gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

5 Langkah Sederhana Menghindari Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Jika gangguan pendengaran terjadi di keluarga Anda atau sudah mulai mempengaruhi Anda, Anda mungkin berpikir ada sedikit yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya lebih lanjut. Namun, kenyataannya, Anda selalu dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi pendengaran dan membantu telinga Anda berfungsi lebih baik. Berikut adalah beberapa tip sederhana untuk melindungi dan memperpanjang usia pendengaran Anda agar berjalan lebih lama.

 

TIP 1: Menghindari Paparan suara bising

Tip ini mungkin tampak jelas, tetapi banyak orang tidak mempertimbangkan seberapa keras telinga mereka terpapar suara keras setiap hari. Misalnya, memotong rumput atau mengendarai sepeda motor selama lebih dari satu jam dapat berpotensi merusak pendengaran Anda, seperti menghadiri acara musik langsung atau konser atau bahkan menjaga volume stereo di mobil Anda terlalu tinggi. Setiap kali Anda tahu Anda akan berada di sekitar suara keras untuk jangka waktu yang lama, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan tersebut.

 

TIP 2: Kurangi paparan suara dengan peredam bunyi

Salah satu cara terbaik untuk melindungi pendengaran Anda adalah dengan melindungi telinga Anda. Menggunakan alat perlindungan pendengaran seperti sumbat telinga atau muffler over-the-ear adalah cara yang baik untuk menjaga telinga Anda, dan dapat menjaga pendengaran Anda, aman dari paparan kebisingan. Sebaiknya gunakan pelindung pendengaran kapanpun  saat Anda tidak bisa menjauh atau mengurangi sumber kebisingan, seperti saat memotong rumput halaman, menggunakan alat-alat listrik, atau melakukan olahraga menggunakan musik. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memberikan waktu bagi telinga Anda untuk pulih setelah memaparkan diri Anda pada kebisingan yang keras.

 

TIP 3: Hindari Gangguan Pendengaran dan Kurangi VOLUME

Strategi lain yang baik untuk melindungi pendengaran Anda adalah mengurangi intensitas kebisingan yang dapat Anda kendalikan. Ini termasuk mengurangi volume musik ketika Anda mendengarkan di dalam mobil atau melalui headphone dan bergerak lebih jauh dari sumber kebisingan keras lainnya seperti zona konstruksi atau sistem suara konser. Intensitas suara turun dengan cepat ketika Anda semakin jauh dari sumbernya, jadi cobalah untuk menempatkan jarak sejauh mungkin antara Anda dan sumber kebisingan yang berpotensi merusak.

 

TIP 4: Biasakan gaya hidup sehat dan hindari gangguan pendengaran

Seiring dengan mengurangi sumber gangguan pendengaran yang terkait dengan kebisingan, Anda juga dapat membantu melindungi pendengaran Anda dengan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Misalnya, jogging, bersepeda, atau latihan kardiovaskular lainnya dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda, yang dapat membantu melindungi fungsi telinga Anda. Berhenti merokok adalah tip lain yang baik –  beberapa studi klinis  telah menemukan hubungan antara paparan asap rokok dan peningkatan risiko gangguan pendengaran.

 

TIP 5: Lakukan pemeriksaan pendengaran

Cara lain yang baik untuk mencegah gangguan pendengaran adalah dengan melakukan tindakan preventif sebelum menjadi serius. Gangguan pendengaran yang tidak diobati memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih buruk seiring berjalannya waktu, tetapi jika Anda dapat menangkap gangguan pendengaran sebelum menjadi terlalu serius Anda memiliki kesempatan lebih baik untuk pulih. Seorang audiolog dari ABDI yang berkualifikasi dapat menguji pendengaran Anda sebagai level awal pemeriksaan dan membantu menangkap masalah pendengaran yang bahkan mungkin tidak Anda sadari. Jika gangguan pendengaran Anda sudah lebih serius, Anda dapat membantu mempertahankan pendengaran yang tersisa dengan memakai alat bantu dengar. 

Merupakan sebuah ide bagus untuk mendapatkan ujian pendengaran secara teratur mulai dari usia 50, meskipun tidak ada salahnya untuk memulai lebih awal. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana menjaga kemampuan pendengaran Anda,  hubungi kami hari ini  di ABDI. Sebagai klinik audiologi terkemuka pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, kami dapat membantu Anda mendiagnosis masalah pendengaran dan menyarankan solusi yang akan mengembalikan kemampuan pendengaran dan membuat hidup Anda lebih mudah. Hubungi  0800-100-2234  hari ini untuk menjadwalkan janji Anda.

Please rate this

and share :