baterai alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

Tips Memilih Baterai Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar merupakan teknologi canggih dan terspesialisasi, yang masih mengandalkan sesuatu yang sederhana dan akrab untuk memberinya tenaga yang biasa kita sebut dengan –  baterai . Sebagian besar  alat bantu dengar  menggunakan baterai yang dapat diganti untuk daya, yang harus Anda pilih sendiri. Memilih baterai alat bantu dengar yang mungkin terlihat serupa, tetapi tidak semuanya sama. Anda harus mempelajari perbedaan antara ukuran, merek, dan jenis serta jenis mana yang cocok untuk Anda. Pelajari apa yang harus dicari dalam baterai dan bagaimana menemukan baterai terbaik yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Jenis Baterai Alat Bantu Dengar

Ada berbagai jenis dan ukuran baterai, tetapi semuanya berfungsi dengan cara yang  sama : setelah anda melepas stiker pelindung kecil dari baterai, alat itu akan aktif dan menghasilkan daya hingga benar-benar terkuras.

Sebagian besar baterai alat bantu dengar bertahan sekitar  5 hingga 8 hari penggunaan, meskipun mereka dapat menguras lebih cepat atau lebih lambat tergantung pada ukuran dan jenisnya, serta seberapa sering anda menggunakan dan merawat baterai ketika mereka sedang digunakan. Baterai yang lebih kecil, seperti yang digunakan pada alat bantu saluran yang lengkap, cenderung memiliki rentang hidup yang lebih pendek daripada baterai yang lebih besar.

Juga, ingat bahwa semua baterai alat bantu dengar  diberi kode warna berdasarkan ukuran . Jika Anda tidak tahu dimensi baterai alat bantu dengar anda, Anda dapat dengan mudah mengingat warnanya – biru, oranye, coklat, atau kuning. Setiap produsen menggunakan kode warna yang sama, sehingga anda akan selalu dapat menemukan baterai yang sesuai dengan anda.

Menggunakan dan Merawat Baterai

Baterai alat bantu dengar mungkin terlihat mirip dengan yang digunakan pada perangkat lain seperti jam tangan dan kalkulator, tetapi berbeda dalam beberapa cara utama . Perbedaan terbesar adalah bahwa sebagian besar baterai alat bantu dengar menghasilkan energi dengan reaksi berbasis udara alih-alih dalam sel tertutup. Baterai ini – dikenal sebagai baterai  seng-udara – lebih kuat dan memberikan daya yang lebih stabil daripada baterai alkaline normal dengan biaya penurunan umur keseluruhan.

Karena baterai seng bereaksi dengan udara, penting untuk  merawatnya dengan benar . Berikut adalah beberapa tips untuk merawat baterai alat bantu dengar Anda dengan baik:

  • Pertama,  jangan pernah melepas tab stiker dari baterai sebelum Anda siap menggunakannya . Segera setelah Anda melepas tab, oksigen akan masuk ke baterai dan akan mulai dibuang.
  • Simpan baterai Anda dalam  kemasan aslinya di tempat yang  sejuk dan kering seperti laci atau kabinet. Jangan menyimpannya di saku Anda, dan jangan simpan di kulkas juga, karena ini dapat merusak dan mengurangi efektivitasnya.
  • Saat tidak memakai alat bantu dengar Anda,  buka pintu kompartemen baterai alat bantu dengar Anda untuk melepaskan kelembapan dan menjaga baterai dari kehabisan daya. Ini dapat membantu mencegah korosi pada alat bantu dengar Anda dan membuatnya tahan lama.
  • Lepaskan baterai  yang sudah habis dayanya segera . Baterai yang benar-benar habis dapat berubah bentuk atau bahkan pecah, membuatnya sulit dilepas dan berpotensi merusak alat bantu dengar Anda.
  • Saat mengganti baterai, buka segel lalu  biarkan selama beberapa menit . Ini memungkinkan oksigen memasuki baterai dan memulai reaksi kimia untuk produksi listrik.

Apa Baterai Terbaik ?

Meskipun ukuran alat bantu dengar distandarisasi, tetapi berbagai merek dan jenis baterai alat bantu dengar  memiliki perbedaan. Perbedaan dapat tergantung pada banyak faktor termasuk jenis yang Anda gunakan, berapa banyak amplifikasi yang Anda butuhkan, kebiasaan perawatan baterai anda dan bahkan lingkungan Anda. Karena itu, perlu waktu dan usaha untuk menemukan baterai terbaik untuk anda.

Salah satu cara untuk menemukan baterai yang tahan lama dan baik adalah dengan membeli  paket sampel baterai yang mencakup baterai dari berbagai produsen sehingga anda dapat membandingkannya satu sama lain selama penggunaan biasa. Hal ini juga dapat memberi Anda pemahaman yang baik tentang berapa lama jenis baterai tersebut dapat bersaing bertahan dan yang mana yang Anda sukai – meskipun itu membutuhkan waktu dan mengharuskan Anda untuk melacak hasilnya.

Metode lain adalah dengan  berbicara dengan audiologis Anda . Di  ABDI (alat bantu dengar Indonesia) , kami dapat membantu Anda menemukan alat bantu dengar, baterai, dan aksesori terbaik untuk kebutuhan dan gaya hidup Anda. Hubungi kami hari ini di  0800-100-2234  untuk menjadwalkan janji temu Anda, atau kunjungi kami di  website  untuk kiat dan saran dengar pendapat lainnya.

and share :