Gangguan Pendengaran

5 Alasan mengapa gangguan pendengaran harus di tangani

5/5 (1)

Anda mengalami gangguan pendengaran? Rasanya bukan masalah yang besar, benar? Hal tersebut wajar terjadi seiring dengan bertambahya usia. Fakatnya, di Amerika Serikat terdapat kurang lebih 37,5 juta remaja berusia 18 tahun ke atas yang memiliki gangguan pendengaran. Selain itu, 1 dari tiga orang usia 60 tahun ke atas mengalami gangguan pendengaran. Sebagian orang merasa jika gangguan pendengaran yang mereka alami justru membawa kedamaian tersendiri bagi dirinya karena tidak perlu mendengarkan suara-suara berisik di luar sana. Mereka juga merasa tidak perlu repot ketika menonton televisi karena hanya perlu menaikkan volume suaranya saja, dan ketika bercakap-cakap dengan orang, mereka hanya perlu meinta orang tersebut untuk mengulangi perkataannya dan masalah “tidak bisa mendengar dengan jelas” pun terselesaikan saat itu juga.

Haruskah Anda merawat atau mengabaikan gangguan pendengaran?

Sebenarnya, keputusan untuk merawat atau mengabaikan gangguan pendengaran tidak bisa diremehkan sama sekali. Mengapa? Karena gangguan pendengaran memainkan peran yang sangat penting dalam berbagai aspek yang sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup yang dimiliki penderitanya. Beberapa aspek tersebut antara lain:

  1. Kesehatan mental
  2. Kesehatan fisik
  3. Pendapatan dan karir
  4. Keamanan diri
  5. Relationship dan interaksi sosial

Maka sebelum Anda memutuskan apakah Anda harus merawat atau mengabaikan gangguan pendengaran yang Anda alami, ada baiknya Anda membaca study atau penelitian yang dilakukan oleh para profesional kesehatan dan apa yang dikatakan para pengguna alat bantu dengar tentang pilihan tersebut.

Perbandingan merawat dan atau mengabaikan gangguan pendengaran

  • Kesehatan mental

Mengabaikan gangguan pendengaran

Sejumlah penelitian menemukan adanya hubungan gangguan pendengaran dengan masalah penurunan mental, termasuk meningkatnya kecemasan dan depresi, percepatan penyusutan otak, dan bahkan demensia. Salah satu penelitian oleh Johns Hopkins Medicine, menguji beberapa relawan dengan gangguan pendengaran selama enam tahun dan menemukan kemampuan kognitif mereka menurun 30-40% lebih cepat daripada teman sebayanya yang memiliki pendengaran normal.

Merawat gangguan pendengaran

Peneliti Johns Hopkins, Dr. Frank Lin, mengatakan bahwa “Jika Anda ingin mengatasi gangguan pendengaran dengan baik, lakukan segera dan jangan menunda!” Hopkins merekomendasikan untuk mengatasi gangguan pendengaran sebelum perubahan struktur otak terjadi. Sedangkan studi lainnya yang diterbitkan pada tahun 2015 juga mengatakan hal yang sama. Dalam studi tersebut, para ilmuwan menyimpulkan bahwa mengatasi gangguan pendengaran dengan memakai alat bantu dengar mengurangi risiko penurunan kognitif yang disebabkan oleh gangguan pendengaran. Faktanya, gangguan pendengaran yang tidak ditangani dapat mengakibatkan risiko serius terhadap kesehatan fungsi otak.

  • Kesehatan fisik

Mengabaikan gangguan pendengaran

Dewan Nasional untuk Penuaan Amerika mencatat bahwa jatuh adalah penyebab utama kecelakaan fatal dan non-fatal bagi orang-orang tua di Amerika. Meskipun tidak ada yang tahu seberapa banyak hubungan antara jatuh dengan kehilangan pendengaran, para periset di Johns Hopkins Medicine telah menemukan bahwa orang dengan gangguan pendengaran tiga kali lebih berisiko untuk jatuh dari pada mereka yang memiliki pendengaran normal. Penelitian tersebut juga memperkirakan bahwa gangguan pendengaran dapat mengurangi kesadaran seseorang terhadap lingkungan di sekitarnya yang meningkatkan kemungkinan ia tersandung dan terjatuh.

