien. Orang-orang akan jauh lebih bersedia dan siap untuk mengakomodasi Anda jika mereka tahu Anda menderita gangguan pendengaran daripada berpikir Anda lalai atau linglung. Jika Anda harus mengandalkan pendengaran Anda agar bekerja dengan baik,  pastikan orang lain tahu tentang kelemahan Anda sejak awal sehingga mereka dapat membantu memberikan kompensasi.

 

Dapatkan tips untuk mendengar dengan lebih baik

Salah satu cara terakhir untuk meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja adalah dengan  mendapatkan bantuan dalam bentuk alat bantu dengar . Alat bantu dengar memudahkan Anda melakukan pekerjaan dan beradaptasi dengan beragam keadaan.

Juga, jika Anda merasa ada sesuatu yang bisa dilakukan atasan Anda untuk mengakomodasi gangguan pendengaran Anda, pastikan Anda  mengemukakan tentang kebutuhan terkait alat bantu dengar ini . Pemerintah mengharuskan pengusaha untuk membuat akomodasi yang masuk akal bagi karyawan yang memiliki gangguan kesehatan maupun disabilitas, dan ini dapat mencakup alat bantu seperti sistem telepon yang berinteraksi dengan alat bantu dengar atau sistem bicara-ke-teks untuk mencatat.

Pada akhirnya, terserah Anda untuk menangani gangguan pendengaran Anda di tempat kerja. Namun, Anda harus melakukan apa saja untuk membuat beban itu lebih mudah bagi diri Anda sendiri.

 

ALAT BANTU DENGAR DAN ABDI

Di  ABDI (alat bantu dengar Indonesia ), kami bekerja dengan orang-orang dari semua industri dan profesi untuk meningkatkan dan memulihkan kemampuan pendengaran mereka di tempat kerja. Hubungi kami hari ini di  0800-100-2234  untuk menjadwalkan janji temu dan melihat bagaimana kami dapat membantu Anda mendengar lebih baik.

Please rate this

and share :