PertanyaanSeputarGangguanPendengaranyangHarusAndaTahu
Gangguan Pendengaran

6 Pertanyaan Seputar Gangguan Pendengaran yang Harus Anda Tahu

No ratings yet.

Ketika merasa pendengaran Anda mulai terganggu, segeralah rencanakan untuk menemui seorang Audiolog atau ahli pendengaran. Sebelumnya Anda bisa menyiapkan berbagai pertanyaan yang ingin Anda ketahui jawabannya. Sehingga nantinya Anda akan meyakini bahwa solusi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Dibawah ini akan kita bahas beberapa pertanyaan yang akan membantu untuk mengetahui lebih jelas kondisi kesehatan pendengaran dan solusi tepat yang Anda butuhkan.

Pertanyaan Untuk Diajukan Kepada Profesional Pendengaran/ Audiolog

Bagaimana hasil tes pendengaran saya? Berapa ambang batas pendengaran saya?

Ketika pertama kali datang berkonsultasi pada seorang audiolog, maka hal pertama yang akan anda lakukan adalah melakukan tes pendengaran. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana pendengaran Anda terganggu atau berkurang. Batas ambang pendengaran normal adalah 85db-90db. Jika hasil tes menunjukkan bahwa Anda perlu mendengarkan suara di atas itu, maka Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah pendengaran.

Gangguan pendengaran seperti apa yang saya miliki?

Gangguan pendengaran bisa bermacam-macam. Ada gangguan pendengaran konduktif, sensorineural, ataupun kombinasi. Mintalah penjelasan secara lengkap kepada audiolog Anda. Jangan sungkan untuk meminta penjelasan terhadap beberapa istilah yang kurang Anda mengerti. Karena semakin baik pemahaman Anda terhadap gangguan pendengaran yang Anda alami, maka semakin baik juga keinginan Anda untuk mencari solusi dari masalah tersebut.

Apakah bisa diobati secara medis?

Peluang pengobatan secara medis yang masih memungkinkan untuk Anda dapatkan, akan lebih baik untuk Anda ketahui sebelum penggunaan alat bantu dengar. Tanyakan pada audiolog Anda, apakah gangguan pendengaran tersebut masih dapat diatasi dengan penggunaan obat saja, atau harus disertai dengan penggunaan alat bantu dengar.

Apakah ada frekuensi atau jenis suara tertentu yang lebih banyak masalah daripada yang lain?

Beberapa orang cukup terganggu dengan suara-suara pada frekuensi tertentu. Jika Anda mengetahui frekuensi atau jenis suara yang harus dihindari, maka Anda akan terhindar dari kemungkinan gangguan pendengaran yang lebih parah di kemudian hari.

Apa saja pilihan perawatan saya?

Beberapa perawatan pendengaran yang disarankan akan terkait dengan kebiasaan, jenis pengobatan dan pembiayaan. Pastikan Anda menerima penjelasan secara detail tentang hal tersebut. Dan diskusikan secara terbuka  dengan audiolog Anda. Agar Anda bisa mempersiapkan dengan baik segala kemungkinannya.

Bisakah saya mencegah gangguan pendengaran lebih lanjut?

Biasanya pada sesi ini, para ahli perawatan professional pendengaran akan memberikan tips-tips yang diperlukan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa hidup lebih sehat dengan pola hidup sehat yang akan menghindarkan Anda lebih lanjut dari masalah gangguan pendengaran yang lebih berat. Pastikan Anda mencatat dan memahami saran tersebut. Tanyakan jika ada beberapa hal yang ingin Anda ketahui lebih lanjut terkait pola hidup sehat.

Setelah beberapa pertanyaan diatas telah terjawab secara memuaskan dan Anda dinyatakan harus menggunakan alat bantu dengar, maka beberapa pertanyaan selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah :

  1. Apakah alat bantu dengar benar-benar meningkatkan kemampuan saya untuk mendengar?
  2. Apa perbedaan di antara alat bantu dengar?
  3. Alat bantu dengar macam apa yang terbaik bagi saya?
  4. Program rehabilitasi pendengaran dan pendengaran seperti apa yang Anda sediakan?
  5. Dapatkah saya berharap untuk kembali untuk penyesuaian alat bantu dengar kecil?
  6. Apakah ada garansi?
  7. Berapa umur rata-rata alat bantu dengar?
  8. Apa yang terjadi jika alat bantu dengar saya berhenti bekerja?
  9. Bagaimana cara saya merawat alat bantu dengar?
  10. Bagaimana saya mendapatkan lebih banyak persediaan?
  11. Apa yang terjadi jika pendengaran saya berubah?

Karena membeli sebuah alat bantu dengar bisa diartikan sebagai sebuah investasi, maka berinvestasilah secara bijak dan layak. Ketahui kebutuhan pendengaran dan kualitas alat yang ingin Anda miliki. Karena sebuah alat bantu dengar yang baik, memiliki harga yang sepadan dengan kualitasnya.

Untuk membantu Anda mendapatkan alat bantu dengar dengan harga yang baik dan terjangkau ABDI sebagai penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, memberi kemudahan bagi pemilik kartu BPJS untuk memiliki alat tersebut dengan potongan harga sebesar Rp 1.000.000. Selain itu, jika sebelumnya Anda sudah pernah menggunakan alat bantu dengar lama dan ingin menukarnya dengan yang baru, maka kami juga menawarkan program trade in untuk penggantian dengan potongan harga. Segera hubungi layanan kami di no 0800-100-2234 atau kunjungi website kami di sini.

Sumber : https://bit.ly/2WapuNh

Please rate this

and share :