Merawat gangguan pendengaran

Baru-baru ini, sebuah studi oleh Washington University School of Medicine menemukan bahwa meningkatkan pendengaran melalui alat bantu dengar tampaknya memperbaiki keseimbangan pada orang tua yang memiliki gangguan pendengaran  dan membantu mengurangi risiko terjatuh.

  • Pendapatan dan karir

Mengabaikan gangguan pendengaran

Sebuah studi oleh Better Hearing Institute menemuka dampak gangguan pendengaran yang tidak ditangani terhadapa pekerjaan. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang dengan gangguan pendengaran yang tidak ditangani hampir dua kali lebih mungkin menganggur dibandingkan mereka yang menggunakan alat bantu dengar yang bisa menghasilkan pendapatan $30.000 per tahunnya. Salah seorang pengguna alat bantu dengar bernama Chris dari Pennsylvania mengatakan bahwa sebelum ia menggunakan alat bantu dengar, gangguan pendengaran sempat mempengaruhi kemampuannya dan jalannya prsesentasi dalam melayani klien.

Merawat gangguan pendengaran

Studi yang sama menemukan bahwa orang yang menggunakan alat bantu dengar mengurangi risiko kehilangan pendapatan sebesar 90%– 100%. Selain itu, sebagian besar pengguna alat bantu dengar di tempat kerja mengatakan bahwa alat bantu dengar telah membantu kinerja mereka. Pria bernama Marty dari New York mengungkapkan bahwa mendengarkan adalah hal yang sangat penting dalam pekerjaanya, dan sekarang ia bisa bekerja lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif karena menggunakan alat bantu dengar.

  • Keamanan diri

Mengabaikan gangguan pendengaran

Pnelitian tidak diperlukan untuk mengetahui bahwa sinyal yang tidak tepat atau salah dengar seperti klakson mobil, alarm dan peringatan peringatan lainnya dapat membahayakan keselamatan seseorang. Dalam hal ini, kasus-kasus tersebut tidak hanya menyangkut dirinya sendiri. Orang dewasa yang memiliki atau merawat bayi dan anak kecil pun juga perlu tahu kapan mereka menangis atau tertekan sehingga memerlukan perhatian secepatnya.

Merawat gangguan pendengaran

Merawat gangguan pendengaran dengan menggunakan alat bantu dengar dapat meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, alat bantu dengar yang Anda gunakan juga dapat membantu Anda memastikan mendengar setiap alarm kebakaran di dalam gedung, bel sepeda, klakson motor, dan peringatan-peringatan darurat lainnya.

  • Relationship dan interaksi sosial

Mengabaikan gangguan pendengaran

Lebih dari segalanya, gangguan pendengaran yang tidak ditangani dapat berujung pada isolasi sosial karena berkurangnya kemampuan mendengarkan dan perasaan “kehilangan” sering menyebabkan orang menarik diri dari teman, keluarga dan aktivitas yang membuat mereka senang. Hal ini sangat penting sebagaimana isolasi sosial erat kaitannya dengan banyak masalah yang menyangkut kualitas hidup, termasuk depresi, penyakit, kelelahan dan bahkan memperpendek umur.

Merawat gangguan pendengaran

Mengobati gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar memungkinkan Anda mendengar, berpartisipasi, dan memastikan Anda tidak kehilangan orang dan aktivitas yang membuat Anda bahagia. Lesley daRI California mengatakan bahwa dirinya senang sekali karena memutuskan menggunakan alat bantu dengar sebab perangkat tersebut sangat mengubah hidupnya.

Siapkah Anda untuk menggunakan alat bantu dengar? Temui  audiologis terpercaya di Pusat Alat Bantu Dengar No.1 di Kota Anda.

 

Please rate this

and share :