alat bantu dengar lama
Alat Bantu Dengar

Kapan Mengganti Alat Bantu Dengar Lama Anda ?

5/5 (1)

Tidak ada teknologi yang akan bertahan selamanya. Meskipun wajar bagi sebagian orang untuk bertahan pada alat bantu dengar lama mereka untuk sementara waktu, namun di satu sisi, alat tersebut mungin tidak akan sesuai selamanya.

Selain menjadi investasi yang signifikan, alat bantu dengar juga berharga dari sudut pandang lain – alat ini memungkinkan kita menjalani kehidupan yang lebih baik. Banyak pengguna alat bantu dengar menjadi sangat terikat pada perangkat mereka, terutama setelah mereka terbiasa

Sayangnya, tidak ada teknologi yang bertahan selamanya. Akan tiba saatnya Anda harus mengganti alat bantu dengar lama Anda dan mendapatkan sepasang alat bantu yang baru. Bagaimana Anda tahu kapan waktunya untuk mengganti alat bantu dengar Anda?

Teruslah membaca untuk mengetahui beberapa tanda bahwa mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mengganti alat bantu dengar Anda.

Pendengaran Anda telah berubah

Kehilangan pendengaran tidak konstan – ini berubah seiring bertambahnya usia, penggunaan, dan faktor lainnya. Jika Anda memiliki alat bantu dengar untuk sementara waktu, mereka mungkin tidak lagi sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini terutama jika Anda mulai merasa ada perbedaan dalam kemampuan pendengaran Anda.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah pendengaran Anda berubah adalah dengan membuat janji temu dengan audiologis Anda secara teratur. Mereka akan melacak kemampuan pendengaran Anda dan membuat saran untuk bagaimana agar pendengaran Anda bisa bekerja sebaik mungkin. 

Gaya hidup Anda telah berubah

Seiring dengan perubahan pendengaran Anda sendiri, alat bantu dengar Anda mungkin juga mengalami kesulitan untuk mengikuti perubahan gaya hidup. Misalnya, bagaimana jika Anda melakukan hiking atau kegiatan outdoor lainnya? Bagaimana jika Anda bergabung dengan klub sosial dan mulai menghabiskan lebih banyak waktu di restoran atau di pesta-pesta? Apakah alat bantu dengar Anda dapat mengimbangi?

Alat bantu dengar yang lebih baru hadir dengan fitur yang dirancang untuk mengatasi berbagai situasi dan gaya hidup.

Jika Anda baru-baru ini mengambil hobi baru, pindah ke lingkungan baru, atau membuat penyesuaian gaya hidup baru. Anda mungkin menemukan bahwa alat bantu dengar baru dapat membantu Anda menyesuaikan diri dan berkembang.

 

Jika Alat Bantu Dengar mulai sering membutuhkan pemeliharaan

Jika Anda sering harus membawa alat bantu dengar untuk diperbaiki atau melakukan pemeliharaan, itu bisa menjadi pertanda bahwa alat tersebut akan diganti. Alat bantu dengar seperti teknologi apa pun – seiring bertambahnya usia, akan memiliki bagian-bagian yang mulai rusak. Karena mereka mengalami perubahan dramatis dalam suhu dan kelembaban dan mereka hampir selalu hidup, mereka memiliki umur yang terbatas. Dan karena teknologi dalam alat bantu dengar sangat kecil, canggih, dan sensitif, maka sebuah perbaikan bisa mahal.

Pada titik tertentu, biaya dan frekuensi perbaikan mungkin mulai melebihi manfaat dari menjaga perangkat Anda. Jika hal ini mulai terjadi, maka pada saat itu, Anda harus mulai mencari alat bantu dengar baru dan menikmati manfaat teknologi baru.

Teknologi alat bantu dengar lama sudah tidak sesuai

Salah satu alasan terbesar orang memperbarui alat bantu dengar mereka adalah karena model-model baru lebih mampu dalam segala hal. Anda mungkin terkejut mengetahui kemajuan teknologi pendengaran sejak terakhir kali Anda membeli alat bantu dengar.

Misalnya, sebagian besar alat bantu dengar modern dilengkapi dengan teknologi nirkabel Bluetooth yang memungkinkan Anda menghubungkan alat bantu dengar Anda langsung ke ponsel cerdas, tablet, atau komputer Anda. Anda kemudian dapat melakukan streaming musik, menerima panggilan telepon, atau menonton video tanpa kabel atau telecoil. Alat bantu dengar modern juga memiliki aplikasi yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan dan mode dengan cepat, dan beberapa bahkan menawarkan baterai isi ulang yang tidak perlu diganti.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang alat bantu dengar terbaru dan bagaimana Anda bisa mendapat manfaat dari mereka? Hubungi kami hari ini di ABDI ( alat bantu dengar Indonesia). Audiolog kami akan dengan senang hati membahas berbagai model alat bantu dengar kami dan menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Please rate this

and share :