tinnitus
Gangguan Pendengaran

Fakta : Tinnitus Dapat Diobati Melalui Musik

No ratings yet.

Di Amerika Serikat tinnitus diperkirakan mempengaruhi kehidupan 50 juta orang . Orang yang menderitanya subyektif mendengar suara (biasanya berdenging atau mendesis) yang tidak didengar orang lain. Dalam kasus yang parah, suaranya sangat keras sehingga menghasilkan tekanan pribadi yang besar, mengganggu, misalnya saat tidur dan konsentrasi.

Tinnitus disebabkan oleh banyak alasan. Salah satu alasan umum adalah paparan suara keras, misalnya, dari mendengarkan musik pada headphone dengan volume berlebihan atau dari menghadiri konser yang sangat keras tanpa perlindungan pendengaran. Paparan suara keras dapat merusak sel-sel telinga bagian dalam yang merespons berbagai frekuensi suara. Sindrom itu sendiri, bagaimanapun, diduga berasal dari proses otak yang mengikuti paparan, dari bagaimana otak beradaptasi dengan kerusakan sel di telinga bagian dalam dan untuk gangguan pendengaran. 

Hasil penelitian yang baru diterbitkan

 Dalam jurnal Nature Reviews Neurology secara komprehensif merangkum penelitian tentang mekanisme yang menimbulkan tinitus. Untuk memahami mekanisme ini, kita harus memahami bagaimana berbagai bagian jalur pendengaran bekerja. Pendengaran dimulai dengan aktivitas di telinga bagian dalam di mana berbagai bagian organ pendengaran di dalam koklea bereaksi terhadap frekuensi berbeda yang disampaikan oleh pergerakan membran gendang telinga. Informasi dari sel-sel organ pendengaran berjalan melalui nuklei di batang otak ke korteks pendengaran di mana frekuensi yang berbeda diproses di daerah yang terpisah, sehingga menghasilkan apa yang disebut peta tonotopik. Ketika paparan suara keras menghasilkan kerusakan di telinga bagian dalam, ini biasanya mempengaruhi sel-sel yang ditunjuk untuk pemrosesan frekuensi tertentu. Hasil dari,

Ketika paparan suara keras menghasilkan kerusakan di telinga bagian dalam, ini biasanya mempengaruhi sel-sel yang ditunjuk untuk pemrosesan frekuensi tertentu (atau dalam istilah musik, nada tertentu)

Apa yang terjadi selanjutnya menarik: otak mulai bereaksi terhadap perubahan input ini. Korteks pendengaran mulai menata kembali ketika daerah yang kekurangan input dari telinga membentuk koneksi dengan daerah tetangga yang bertanggung jawab untuk pemrosesan frekuensi lain. Ini disebut peleburan area kortikal, yang mengarah pada perubahan proses saraf normal. Dipercaya bahwa perubahan-perubahan ini – yang disebabkan oleh cara otak mengatur kembali untuk beradaptasi dengan gangguan pendengaran, pada akhirnya menyebabkan sensasi suara tinnitus.

Bagaimana mengobati tinnitus?

Tidak ada obat untuk tinitus, tetapi untungnya banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejalanya. Salah satu cara yang menyenangkan untuk mengobati gejala tinnitus adalah, mungkin dengan mendengarkan musik dan menggunakan bantuan alat bantu dengar. Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada 2010 , sekelompok peneliti menyelidiki penggunaan musik untuk pengobatan tinitus. Para ilmuwan menciptakan cara untuk memanfaatkan kapasitas otak untuk reorganisasi, mekanisme yang sama yang menyebabkan sensasi suara tinnitus di tempat pertama, untuk mengurangi kenyaringan suara tinnitus.

Untuk memanfaatkan kekuatan kemampuan reorganisasi otak, para peneliti pertama-tama mengukur nada suara tinnitus yang dialami subjek dalam percobaan mereka. Kemudian, para peneliti mengambil pilihan karya musik favorit subjek dan mengubahnya (berlekuk) agar tidak mengandung energi di dalam dan di sekitar frekuensi yang sesuai dengan nada suara tinnitus subyektif. Setengah dari subyek dalam penelitian kemudian mendengarkan versi musik favorit mereka yang diubah ini dan setengahnya tidak. Setelah satu tahun, subjek yang secara teratur mendengarkan musik yang diubah melaporkan mengalami penurunan volume tinnitus yang signifikan. Selanjutnya, Pengukuran MEG menunjukkan bahwa area saraf yang bertanggung jawab untuk memproses frekuensi tinitus mengalami penurunan aktivitas pada subjek yang mendengarkan musik yang diubah. Hasil ini berarti bahwa kemungkinan besar mendengarkan telah menghasilkan reorganisasi korteks pendengaran, dan telah mengembalikan otak dengan cara yang berlawanan dengan mekanisme yang menyebabkan tinitus.

Subjek yang secara teratur mendengarkan musik yang melaporkan mengalami penurunan volume tinnitus yang signifikan.

Banyak orang menikmati musik yang keras. Kami “menghidupkannya” untuk mendapatkan yang terbaik dari bagian terbaik dari mendengarkan musik. Sayangnya, ini juga membuat gangguan pendengaran dan menyebabkan tinitus menjadi penyakit yang umum di kalangan penggemar musik. Langkah pertama untuk memastikan kemampuan jangka panjang untuk kenikmatan musik adalah memastikan bahwa pendengaran dilindungi. Penelitian neuroscientific saat ini sedang memperdalam pemahaman kita tentang mekanisme otak yang mendasari tinitus serta menghasilkan penemuan wawasan ke dalam kemungkinan untuk mengelola gejala. Untuk pecinta musik, terapi musik yang memanfaatkan musik favorit seseorang dan kapasitas otak untuk reorganisasi adalah inovasi yang fantastis.

Dimana Anda bisa menemukan perawatan tinitus?

Untuk mengatasi masalah tinnitus Anda secara efektif Anda bisa mendatangi ahli perawatan pendengaran ABDI di tempat terdekat dari wilayah Anda tinggal. Di ABDI, kami harus melakukan beragam tes khusus dan menanyakan kepada Anda beberapa pertanyaan khusus dari masalah yang Anda alami. Perawatan Tinnitus merupakan gabungan dari konseling, terapi musik dan masking tinnitus yang biasanya akan dilakukan selama 6 bulan. Terapi dan perangkat pengelolaan tinnitus ABDI telah diuji secara ilmiah dan terbukti 91% efektif untuk menangani semua kasus dan kriteria penderita tinnitus. Jadi tunggu apalagi, segera tangani masalah tinitus Anda secara mudah dengan ABDI

Please rate this

and share :