pusatalatbantudengar RisikoTersembunyidariGangguanPendengaran
Pendengaran

Risiko Tersembunyi dari Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Tidak dapat mendengar dengan baik tidak hanya membuat frustasi, namun juga dapat menimbulkan risiko kesehatan lain yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Gangguan pendengaran membuat penderitanya dan orang-orang terdekat mereka merasa frustasi. Ditambah lagi, penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Kesehatan John Hopkins selama 12 tahun mengungkapkan bahwa gangguan pendengaran dapat mempengaruhi beberapa masalah kesehatan tertentu seperti ketika berjalan, terjatuh, dan demensia. Penelitian yang dilakukan pada 639 orang dewasa dengan gangguan pendenaran tersebut menemukan bahwa gangguan pendengaran ringan meningkatkan risiko penderitanya mengalami demensia sebanyak dua kali lipat. Sedangkan gangguan pendengaran sedang memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar, dan gangguan pendengaran berat yang dibiarkan saja dapat meningkatkan risiko penderitanya mengalami gangguan pendengaran sebanyak lima kali lipat.

Hubungan gangguan pendengaran dengan kesehatan tubuh

Dr. Frank Lin dari Sekolah Kesehatan John Hopkins mengatakan, “Pemindaian otak menunjukkan bagiamana gangguan pendengaran dapat mempercepat terhentinya pertumbuhan otak.” Lin juga mengatakan bahwa gangguan pendengaran dapat menimbulkan isolasi sosial. Anda mungkin tidak ingin bertemu dan bercakap-cakap dengan orang ketika Anda merasa kesulitan dalam mendengar. Faktor-faktor tersebutlah yang berperan membuat pasien gangguan pendengaran menderita demensia. Ketika berjalan, telinga Anda menerima sinyal atau isyarat dari otak yang menjaga Anda agar tetap seimbang. Namun, jika Anda memiliki gangguan pendengaran, isyarat tersebut akan terhenti. Artinya, otak akan bekerja lebih keras dalam memproses suara yang tanpa Anda sadari akan menggangu proses yang dibutuhkan untuk berjalan dengan aman dengan kata lain Anda pun memiliki risiko lebih tinggi untuk terjatuh dibandingkan mereka dengan pendengaran normal.

Mitos seputar alat bantu dengar

Apakah alat bantu dengar dapat membantu mengurangi beberapa risiko di atas? Lin berharap dapat memberikan jawaban yang pasti pada penelitian berikutnya. “Penelitian ini tidak akan pernah selesai. Yang kami tahu adalah menggunakan alat bantu dengar dapat menurunkan beberapa risiko di atas”. Hal tersebut memang dibuktikan oleh mereka yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar. Bahkan, alat bantu dengar benar-benar membantu membuat dunia mereka menjadi lebih indah lagi karena bisa berkumpul dan bercanda dengan teman dan keluarga mereka seperti ketika pendengaran mereka baik-baik saja. Meskipun hampir 27 juta penduduk Amerika usia 50 tahun ke atas memiliki gangguan pendengaran, hanya 1 dari 7 orang yang menggunakan alat bantu dengar. Jika Anda merasa pendengran Anda terganggu, maka akan sangat bijaksana untuk mengatur pertemuan dengan penyedia layanan kesehatan pendengaran untuk mendapatkan tes atau pemeriksaan. Jika Anda didiagnosa mengalami gangguan pendengaran, jangan biarkan mitos-mitos berikut menghalangi Anda dalam melakukan perawatan.

“Pendengaranku tidak begitu buruk.”

Pasien gangguan pendengaran menunggu rata-rata 10 tahun untuk mendapatkan penanganan dengan alat bantu dengar. Anda bisa membayangkan bagaimana proses komunikasi dengan orang-orang terkasih menjadi sulit dan terhambat selama 10 tahun yang memungkinkan meningkatkan risiko keshetan lain dan isolasi sosial.

“Menggunakan alat bantu dengar menunjukkan aku sudah tua.”

Normal untuk merasa khawatir bahwa mengalami gangguan pendengaran berarti Anda mulai menua, dan Anda ingin menyembunyikan itu. Banyak orang yang menderita gangguan pendengaran memilih untuk duduk diam dan menjauh dibandingkan jika harus bergabung pada suatu percakapan atau aktivitas kelompok karena takut gangguan pendengaran membuat mereka sama sekali tidak kompeten. Faktanya: menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar  Anda akan menjaga otak Anda tetap muda dan membuat Anda terus terlibat dalam setiap aspek kehidupan.

“Aku tidak suka bentuk alat bantu dengar!”

Lupakan alat bantu dengar yang berukuran besar dan sering berdengung. Saat ini sudah banyak alat bantu dengar yang dibuat dengan sentuhan teknologi yang semakin canggih dan modern, menjadikan ukurannya lebih kecil dan pas di telinga dengan berbagai fitur memukau untuk membuat Anda merasakan pengalaman mendengar terbaik. Sebagai informasi, bahkan mantan presiden Bill Clinton pun bangga menggunakan alat bantu dengarnya.

“Harga alat bantu dengar sangat mahal.”

Ada alasan mengapa alat bantu dengar mahal. Dibutuhkan para profesional dan teknologi yang mutakhir untuk membuat sebuah perangkat komputer super mini untuk dapat dipakai di dalam telinga Anda. Maka tidak heran jika harga alat bantu dengar lebih mahal dari pada iPhone. Hal ini juga dapat disebabkan karena permintaan pasar terhadap iPhone dan alat bantu dengar juga jauh berbeda. Sedangakan semakin tinggi permintaan pasar terhadap suatu barang, maka semakin rendah harganya. Meskipun demikian, mengeluarkan uang untuk alat bantu dengar dapat dikatakan sangat layak mengingat manfaatnya yang benar-benar dapat mengubah hidup  Anda. Anda bisa mencari tahu tentang alat bantu dengar dengar terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 di Kota Anda.

 

Please rate this

and share :